Menu

Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Kelor Yang Perlu Anda Ketahui

October 27, 2016 | Daun Daunan

Daun kelor merupakan salah satu jenis daun yang dapat digunakan dalam pembuatan ramuan herbal. Daun kelor sendiri berguna dalam mengobati banyak jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga penyakit berat sekalipun. Maka dari itu, tidak mengherankan jika kemudian, daun kelor disebut pula dengan daun ajaib.

manfaat-dan-efek-samping-daun-kelor

Kandungan sehat daun kelor

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B1
  3. Vitamin B2
  4. Vitamin E
  5. Vitamin B3
  6. Vitamin B6
  7. Vitamin E
  8. Vitamin K
  9. Kalisum
  10. Serat
  11. Zat besi
  12. Senyawa polypenhol

Dengan senyawa-senyawa sehat tersebut di atas, daun yang satu ini memiliki banyak manfaat bagi umat manusia.

Manfaat daun kelor

Ada banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari daun ajaib yang satu, berikut beberapa manfaatmya.

  1. Membantu mencukupi gizi bagi ibu menyusui

Manfaat yang pertama daun kelor adalah baik untuk membantu kecukupan gizi ibu menyusui ataupun anaknya. Daun kelor sendiri mengandung banyak zat sehat seperti halnya zat besi, protein, serta vitamin C. Bukan hanya itu, namun daun kelor juga mengandung unsur flavonid di dalamnya.

Flavonoid sendiri bermanfaat dalam membantu ibu menyusui dalam  menghasilkan ASI secara lebih banyak. Bukan hanya kuantitas namun kualitas dari ASI yang dihasilkan oleh ibu juga lebih baik.

  1. Membantu dalam menyehatkan mata

Mata merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi utama dalam penglihatan. Dengan adanya mata, kita mampu melihat banyak hal indah di sekitar kita. Namun sayangnya, mata bisa mengalami penurunan kesehatan seiring dengan berjalannya waktu.

Dalam hal ini, kita membutuhkan asupan vitamin A yang cukup untuk meningkatkan kesehatan mata dan menghindarkannya dari ragam penyakit yang ada. Untuk menyehatkan mata sendiri, Anda bisa secara rutin mengonsumsi ramuan sehat daun kelor.

Daun kelor sendiri mampu membantu menyehatkan mata sehingga membuat kita dapat melihat dengan lebih jernih. Untuk keperluan kesehatan mata, Anda bisa mengonsumsi daun kelor dengan mengunyahnya secara langsung.

  1. Mengobati penyakit rematik

Manfaat daun kelor yang selanjutnya adalah untuk mengatasi penyakit rematik. Daun yang satu ini, mampu mengurangi rasa sakit yang muncul pada sendi sekaligus mengurangi penumpukan asam urat yang ada. Bukan hanya rematik, namun daun kelor juga bisa digunakan untuk mengatasi nyeri serta pegal linu pada tubuh.

  1. Membantu menjaga kesehatan ginjal

Seperti yang kita tahu, konsumsi makanan tidak sehat, dapat memicu gangguan kesehatan pada ginjal. Inilah kenapa ada baiknya Anda membatasi konsumsi jenis makanan yang mampu memburuk kesehatan. Bagi Anda yang mengalami masalah ginjal, Anda bisa mengonsumsi daun kelor sebagai solusi penyembuhannya

  1. Meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh

Manfaat lainnya dari daun kelor adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Daun yang satu ini mengandung campuran asam amino esensial, fitonutrien karotenoid, quercetin serta senyawa antibakteri yang berguna sebagai obat anti inflamasi.

  1. Sebagai anti penuaan

Daun kelor dapat pula digunakan sebagai daun sehat anti penuaan karena mampu menurunkan efek stres oksdatif serta terjadinya peradangan. Manfaat daun kelor yang satu ini semakin optimal dengan kandungan vitamin C, quercetin, asam klorogenat serta beta karoten di dalamnya.

Baca juga: Manfaat dan efek samping dari daun binahong

Efek samping daun kelor

Meski memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh sekaligus kecantikan terutama dalam mengurangi efek penuaan, namun penggunaan daun kelor juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Adapun beberapa dampak buruk konsumsi daun kelor yang bisa terjadi antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Memicu rusaknya liver

Efek samping yang pertama adalah kerusakan pada liver. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang meminum rebusan daun kelor dalam jangka waktu yang lama namun tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang bernutrisi di dalamnya.

Daun yang satu juga memiliki efek buruk bagi mereka yang menderita penyakit kuning ataupun hepatitis. Pada penderita terkait, daun kelor dapat memicu terjadinya kerusakan pembuluh darah yang ada di sekitar liver.

Untuk menghindari gangguan hati, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi daun kelor secara berlebihan. Adapun pengonsumsian yang baik, bisa diselingi dengan ragam sayuran lain dengan kandungan nutrisi yang tinggi didalamnya.

  1. Sakit perut

Efek samping konsumsi kelor yang selanjutnya adalah berakibat pada gangguan perut. Terlebih pada mereka yang meminum daun kelor dalam keadaan perut kosong, maka gejala perut melilit bisa terjadi. Adapun gangguan perut lain yang sering dialami adalah diare serta  gejala sembelit ringan.

  1. Kegagalan sperma

Efek samping lain dari konsumsi daun kelor adalah terjadinya gangguan sperma. Hal ini dapat terjadi ketika seseorang mengonsumsi daun kelor entah sebagai minuman ataupun lalapan dalam jumlah yang besar. Hal ini, memicu terjadinya pembentukan sperma yang terhambat dan berakibat pada gangguan ejakulasi dini.

  1. Gangguan fungsi ginjal

Konsumsi daun kelor secara berlebihan, dapat berdampak pada gangguan fungsi ginjal. Tidak hanya itu, namun konsumsi daun kelor dalam jangka  waktu panjang, juga bisa memicu terjadinya mati rasa hingga kelumpuhan.

Perlu diketahui, senyawa yang bisa ditemukan pada daun kelor tidak selamanya cocok dengan jaringan tubuh manusia. Mereka yang tidak cocok dengan kandungan senyawa daun kelor, dapat mengalami penghambatan kinerja ginjal dalam mengolah cairan dalam tubuh.

Dalam mengonsumsi ramuan kesehatan atau ramuan herbal, dalam hal ini daun kelor, alangkah baiknya jika Anda mengonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan. Karena jika tidak, maka efek samping berbahaya seperti halnya di atas, bisa saja terjadi pada anda.

Related For Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Kelor Yang Perlu Anda Ketahui