Menu

Manfaat Dan Efek Samping Daun Mahkota Dewa

February 15, 2017 | Daun Daunan

Tanaman Mahkota Dewa merupakan tanaman herbal yang kaya akan bermanfaat terutama dalam bidang kesehatan. Sayangnya, masih sedikit orang yang tahu mengenai khasiat dan manfaat dari tanaman mahkota dewa ini. Tanaman ini diklaim berasal dari Papua, meskipun, China telah menggunakan tanaman ini sebagai obat pada zaman terdahulu.

Awalnya Mahkota Dewa dianggap tanaman pengganggu atau yang biasa disebut dengan gulma karena racunnya. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Tanaman Mahkota Dewa kini mulai digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit baik batangnya, buahnya, maupun daunnya.

Manfaat daun mahkota dewa

Ciri-Ciri Daun Mahkota Dewa

Daun mahota dewa tergolong pada klasifikasi daun tunggal dan mempunyai tangkai pendek. Daun mahkota dewa tersusun berhadap-hadapan dilengkapi dengan warna hijau tua. Bentuk daunnya berupa jorong hingga langset dengan panjang 7-10 cm dan lebar 2-2,5 cm. untaian daunnya tipis, dan tepiannya rata namun mempunyai pangkal yang runcing karena pertulangan daunnya menyirip. Daun mahkota dewa mempunyai permukaan yang licin.

Kandungan Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi manusia dikarenakan kandungannya. Zat saponin, antihistamin, alkaloid, dan polifenol merupakan beberapa contohnya. Alkaloid adalah zat aktif yang bersifat detoksifikasi sehingga berguna sebagai penetralisir racun dalam tubuh. Sedangkan saponin merupakan fitonutrien yang bermanfaat sebagai anti-virus dan anti-bakteri pada tubuh.

Selain itu terdapat flavonoid yang berperan penting dalam melancarkan sirkulasi darah pada tubuh, dan mencegah penggumpalan darah. Selain itu flavonoid juga berguna sebagai antioksidan sehingga radikal bebas yang berasal dari luar dapat ditangkal. Kandungan lain berupa polifenol bertugas sebagai anti-alergi pada tubuh.

Manfaat Daun Mahkota Dewa

1. Mengatasi Penyakit Eksim Kulit

Dengan menggunakan daun mahkota dewa, anda dapat mengusir penyakit eksim kulit yang menyerang anda. Dengan beberapa langkah sederhana yaitu menumbuk daun mahkota dewa hingga benar-benar lumat, kemudian dioleskan pada kulit yang terserang eksim, kemudian dibersihkan setelah kering. Disarankan melakukan langkah ini sebanyak dua kali sehari sehingga didapat hasil yang maksimal.

2. Meningkatkan Vitalitas

Cara memanfaatkan daun mahkota dewa sebagai peningkat vitalitas cukup mudah dan sederhana. Anda cukup merebus daun mahkota dewa dengan tiga gelas air. Tunggu hingga menyusut menjadi kira-kira segelas air saja, kemudian matikan apinya dan minum air rebusan tersebut setelah dingin.

3. Obat Hepatitis

Anda dapat menggabungkan daun mahkota dewa dengan daging buah mahkota dewa, sambiloto dan daun pegangan. Seluruh bahan yang telah disebutkan tadi direbus dengan lima gelas air. Tunggu hingga air menjadi susut hingga kira-kira tiga gelas air saja. Minum air tersebut setelah didinginkan sebelumnya, dan usahakan meminumnya sebanyak satu gelas tiga kali dalam sehari.

Efek Samping Daun Mahkota Dewa

Daun mahkota dewa sebagai obat alternatif memang sangat baik saat dikonsumsi, akan tetapi anda juga harus waspada karena efek samping dari sesuatu akan selalu ada. Memang, efek sampingnya dikategorikan tidak terlalu parah. Efek samping dari air rebusan mahkota dewa dapat mengakibatkan datangnya kantuk bahkan mabuk. Pakar nutrisi mengatakan bahwa efek tersebut tidak akan masalah jika dalam batas normal.

Namun apabila efek kantuk dan mabuk terus berlanjut, sangat dianjurkan kepada anda untuk memperbanyak minum air putih dan menurunkan dosis air rebusan dari yang sudah disarankan.

Baca juga: Kandungan Dan Beragam Manfaat Daun Meniran Yang Luar Biasa

Demikianlah manfaat daun mahkota dewa bagi kesehatan, konsumsilah sesuai dengan instruksi dan dosis yang tepat sehingga akan menghasilkan hasil yang efektif. Selain itu, penggunaan dosis yang tepat akan membantu meminimalisir efek samping yang terdapat pada daun mahkota dewa.

 

Related For Manfaat Dan Efek Samping Daun Mahkota Dewa