Menu

Manfaat dan Efek Samping Daun Afrika Untuk Kesehatan

October 25, 2016 | Daun Daunan

Meski banyak yang belum tahu mengenai keberadaan daun Afrika, namun nyatanya, daun yang satu ini memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Daun afrika sendiri memiliki banyak kandungan sehat mulai dari antioksidan, anti inflamasi,  sumber mineral, asam lemak, vitamin, asam fenolat serta asam esensial.

manfaat-dan-efek-samping-daun-afrika

Dengan nutrisinya yang cukup lengkap di atas, tidak heran jika daun afrika mampu mengatasi beragam gangguan kesehatan.

Manfaat daun afrika

Beberapa manfaat yang bisa ditemukan dalam daun Afrika antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Untuk mengobati demam panas

Manfaat daun afrika yang pertama adalah untuk mengatasi demam panas. Daun yang satu ini bisa diseduh lalu dikonsumsi dengan cara diminum. Adapun manfaat daun afrika untuk menyembuhkan panas, sebaiknya dipilih dari daun yang masih segar. Jangan lupa untuk mencucinya terlebih dahulu, baru kemudian diolah menjadi ramuan sehat penurun demam.

  1. Mengatasi kesemutan

Daun Afrika dapat pula mengurangi atau bahkan meredakan gejala kesemutan yang muncul. Jika dikonsumsi secara rutin, maka kesemutan yang Anda alami bahkan bisa hilang sepenuhnya.

Kesemutan sendiri merupakan indikator bahwa aliran darah Anda tengah mengalami penyumbatan. Jika kesemutan yang Anda alami terjadi secara terus menerus, ditakutkan jika hal ini merupakan dampak dari penyakit yang serius.

  1. Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Manfaat daun afrika yang selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Saat kadar kolesterol didalam darah cukup tinggi, dikhawatirkan akan memicu terjadinya penyakit stroke ataupun serangan jantung mendadak.

Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi rebusan daun afrika untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada. Untuk menambahkan rasa segar dari ramuan ini, Anda bisa memasukkan madu atau jeruk nipis ke dalamnya.

  1. Menurunkan tekanan darah dalam tubuh

Bukan hanya berguna untuk menurunkan tekanan kolesterol dalam tubuh,  daun afrika juga bermanfaat dalam menurunkan tekanan darahyang tinggi. Terlebih bagi mereka yang telah menginjak usia lima puluh tahun ke atas, menderita tekanan darah tinggi dapat memicu emosi meningkat sehingga berakibat pada stroke.

  1. Mengatasi insomnia

Insomnia, menjadi salah satu masalah yang kerap menganggu dan tentunya berakibat fatal pada kegiatan yang harus dijalankan keesokan harinya.  Adapun solusi penyembuhannya, Anda bisa menggunakan daun Afrika untuk meningkatkan relaksasi dan menimbulkan ketenangan yang memicu rasa kantuk anda.

Untuk mengobati insomnia, Anda disarankan untuk megonsumsi daun Afrika sebelum tidur. Lakukan kegiatan ini secara rutin hingga insomnia yang Anda alami, mulai membaik dan hilang sama sekali.

  1. Mengatasi gangguan perut kembung

Perut kembung menjadi masalah tersendiri terutama bagi mereka yang memiliki segudang aktivitas untuk dilakukan. Perut kembung membuat keadaan tubuh kurang nyaman apalagi aktivitas yang harus dijalankan membutuhkan banyak gerakan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan daun Afrika yang diseduh dengan air panas lalu diminum setelahnya. Untuk mengatasi rasa pahit dari daun, Anda bisa menggunakan madu sebagai bahan campurannya.

  1. Mencegah datangnya stroke

Stroke merupakan jenis penyakit yang dapat meningkatkan resiko kematian pada seseorang. Dalam hal ini, Anda memerlukan bantuan dari daun afrika sebagai bentuk pencegahan penyakit stroke.

Daun afrika sendiri mampu melancarkan aliran darah dalam tubuh,  sehingga dapat mencegah yang namanya penyempitan ataupun pembengkakan pembuluh darah yang berakibat pada stroke.

  1. Mencegah gula darah

Bukan hanya ampuh dalam mencegah terjadinya stroke,  daun yang satu ini juga baik untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda. Terlebih bagi penderita diabetes, ada baiknya Anda menormalkan kadar gula darah dalam tubuh menggunakan daun sehat yang satu ini.

  1. Mengobati gangguan persendian

Manfaat lain dari daun afrika adalah untuk mengobati gangguan radang persendian atau yang sering disebut pula dengan rematik. Gunakan daun afrika untuk kemudian diseduh dan diminum layaknya Anda sedang mengonsumsi daun teh. Minum secara rutin agar gangguan kesehatan yang satu ini bisa lekas hilang.

Terkait dengan rasa pahit yang muncul dari daun afrika, Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan madu ataupun jeruk nipis sebagai bahan campuran minumannya. Selain mengurangi rasa pahit yang muncul, campuran ini juga mampu meningkatkan rasa segar dari air seduhan daun Afrika tersebut.

Baca juga: Manfaat akar ceremai

Efek samping daun afrika

Meski memiliki banyak khasiat bagi tubuh, namun daun Afrika, juga mengandung efek samping kesehatan terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Adapun beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Memicu terjadinya pembengkakan

Efek samping yang pertama adalah mampu memicu terjadinya pembengkakan. Pembengkakan sendiri bisa muncul di bagian tubuh manapun dan umumnya tidak terlalu terlihat. Meski demikian, pembengkakan yang muncul di area tangan ataupun kaki tentunya cukup menganggu ragam aktivitas yang tengah di kerjakan.

  1. Memicu timbulnya rasa gatal

Efek samping yang selanjutnya adalah munculnya rasa gatal-gatal pada anggota tubuh. Efek samping yang satu ini, memiliki kemiripan ketika Anda mengalami rasa gatal akbat alergi pada makanan ataupun hal yang lain.

  1. Tidak boleh dikosnusmi ibu hamil

Bagi Anda yang tengah hamil, ada baiknya Anda menghindari konsumssi daun yang satu ini. Beberapa orang menyakini jika konsumsi daun afrika selama kehamilan ataupun menstruasi merupakan hal yang dilarang. Meksi demikian, hingga kini masih dilakukan penelitian secara lebih lanjut akan dampak dari daun yang satu ini.

  1. Rasa pahit daun

Daun afrika memiliki rasa pahit yang memungkinkan seseorang mengalami rasa mual ataupun muntah. Dalam hal ini, mereka yang kurang menyukai rasa pahit ada baiknya berhati-hati dalam mengonsumsi daun afrika.

Nah itulah di atas ulasan mengenai manfaat dan efeksamping dari daun afrika. semoga bermanfaat.

Related For Manfaat dan Efek Samping Daun Afrika Untuk Kesehatan