Menu

Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Berikut Kandungannya

October 28, 2016 | Daun Daunan

Berbicara mengenai buah favorit penduduk negara kita, maka pepaya menjadi salah satunya. Buah yang satu ini memiliki rasa yang manis dan dapat di temui di sekitar lingkungan kita dengan mudah. Bukan hanya itu, namun buah pepaya juga dijual dengan harga yang murah sehingga bisa dinikmati oleh berbagai kalangan dan status sosial..

Bukan hanya buahnya, namun daun dari tanaman pepaya ternyata juga sama bermanfaatnya, terutama dalam hal kesehatan.

manfaat-dan-efek-samping-daun-pepaya

Kandungan gizi pada daun pepaya

Seperti yang telah dijelaskan di atas, daun pepaya juga memiliki manfaat terkait dengan kesehatan tubuh manusia. Hal ini tidak lepas dari kandungan sehat yang terdapat dari daun pepaya ini.

  1. Vitamin A
  2. Vitamin B
  3. Vitamin C
  4. Vitamin D
  5. Vitamin E
  6. Kalsium
  7. Antioksidan
  8. Protein
  9. Hidrat arang
  10. Zat besi
  11. Air
  12. Kalori
  13. Fosfor
  14. Enzim papain

Manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh

Dengan beragam kandungan sehat daun pepaya di atas, daun sehat yang satu ini dapat digunakan dalam mempersehat tubuh sekaligus mengatasi beragam gangguan kesehatan.

  1. Malaria

Daun pepaya mengandung sifat antimalaria di dalamnya. Tidak heran jika kemudian, pada beberapa negara, banyak yang menggunakan daun ini sebagai antimalaria pada daerah endemis tertentu.

  1. Mencegah datangnya demam berdarah

Manfaat daun pepaya yang selanjutnya adalah untuk mencegah datangnya demam berdarah. Adapun jenis penyakit ini, merupakan jenis penyakit fatal yang diakibatkan oleh serangan nyamuk aedes aigypti.

Sayangnya, hingga kini masih belum ada obat khusus yang berguna untuk menangani penyakit demam berdarah. Sementara obat untuk penghilang rasa sakit atas gangguan ini, mulai dari aspirin hingga ibuprofen memiliki efek samping tersendiri saat digunakan.

Dalam menghindari efek samping yang bisa terjadi, penderita disarankan untuk mengonsumsi ekstrak daun pepaya yang mengandung enzim papain sebagai peningkat trombosit.

  1. Mengurangi nyeri ketika datang bulan

Manfaat daun pepaya satu ini, baik bagi kaum hawa yang tengah mengalami siklus haid. Jus dari daun pepaya sendiri mampu mengurangi rasa nyeri dengan cara direbus terlebih dahulu lalu campur menggunakan garam dan asam jawa. Rebus ke dalam panci dengan segelas air lalu didihkan. Konsumsi ramuan sehat ini ketika datang bulan datang.

  1. Menyehatkan pencernaan

Daun pepaya mengandung enzim papain yang berguna dalam membantu menyehatkan pencernaan sekaligus menghindarkan Anda dari gangguan pencernaan. Adapun rebusan daun pepaya mampu mengurangi gejala mulas serta merangsang nafsu makan yang menurun.

  1. Membantu mengatasi gangguan prostat

Manfaat daun pepaya yang selanjutnya adalah kemampuannya dalam mengatasi pembesaran prostat jinak. Bukan hanya itu, namun daun pepaya juga mampu mengurangi gejala sakit yang muncul akibat pembesaran prostat tersebut.

  1. Mengatasi masalah kanker

Berbicara mengenai jenis penyakit yang mematikan, maka kanker menjadi salah satunya. Bagi Anda yang khawatir akan gangguan penyakit kanker, Anda bisa menggunakan daun pepaya sebagai bentuk antisipasinya. Ekstrak dari daun yang satu ini, mampu meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh pada tubuh.

Bukan hanya sebagai bentuk antisipasi, konsumsi daun pepaya juga baik bagi mereka yang telah terjangkit kanker. Jus daun pepaya sendiri mengandung enzim sehat yang berperan dalam mengobati beragam jenis kanker seperti kanker rahim, kanker hati, kanker paru-paru hingga kanker pankreas sekalipun.

Dengan kandungan sehat dari daun pepaya tersebut, tidak heran jika daun sehat yang satu ini direkomendasikan bagi mereka yang tengah menjalani kemoterapi penyembuhan. Meksi rasa daunnya yang pahit, namun nyatanya, daun pepaya menyimpan khasiat besar dalam mengatasi kanker.

  1. Menghambat terjadinya pertumbuhan bakteri

Jus daun pepaya dapat digunakan untuk menghambat terjadinya pertumbuhan bakteri. Daun pepaya memiliki kandungan sehat berupa senyawa karpain yang berperan dalam menghambat tumbuhan mikroorganisme dalam tubuh seperti halnya cacing, parasit, jamur, hingga beragam jenis sel kanker.

Daun pepaya sebagai obat herbal, cukup efektif karena mengandung tannin di dalamnya. Adapun zat tannin dari daun pepaya mampu melindungi usus dari keberadan infeksi pada lapisan dinding usus sehingga cacing tidak dapat menempel pada dinding usus tersebut.

Baca juga ya: Manfaat dan efek samping daun kelor

Efek samping daun pepaya!

Sama seperti beragam jenis pengobatan yang lain, daun pepaya juga memiliki efek samping yang tidak bisa dihindarkan, terlebih bagi Anda yang mengonsumsi secara berlebihan. Dalam hal ini, Anda disarankan untuk berhati-hati saat mengonsumsi daun pepaya terlebih pada bagian getahnya.

Adapun beberapa efek samping yang bisa timbul akibat konsumsi daun pepaya antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Sifat toksitas

Getah dari daun pepaya mengandung banyak kelebihan namun juga memiliki sifat vesicant, irritant serta dermatogenic terlebih pada jenis kulit yang sensitif. Pada beberapa orang yang sensitif, konsumsi daun ini bisa mengakibatkan kerusakan jaringan serta melukai komponen kulit.

  1. Memicu radang

Daun pepaya mengandung getah yang dapat merangsang terjadinya gastritis berat serta memicu datangnya asma.

  1. Perut menjadi begah dan kembung

Meski kandungan vitamin C dalam daun pepaya memiliki banyak kegunaan, namun jika berlebihan akan menimbulkan yang namanya perut begah hingga kembung.

  1. Dilarang bagi ibu hamil

Bagi Anda yang tengah dalam masa kehamilan, ada baiknya menghindari konsumsi daun pepaya terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan, enzim papain yang terdapat dalam daun mampu mengubah protein menjadi asam amino.

Bukan hanya itu, namun rasa pahit yang dihasilkan dari daun pepaya dapat memicu keguguran akibat rasa dingin yang muncul sebagai efek konsumsinya.

Bagi Anda yang gemar mengonsumsi daun pepaya, ada baiknya Anda memperhatikan takarannya supaya tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang telah di jelaskan pada pembahasan diatas.

Related For Manfaat dan Efek Samping Daun Pepaya Berikut Kandungannya