Menu

Beragam Manfaat Dari Daun Pandan Berikut Efek Sampingnya

November 3, 2016 | Daun Daunan

Pandan adalah tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Orang-orang biasanya menanam tanaman ini di halaman rumah, di tepi sungai, rawa, dan tempat-tempat yang agak lembab. Tanaman ini tumbuh hingga setinggi 1-2 meter.

Pandan memiliki daun yang beraroma wangi. Bentuk daun ini sempit dan memanjang seperti pita, ujungnya runcing dengan tepi berduri kecil-kecil dan tajam. Daunnya tersusun dalam garis spiral yang biasanya ada tiga dengan panjangnya sekitar 40 cm – 80 cm dan lebar sekitar 3-5 cm.

Setiap makhluk hidup pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, dan tampaknya hal tersebut berlaku pula pada daun pandan ini. Melalui artikel ini akan kami ulas lebih lanjut manfaat dan efek samping daun pandan ini. Silahkan disimak.

manfaat-dan-efek-samping-daun-pandan

Manfaat Daun Pandan Untuk Kesehatan

1. Mengatasi Permasalahan Kulit

Daun pandan memiliki kandungan antiseptik dan antibakteri yang cukup kuat. Inilah yang membuatnya bisa digunakan untuk mengatasi berbagai jenis penyakit kulit. Selain itu antiseptik ini juga berfungsi mempercepat penyembuhan luka.

Daun pandan ini juga berkhasiat mengatasi salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu yaitu panu. Cara meracik ramuan obatnya adalah:

  • Haluskan 1 genggam pandan segar
  • Peras dan ambil airnya
  • Campurkan sedikit garam pada air perasan.
  • Minum hasil perasan satu hari satu gelas selama tiga hari berturut-turut secara teratur.

2. Obat Darah Tinggi

Daun pandan juga bisa digunakan bagi penderita darah tinggi sebagai ramuan obat alami. Cara meracik ramuan tersebut adalah:

  • Ambil daun pandan secukupnya
  • Campurkan ke dalam dua gelas air
  • Rebus dan tunggu sampai air meresap yang kira-kira tersisa hanya satu gelas bila dituang nantinya.
  • Bagi di dua tempat untuk di minum di sore hari dan malam hari.
  • Lakukan secara rutin untuk menormalkan tekanan darah

3. Mengurangi Resiko Penyakit Kencing Manis

Daun pandan dapat diracik menjadi sebuah ramuan obat bagi penderita diabetes yang memiliki kadar gula tinggi. Ia bisa meracik minuman dan mengganti gula dengan daun pandan yang memiliki aroma wangi. Jadi minuman Anda akan menjadi segar meskipun tanpa gula.

4. Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok

Ketombe ditandai dengan gejala rambut terasa gatal dan panas serta terjadi pengelupasan kulit. Jika ketombe ini dibiarkan, maka semakin lama akan timbul masalah lain yaitu rambut rontok. Jika Anda mengalami kejadian ini, jangan merasa khawatir. Daun pandan bisa menjadi solusi yang tepat untuk rambut anda.

Cara meramunya yaitu:

  • Siapkan beberapa helai daun pandan.

Banyak sedikitnya tergantung ketebalan dan panjangnya rambut anda.

  • Haluskan daun pandan tersebut

Jika Anda memiliki blender, maka menggunakan blender bisa memudahkan Anda untuk menghaluskan daun ini.

  • Tambahkan sedikit air.

Jika Anda memblendernya maka penambahan air bisa dilakukan bersamaan dengan memasukkan daun pandang ke dalam mesin blender.

  • Jika sudah selesai, usapkan ramuan pada rambut anda.
  • Diamkan selama 1-2 jam
  • Bilas rambut Anda sampai bersih.
  • Cara di atas bisa Anda gunakan sebelum keramas.

5. Rematik

Daun pandan juga bisa menjadi obat bagi penderita rematik. Adapun cara meramunya yaitu:

  • Siapkan 3 lembar daun pandan segar dan minyak kelapa ½ cangkir.
  • Iris daun pandan dan panaskan minyak kelapa.
  • Tuang minyak kelapa yang di panaskan ke dalam cangkir
  • Campurkan irisan daun pandan pada minyak kelapa yang sudah di panaskan
  • Diamkan selama beberapa saat
  • Gosokkan daun pandan pada bagian tubuh yang terkena rematik.

Manfaat lain dari daun pandan

1. Bumbu

Daun pandan memiliki rasa manis dan aroma yang harum. Biasanya orang-orang menggunakan daun ini sebagai bumbu pelengkap masakan. Ia diikat menjadi simpul kemudian dimasukkan ke dalam sayur. Daun ini biasanya diletakkan pada makanan bersantan dengan di barengi bumbu lain seperti serai, dan ulekan bumbu sayur. Cara meletakkan daun ini tidak hanya disimpul, ada juga yang memotongnya, seperti jika diletakkan sebagai hiasan dan tambahan aroma di puding.

2. Pengharum Ruangan

Memiliki aroma yang harum membuat beberapa orang memanfaatkan daun pandan sebagai pengharum ruangan alami. Caranya cukup mudah. Cukup dengan mengiris tipis daun pandan dan letakkan di kamar anda.

3. Pengusir Serangga

Daun pandan ini juga memiliki kandungan bahan kimia yaitu 2-asetil-1-pirolina yang bisa digunakan untuk pembasmi serangga. Supir Taksi di Malaysia dan Singapura menggantung daun ini di taksi untuk mengatasi gangguan kecoa di taksi mereka.

4. Pembungkus Makanan

Daun pandan yang beraroma wangi dipercaya bisa menyalurkan aromanya secara efektif sehingga di beberapa tempat, ia digunakan sebagai pembungkus makanan. Mereka memiliki pemikiran bahwa bungkusan daun pandan bisa menambah aroma sedap pada makanan yang dibungkus. Contohnya: Pembuatan lontong dibungkus dengan daun pandan berbentuk ketupat yang biasanya identik dengan hari raya idul fitri.

5. Peralatan Rumah Tangga

Membuat peralatan rumah tangga juga bisa dari bahan dasar daun pandan. Biasanya teknik pembuatannya dilakukan dengan teknik anyaman. Beberapa contoh peralatan rumah tangga yang bisa di buat dari daun pandan yaitu keranjang, tikar dan tas.

Baca juga ya: Manfaat dan efek samping daun sirsak

Efek Samping Daun Pandan

Meskipun daun pandan memiliki banyak manfaat, namun pastinya apabila Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang tidak wajar atau berlebihan akan menimbulkan masalah. salah satunya ialah masalah pencernaan. jadi pastikan konsumsi daun ini dalam skala wajar sesuai yang di anjurkan.

Nah itu tadi beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari daun pandan. Jika Anda meracik obat dengan menggunakan daun ini, raciklah dengan takaran yang tepat untuk memaksimalkan kandungan yang ada di dalamnya. Semoga artikel ini bisa memberi manfaat bagi kita semua untuk memanfaatkan kekayaan alam yang ada di negeri kita.

Related For Beragam Manfaat Dari Daun Pandan Berikut Efek Sampingnya