Menu

Manfaat dan Efek Samping Daun Salam Untuk Kesehatan

October 30, 2016 | Daun Daunan

Daun salam merupakan satu dari banyaknya tanaman herbal yang memiliki fungsi ganda, mulai dari bumbu masak hingga sebagai tanaman obat. Penggunaan daun salam untuk memasak, bukan hanya dikenal di Indonesia melainkan juga di negara lain seperti India dan Nepal.

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, daun salam juga dikenal sebagai tanaman herbal yang cukup ampuh mengatasi banyak jenis penyakit. Berikut ulasannya.

manfaat-dan-efek-samping-daun-salam

Manfaat daun salam yang luar biasa

  1. Sebagai antibiotik

Manfaat daun salam yang pertama adalah sebagai antibiotik. Penggunaan daun yang satu ini mampu menghambat tumbuhnya bakteri serta jamur yang menyerang tubuh manusia. Alhasil, infeksi juga dapat dicegah terutama ketika anda tengah mengalami luka.

Hebatnya lagi, antibiotik dari daun salam juga tidak memiliki efek samping, asalkan tidak digunakan secara berlebihan.

  1. Bagus untuk pencernaan

Manfaat daun salam yang selanjutnya adalah baik untuk kesehatan pencernaan. Daun yang satu ini mampu mengatasi beragam gangguan pencernaan mulai dari perut bergas, kembung serta beragam jenis gangguan pencernaan yang lain.

  1. Menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Penggunaan daun salam sendiri mampu menyehatkan jantung karena mengandung salisilat, asam caffeic yang dapat mencegah terjadinya pembentukan plak pada bagian arteri.

Bukan hanya itu namun daun salam juga berguna dalam menurunkan resiko aterosklerosis serta penyakit stroke. Hebatnya lagi, daun ajaib yang satu ini juga memiliki peran dalam melancarkan sirkulasi darah di bagian jantung ataupun bagian tubuh yang lain.

  1. Memperkuat sistem imun

Penggunaan daun salam mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Kandungan yang ada pada daun salam, mampu melawan infeksi serta penyakit yang menyerang sistem imun dalam tubuh. Adapun kandungan sehat dari daun salam tersebut adalah linalool yang juga merupakan senyawa yang banyak ditemukan pada jenis minyak aromaterapi.

  1. Bagus untuk ibu hamil

Dengan kandungan asam folatnya yang melimpah, tidak heran jika daun salam baik untuk kehamilan sekaligus mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Bukan hanya bagi ibu hamil semata, bagi orang awam sekalipun asam folat  juga sangat diperlukan.

  1. Menghilangkan kutu

Masalah kutu rambut menjadi salah satu masalah yang cukup menganggu. Keberadaan kutu yang membuat kepala terasa gatal tersebut, membuat kita mau tak mau harus mengaruk kepala berkali-kali. Dalam mengatasi kutu rambut, anda bisa menggunakan daun salam sebagai solusinya.

Adapun langkah penggunaannya adalah dengan cara merebus daun salam sebanyak lima puluh gram ke dalam air sebanyak empat ratus ml. Tunggu hingga air bersisa seperempat dari jumlah awal. Untuk selanjutnya, gunakan air tersebut untuk membasuh rambut kepala anda. Lakukan hingga merata sampai ke bagian akar rambut.

Tunggu tiga sampai empat hari lalu bersihkan rambut anda dengan air. Tidak hanya berguna untuk mengusir kutu, daun salam juga bisa membuat rambut anda tampak lebih indah dan hitam.

  1. Merangsang kehamilan

Bagi anda yang tengah dalam program kehamilan, ada baiknya anda menggunakan daun salam sebagai salah satu solusi dalam merangsang kehamilan anda. Adapun caranya adalah dengan mencampur tanaman adas manis dengan daun salam lalu masukkan ke dalam organ kewanitaan anda.

  1. Membantu dalam mengatasi gangguan menstruasi

Daun salam memang memiliki banyak khasiat bagi kesehatan wanita. Penggunaan daun salam sendiri juga dapat digunakan dalam mengatasi gangguan menstruasi yang tidak lancar.

  1. Melancarkan sirkulasi darah

Sirkulasi darah yang baik adalah sirkulasi darah yang lancar. Ketika sirkulasi darah dalam tubuh tidak lancar, hal ini berakibat pada timbulnya beragam jenis penyakit terkait dengan peredaran darah dalam tubuh.

  1. Mencegah terjadinya penuaan dini

Manfaat daun salam yang selanjutnya adalah untuk mengatasi penuaan dini. Daun salam sendiri memiliki kegunaan dalam mengatasi stres pada kulit sehingga membuatnya tampak lebih sehat dan segar.

Bagi anda yang tertarik menggunakan daun salam untuk mengurangi efek penuaan dini, anda bisa menyiapkan sekitar enam lembar daun salam yang telah kering, lalu rebus ke dalam 2 gelas air selama kurang lebih 2 menit. Gunakan air tersebut untuk dihirup uapnya.

  1. Obat diebetes

Daun salam dapat digunakan sebagai obat diabetes dengan cara membantu tubuh dalam memproses insulin secara lebih efisien.

Baca juga ya: Manfaat dan efek samping daun kemangi

Efek samping daun salam

Penggunaan daun salam ternyata tidak luput dari yang namanya efek samping. Adapun efek samping yang dimungkinkan bisa terjadi antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Menimbulkan efek ketagihan

Efek samping yang pertama adalah efek ketagihan. Beberapa orang percaya jika penggunaan daun salam saat memasak, dapat menyebabkan terjadinya ketagihan. Alhasil, mereka akan merasa kurang puas dengan masakan yang dibuat jika tidak mencampur daun salam ke dalamnya.

  1. Efek kontipasi

Efek samping yang selanjutnya adalah keberadaan senyawa dari daun salam yang sulit untuk dicerna. Alhasil, hal ini dapat menimbulkan yang namanya kontipasi pada tubuh seperti halnya susah BAB.

Adapun efek kontipasi yang timbul, biasanya terjadi pada mereka yang mengonsumsi daun salam sebagai obat sehingga digunakan dalam waktu yang lama.

  1. Efek pernapasan

Efek samping penggunaan daun salam yang selajutnya adalah efek pernapasan. Penggunaan daun salam dapat mengakibatkan yang namanya gejala asma muncul. Dalam hal, ada baiknya untuk penderita asma, tidak mengonsumsi daun salam dalam jumlah berlebih.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, ada baiknya anda mengonsumsi daun salam sewajarnya saja. Selain itu, hindari konsumsi daun salam dalam jangka waktu yang lama agar tidak terjadi kontipasi.

Related For Manfaat dan Efek Samping Daun Salam Untuk Kesehatan