Menu

Manfaat Dan Efek Samping Daun Sukun Berikut Cara Meramunya

November 5, 2016 | Daun Daunan

Sukun adalah sebuah pohon dengan buah yang tidak berbiji serta memiliki bagian yang sangat empuk seperti  roti setelah di goreng atau di masak. Masyarakat Eropa banyak yang mengenal buah ini sebagai buah roti “breadfruit”.

Bagian daun dari tanaman sukun memiliki banyak kandungan zat yang berkhasiat dalam ilmu pengobatan, di antaranya seperti asam hidrosanat, riboflavin, asetilcolin, dan tanin. Untuk itu ramuan obat alami yang berasal dari bahan dasar daun sukun ini dipercaya bisa digunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit.

manfaat-dan-efek-samping-daun-sukun

Manfaat Daun Sukun

  1. Menyehatkan ginjal

Salah satu manfaat daun sukun adalah sebagai obat yang dapat membantu menyembuhkan ginjal. Kandungan kalium yang terdapat pada sukun dapat membantu terurainya endapan batu ginjal, sehingga uraian batu ginjal tersebut keluar dari tubuh melalui urine.

Adapun cara meramunya adalah:

  • Ambil daun sukun tua yang masih menempel di pohon
  • Cuci dengan air bersih agar steril
  • Jemur hingga kering.
  • Rebus daun di dalam panci dengan takaran 5 gelas hingga tersisa setengahnya
  • Saring dan tunggu hingga hangat kemudian minumlah
  • Anda bisa menambahkan madu untuk perasa biar tidak pahit.
  1. Mengurangi resiko hipertensi dan menyehatkan jantung

Daun sukun yang berwarna kuning dan masih berada di atas pohon memiliki kandungan zat phenol dan quercetin yang dapat menurunkan tekanan darah dan mampu mengurangi kerusakan kardiovaskuler. Hal inilah yang menyebabkan daun sukun dikenal sebagai obat herbal yang dapat menyehatkan jantung.

Adapun cara meramunya adalah dengan merebusma sama seperti yang terdapat pada poin sebelumya.

  1. Anti inflamasi

Selain dua manfaat di atas, daun sukun juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga ia dinilai dapat mencegah terjadinya peradangan.

  1. Mengobati Asam urat

Daun sukun memiliki khasiat yang dipercaya mampu untuk mengobati asam urat. Adapun cara meramu obatnya adalah:

  • Siapkan 15 gram daun kering, 1 genggam daun greges otot (bibitungan), madu atau gula batu secukupnya dan satu gelas air mendidih.
  • Seduh daun sukun bersama daun greges otot dengan air panas
  • Saringlah airnya
  • Setelah dingin, tambahkan madu alami atau gula batu sebagai pemanis ramuan.
  • Minum obat herbal daun sukun ini dua kali sehari selama 10 hari.
  1. Mengobati infeksi

Zat tannin, petroleum eter dan metanol yang ada pada daun sukun memiliki efek anti mikroba. Efek anti mikroba yaitu efek yang dapat membunuh kuman penyakit, baik berupa bakteri maupun jamur.

Oleh karena itu bagi penderita yang memiliki infeksi, seperti infeksi pernafasan atau pun kulit dapat meramu obat ini sebagai alternatif pengobatan penyakit tersebut.

  1. Obat penyakit mag

Daun sukun memiliki kandungan kalium yang berguna untuk menstabilkan keadaan asam lambung sehingga dipercaya dapat menghentikan serangan mag.

Selain itu kandungan lainnya yang dimiliki oleh daun sukun ini seperti riboflavin, hidrosianat, tannin, polifenol, hidrosianat yang baik untuk melindungi membran mukosa usus dan menangkal bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Jadi buat Anda yang menderita sakit mag, Anda bisa meramu obat menggunakan daun suku ini dengan cara merebusnya seperti pada poin 1 di atas.

  1. Mengobati rusak/ bengkak limpa

Khasiat yang ada pada daun sirih juga dapat digunakan untuk mengobati bengkak limpa. Cara penggunaan ramuannya adalah dengan meremas-remas daun sukun kemudian kompreslah pada daerah yang sakit.

  1. Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan saponin yang terdapat pada daun sukun dapat mengikat kolesterol yang berada dalam usus sehingga mencegah kolesterol masuk ke dalam darah. Oleh karena itu daun sukun ini juga berkhasiat untuk mencegah dan menurunkan penyakit kolesterol.

  1. Mencegah Kanker

Zat fenolik yang ada pada daun sukun mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan merupakan senyawa yang berperan dalam menangkal radikal bebas yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Oleh karena itu ramuan dengan bahan dasar daun sukun ini dapat digunakan sebagai obat untuk mencegah penyakit kanker.

Baca juga: Manfaat dan efek samping daun sirih

Efek Samping Daun Sukun

  1. Kram pada otot

Jika Anda menggunakan daun sukun ini sebagai ramuan obat, maka hindarilah untuk mengkonsumsi daun singkong, daun bayam, daging merah dan jeroan karena itu bisa membuat darah menjadi kental sehingga menyebabkan otot menjadi kram.

  1. Tekanan darah rendah

Orang yang memiliki tekanan darah cenderung rendah (kurang dari 120/80), hendaknya berhati-hati ketika mengkonsumsi ramuan daun sukun ini. Efek penurunan tekanan darah yang dimiliki oleh daun sukun dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

Tips Dalam Meramu Daun Sukun Untuk Di Jadikan Obat

  1. Pilihlah daun yang sudah tua, dan akan lebih baik jika daunnya berwarna kuning
  2. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal sebaiknya Anda memetik langsung dari pohonnya, bukan yang sudah jatuh di tanah.
  3. Pilihlah daun yang masih segar dan tidak cacat. Daun yang cacat biasanya memiliki banyak lubang, kotor, dan warnanya tidak merata.
  4. Jika Anda mengolah dengan olahan herbal, maka gunakanlah daun yang kering. Jadi sebelum meraciknya Anda harus menjemur daun di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  5. Gunakan gerabah tanah liat atau panci stainless steel untuk merebus ramuan. Jangan menggunakan bahan yang terbuat dari alumunium karena zat pada daun bisa menimbulkan reaksi yang nantinya berbahaya bagi kesehatan anda.

Nah, sudah paham apa saja manfaat yang bisa kita ambil dari ramuan daun sukun serta efek samping apa yang menyertainya? Buat Anda yang memiliki gejala penyakit di atas, silahkan mencoba ramuan ini, tentunya dengan memperhatikan kondisi fisik anda.

Related For Manfaat Dan Efek Samping Daun Sukun Berikut Cara Meramunya