Menu

Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Berikut Kandungannya

October 29, 2016 | Daun Daunan

Siapa sih yang tak tahu daun kemangi? Daun yang satu ini dikenal sebagai daun lalapan, yang biasanya berteman dengan kacang panjang ataupun mentimun. Keberadaan daun kemangi pada tiap sajian pun seakan dinantikan, terlebih karena daun ini memiliki aroma yang cukup khas di banding dengan jenis lalapan yang lain.

manfaat-dan-efek-samping-daun-kemangi

Kandungan dalam daun kemangi

Daun kemangi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini didukung dengan banyaknya zat sehat yang bisa ditemukan dalam kemangi. Daun kemangi yang di konsumsi secara cukup, mampu membantu Anda dalam memenuhi kebutuhan tubuh akan zat kalium, mangan, magnesium serta tembaga. Bukan hanya itu, daun kemangi juga memiliki kandungan zat besi cukup besar.

Manfaat daun kemangi bagi kesehatan

Daun dengan aroma menyegarkan yang satu ini, memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan.

  1. Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan yang baik, tentunya berimbas pada kesehatan seseorang. Bagi Anda yang menginginkan pencernaan sehat, maka mengonsumsi daun kemangi menjadi salah satu solusinya. Bukan hanya menyehatkan, daun kemangi juga baik untuk mengatasi gangguan perut yang sewaktu-waktu bisa datang.

  1. Obat alami saat digigit serangga

Daun kemangi dapat pula digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi gigitan serangga. Adapun caranya adalah dengan melumatkan daun kemangi terlebih dahulu dengan cara ditumbuk ataupun dikunyah lalu tempelkan pada bagian tubuh yang terkena gigitan serangga. Langkah ini bisa digunakan untuk mengeluarkan racun yang didapat dari serangga.

  1. Mengatasi sakit kepala

Untuk mengatasi sakit kepala, Anda bisa menyiapkan kemangi kering sebanyak satu sendok makan. Selanjutnya, campur ke dalam panci besar yang berisi air mendidih.

Gunakan air campuran daun kemangi tersebut untuk dihirup udaranya. Gunakan handuk supaya uap air tidak lari kemana-mana. Hanya dalam lima atau sepuluh menit, sakit kepala yang Anda derita akan mereda.

  1. Menyeimbangkan gula darah

Manfaat lain dari daun kemangi adalah kemampuannya dalam menstabilkan gula darah dalam tubuh. Bagi Anda yang mengalami gangguan gula darah, ada baiknya menggunakan daun kemangi sebagai konsumsi rutin entah digunakan untuk lalapan ataupun dikonsumsi dengan dibuat teh.

  1. Menyehatkan gigi dan mulut

Menyehatkan mulut dan gigi menggunakan daun kemangi, bisa dilakukan dengan cara mengeringkan daun kemangi terlebih dahulu di bawah sinar matahari. Selanjutnya, Anda bisa melembutkan daun hingga menjadi bubuk lalu gunakan sebagai pengganti pasta gigi. Adapun langkah ini dilakukan, adalah untuk memberikan efek relaksasi pada gusi.

  1. Menyehatkan mata

Bukan hanya untuk menyehatkan gigi dan mulut, daun kemangi juga berguna dalam menjaga kesehatan mata. Bagi Anda yang berniat menyehatkan mata dengan kemangi, Anda bisa menyiapkan daun kemangi terlebih dahulu untuk kemudian dibuat menjadi jus kemangi. Daun kemangi sendiri mengandung vitamin A yang bagus untuk menjaga sekaligus meningkatkan kinerja mata.

  1. Mengobati gangguan tenggorokan

Untuk mengobati gangguan tenggorokan, Anda bisa menggunakan daun kemangi sebagai teh untuk kemudian diminum. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kemangi untuk dibuat sebagai obat kumur. Langkah ini dinilai sebagai langkah yang praktis untuk mengatasi sakit tenggorokan anda.

  1. Mengatasi infeksi pada mulut

Bukan hanya sekedar membantu menyehatkan mulut, daun kemangi juga dapat digunakan dalam mengatasi infeksi yang terjadi pada mulut. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengunyah daun kemangi selama beberapa menit.

  1. Membantu merawat rambut

Manfaat daun kemangi yang selanjutnya adalah untuk membantu mempercantik rambut anda. Dalam hal ini, daun kemangi bisa dijadikan sebagai kondisioner alami yang dapat meningkatkan keremajaan rambut sekaligus untuk merangsang tumbuhnya folikel rambut.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang baik tentu akan berdampak baik pula pada daya tahan tubuh seseorang. Dalam hal ini, mereka yang mengonsumsi secara rutin daun kemangi, dapat secara alami meningkatkan antibodi di dalam tubuh.

  1. Mencegah datangnya penyakit jantung

Daun kemangi ternyata memiliki kandungan sehat yang mampu mencegah datangnya penyakit jantung. Hal ini juga memiliki kaitan erat dengan kandungan daun kemangi yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh seseorang.

  1. Mencegah datangnya jerawat

Bukan hanya bagi kesehatan tubuh, daun kemangi juga dapat dijadikan sebagai makanan sehat penghilang jerawat. Adapun minyak yang dihasilkan dari daun kemangi, dapat membantu mengatasi penyumbatan kotoran pada pori-pori, yang juga menjadi penyebab utama datangnya jerawat.

Baca juga: Manfaat dan efek samping daun pepaya

Efek samping daun kemangi

Selain menyehatkan, daun kemangi juga memiliki efek samping yang buruk bagi kesehatan. Terlebih bagi Anda yang mengonsumsi jenis daun ini dalam takaran yang banyak, maka gangguan kesehatan bisa saja terjadi. Adapun beberapa efek samping yang bisa ditimbulkan oleh daun kemangi adalah sebagai berikut.

  1. Pendarahan

Salah satu efek samping dari daun kemangi yang harus Anda waspadai adalah efeknya yang berupa penipis sel darah. Terlebih bagi Anda yang tengah mengonsumsi obat anti penggumpalan darah, ada baiknya Anda tidak mengonsumsi daun kemangi. Karena jika konsumsi daun kemangi tetap dilakukan, maka dampaknya bisa memicu terjadinya pendarahan.

  1. Hipolisemia

Efek samping daun kemangi yang selanjutnya adalah memicu datangnya hipolisemia. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun kemangi, dapat mengakibatkan terjadinya gangguan pada sistem darah manusia.

Meski daun kemangi berguna dalam menurunkan gula darah, namun jika dikonsumsi bersamaan dengan obat diabetes, maka dampak yang muncul bisa berupa menggigil, pusing atau bahkan pingsan.

  1. Mengurangi kesuburan

Bagi wanita yang tengah merencanakan kehamilan atau bagi ibu yang tengah dalam program menyusui, disarankan untuk tidak mengonsumsi daun kemangi terlebih dahulu, karena dapat mengurangi tingkat kesuburan.

Meski memiliki banyak manfaat namun Anda tetap harus mengonsumsi daun kemangi dengan takaran yang wajar, jangan berlebihan.

Related For Manfaat dan Efek Samping Daun Kemangi Berikut Kandungannya