Menu

Manfaat dan Efek Samping Lengkuas

October 2, 2016 | Lengkuas

Lengkuas atau mungkin Anda lebih familiar dengan sebutan laos adalah salah satu keluarga atau kelompok bumbu dapur yang berbentuk rimpang selain jahe, kunyit dan sebagainya. Jika dilihat secara sepintas, lengkuas ini akan tampak seperti jahe. Tetapi bau keduanya berbeda. Kalau jahe lebih cenderung pada berbau pedas sedangkan lengkuas tidak.

manfaat-dan-efek-samping-lengkuas

Tanaman Lengkuas ini terdiri dari dua macam, yakni lengkuas merah dan lengkuas putih. Meskipun sama-sama berkhasiat, namun yang paling banyak dijadikan sebagai obat adalah lengkuas yang merah sedangkan lengkuas yang putih lebih banyak dimanfaatkan sebagai bumbu masakan, meskipun sebenarnya lengkuas putih juga bisa di jadikan sebagai obat.

Berkenaan dengan hal tersebut, di bawah ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai manfaat dari lengkuas yang bisa digunakan sebagai obat tadi, sekaligus efek sampingnya.

Manfaat Lengkuas

Seperti yang kita ketahui, bagian lengkuas yang dimanfaatkan adalah rimpangnya. Mengapa? Karena di dalam rimpang inilah banyak terdapat kandungan yang kompleks.

Diantara kandungan penting rimpang lengkuas tersebut adalah minyak atsiri, zat besi, galangin, sodium, vitamin A, vitamin C, quercetin, flavonoid, beta sitosterol, emodin, galangol dan fitonutrien. Dengan kompleksnya kandungan lengkuas seperti diatas, tidaklah mengherankan mengapa lengkuas ini sangat bermanfaat.

Apalagi lengkuas ini juga memiliki efek farmakologis yang berupa anti kejang, sedatif, anestetik, analgesik, antimutagenik serta anti kembung dan anti jamur, sehingga manfaat lengkuas inipun tidak perlu diragukan lagi.

Diantara manfaat lengkuas tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Lengkuas dapat dijadikan sebagai obat penurun panas atau demam
  2. Lengkuas dapat membantu menenangkan perut yang tentunya sangat bermanfaat bagi Anda yang suka mabuk perjalanan
  3. Lengkuas membantu menurunkan resiko Anda untuk terkena rematik
  4. Lengkuas membantu menjaga kesehatan mulut Anda
  5. Lengkuas mampu mengurangi resiko Anda terkena kanker
  6. Lengkuas membantu mengencerkan dahak
  7. Lengkuas juga bisa dijadikan solusi bagi para pasangan suami istri yang mempunyai masalah dengan gairah seksualnya
  8. Lengkuas membantu mengatasi sakit kulit seperti panu, borok, kudis, koreng dan lain sebagainya
  9. Lengkuas yang masih muda juga bisa dijadikan sebagai obat tetes telinga
  10. Lengkuas bisa membantu meningkatkan nafsu makan
  11. Lengkuas juga bisa melancarkan saluran kemih
  12. Lengkuas membantu menjaga kecantikan Anda seperti mencegah penuaan dini, mengatasi luka bekas luka bakar dan membersihkan bekas jerawat
  13. Lengkuas mampu mengoptimalkan pertumbuhan rambut Anda
  14. Lengkuas membantu mengatasi rambut yang bau
  15. Lengkuas dapat digunakan untuk merawat rambut yang kering dan rapuh
  16. Lengkuas juga bisa mengatasi kepala yang berketombe

Setelah Anda mengetahui berbagai manfaat lengkuas seperti yang telah kami sebuatkan di atas, ada baiknya juga Anda mengetahui cara mengkonsumsi lengkuas. Adapun cara mengkonsumsi lengkuas adalah dengan cara mengiris ataupun diparut yang kemudian diseduh lalu diminum.

Efek Samping Lengkuas

Meskipun, mengkonsumsi lengkuas sangat minim sekali kemungkinan efek sampingnya, tetapi  penggunaan lengkuas yang berlebihan tidak disarankan karena dikhawatirkan malah akan menimbulkan gangguan kesehatan yang lainnya.

Sehingga dalam hal ini, penggunaan lengkuas sebaiknya juga memperhatikan dosis penggunaannya supaya kesehatan Anda dapat tetap terjaga.. Misalnya, jika lengkuas ini digunakan untuk sehari-hari, sebaiknya tidak lebih dari 6 gram.

Dan walaupun sejauh ini efek samping lengkuas masih belum diketahui, sebaiknya lengkuas ini dihindari oleh Anda yang memiliki alergi atau kulit sensitif, karena dikhawatirkan akan membuat alergi tersebut bertambah parah.

Oke, itulah pembahasan mengenai manfaat serta efek samping dari lengkuas. Semoga dapat menambah pengetahuan Anda mengenai lengkuas. Semoga bermanfaat.

Related For Manfaat dan Efek Samping Lengkuas