Menu

Manfaat Campuran Kunyit dan Madu

August 26, 2016 | Kunyit

Baik kunyit maupun madu sama-sama memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan bakteri dan mengobati berbagai penyakit. Kandungan kurkumin pada kunyit serta kandungan enzim dan antioksidan pada madu tentunya membuat campuran kedua bahan ini menjadi sangat efektif untuk mencegah berbagai macam penyakit serta menjaga stamina tubuh.

Manfaat campuran kunyit dan madu

Lalu manfaat apa lagi yang bisa didapat dari campuran dua bahan ini? Berikut ini ulasan beberapa manfaat campuran kunyit dan madu bagi kesehatan.

  1. Obat batuk herbal bagi anak.

Jika anak Anda batuk, jangan langsung terburu-buru memberi mereka obat-obatan. Ada baiknya anda lakukan upaya pengobatan secara herbal terlebih dahulu yakni dengan memberi ramuan campuran air perasan kunyit dan madu untuk meredakan batuk.

Kandungan anti biotik dan kurkumin pada kunyit membantu mencegah peradangan pada tenggorokan. Sedangkan madu bisa mengurangi infeksi bakteri di tenggorokan serta membantu anak agar mudah terlelap di malam hari.

  1. Menjaga stamina dan mencegah berbagai penyakit.

Ramuan yang terbuat dari campuran madu dan kunyit mampu mencegah penyakit seperti flu, radang usus serta memulihkan stamina dan mempercepat proses pemulihan dari sakit.

Anda bisa mengkonsumsi ramuan yang terbuat dari 1 sendok makan kunyit bubuk dan 100 gram atau 5 ons madu, kemudian campur merata kedua bahan ini. Untuk sebanyak ½ sendok teh. Untuk meredakan gejala flu, Anda bisa mengkonsumsi ramuan ini ½ sendok teh setiap jam hingga jam 06.00 pagi pada hari pertama.

Kemudian konsumsi ½ sendok teh setiap dua jam sekali hingga jam 06.00 pagi pada hari kedua dan konsumsi ½ sendok teh setiap delapan sekali pada hari ketiga.

  1. Mengobati sakit maag.

Kandungan kurkuminoid pada kunyit terbukti mampu mengurangi gejala sakit maag serta menjaga kesehatan organ pencernaan. Sedangkan tambahan madu pada ramuan kunyit mampu mengurangi rasa asam dari kunyit serta membantu proses pemulihan dari sakit.

Campuran kunyit dan madu ini pun cukup sukses mengurangi rasa mual, kembung dan nyeri yang sering diderita penderita maag kronis.

  1. Mencegah kanker.

Campuran kunyit dan madu yang kaya akan antioksidan serta anti bakteri membuatnya mampu menghancurkan bakteri maupun virus serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mencegah perkembangan sel kanker.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal kunyit dan madu sebagai pencegah kanker, Anda bisa membuat ramuan kunyit dan madu yang terdiri dari 1 sendok teh kunyit bubuk, 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon, 2 sendok makan cuka apel, sedikit bubuk merica dan 100 gram madu.

Campur semua bahan tersebut ke dalam mangkuk dan aduk merata hingga menjadi pasta. Dinginkan campuran tersebut ke dalam refrigerator dan makan satu sendok makan setiap pagi ketika perut masih dalam keadaan kosong. Biarkan pasta melumer di mulut kemudian baru ditelan. Tunggu beberapa menit kemudian minum segelas air.

  1. Menghaluskan wajah.

Masker yang terbuat dari campuran kunyit dan madu bisa mengurangi timbulnya jerawat, membersihkan pori-pori, menghaluskan dan menyegarkan kulit wajah. Aplikasikan masker kunyit dan madu ke wajah kemudian diamkan selama 20-30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Mengobati amandel.

Ramuan yang terbuat dari campuran kunyit dan madu  juga bisa mengobati askit amandel. Kandungan anti bakteri dan kurkumin pada kunyit mengurangi peradangan serta melawan bakteri di amandel. Sedangkan madu membantu mempercepat penyembuhan infeksi maupun radang pada amandel.

Untuk mengobati amandel, Anda bisa membuat ramuan kunyit yang terdiri dari air parutan 1 rimpang kunyit, air perasan 1 jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Campur merata ketiga bahan tersebut dengan air matang ½ gelas, kemudian minum satu kali sehari. Minum ramuan ini secara teratur selama 7 hari berturut-turut hingga gejala amandel mereda.

Demikian beberapa manfaat campuran kunyit dan madu untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Related For Manfaat Campuran Kunyit dan Madu