Menu

Manfaat Dan Efek Samping Temulawak untuk Kesehatan

August 20, 2016 | Temulawak

Temulawak merupakan salah satu jenis tanaman, yang juga dikenal sebagai obat tradisional asli Indonesia. Temulawak memiliki bentuk akar rimpang dengan batang di bawah tanah. Jika dilihat sekilas, temulawak memiliki bentuk layaknya kunyit, meski demikian, keduanya memiliki manfaat yang berbeda satu dengan yang lain.

Manfaat dan efek samping temulawak

Kandungan kimia dalam temulawak

Temulawak memiliki banyak manfaat terutama bagi kesehatan manusia. Tidak mengherankan, mengingat ada banyak kandungan kimia dalam temulawak seperti kamfer, glukosida, feelandrean, turmenol, foluymetik karbonil, serta kurkumonoid.

Kurkumonoid dalam temulawak terdiri atas desmetoksikurkumin serta kurkumi yang bermanfaat dalam menghilangkan nyeri di bagian sendi, menetralkan racun dalam tubuh, meningkatkan sekresi empedu, antibakteri, antioksidan, mencegah terjadinya pelemakan dalam sel hati serta menurunkan kadar kolesterol juga trigliserida dalam darah.

Temulawak juga mengandung minyak atsiri yang berguna dalam menyimpan khasiat getah empedu sekaligus meningkatkan produksi empedu dalam hati. Minyak ini juga berguna dalam menekan terjadinya pembengkakan jaringan.

Baca juga: Manfaat alang alang untuk ginjal

Manfaat temulawak bagi kesehatan

Beberapa jenis gangguan kesehatan yang berikut ini bisa diobati menggunakan temulawak.

  1. Osteoarthritis

Manfaat temulawak bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk meredakan terjadinya peradangan. Kemampuan temulawak yang satu ini nyatanya sangat terkenal di India dan telah sejak dulu digunakan. Manfaat temulawak dalam mengobati peradangan cukup ampuh mengingat kandungan curcuma didalamnya.

  1. Mengatasi kanker

Manfaat temulawak yang berikutnya adalah untuk melawan penyakit kanker. Jenis penyakit ini bisa dihentikan menggunakan temulawak, karena kandungan sehatnya yang mampu menghentikan pembuluh darah yang menyuplai sel kanker dalam tubuh.

Beragam jenis kanker yang bisa disembuhkan menggunakan temulawak antara lain adalah kanker prostat, kanker usus, kanker payudara.

  1. Mengatasi gangguan pencernaan

Manfaat temulawak yang selanjutnya adalah untuk mengatasi beragam gangguan di pencernaan seperti dyspepsia, perut kembung serta indisgestion. Telah dilakukan penelitian yang menyatakan jika mereka yang mengalami gangguan kesehatan di bagian ulcerative colitis, akan semakin membaik keadaannya dengan secara rutin mengonsumsi temulawak.

  1. Mengatasi sakit perut di kala haid

Sakit perut di kala haid, bisa disembuhkan dengan ramuan dari temulawak. Adapun cara pembuatan ramuan tersebut adalah dengan cara yang berikut ini.

  • Siapkan temulawak sebanyak 1 rimpang, sepotong gula kelapa, 3 buah mata asam, serta garam secukupnya.
  • Langkah berikutnya adalah dengan cara memarut temulawak lalu rebus bersamaan dengan bahan-bahan lain yang telah disia
  • Gunakan air putih sebanyak 3 sampai 4 gelas dalam merebus ramuan lalu tunggu air rebusan menyusut hingga 2 gelas saja.
  • Konsumsi ramuan sebanyak 1 cangkir setiap pagi dan di sore hari.
  1. Menyehatkan kulit

Temulawak ternyata bisa pula digunakan sebagia tanaman herbal untuk menyehatkan kulit tubuh. Terutama bagi kaum hawa yang menginginkan penampilan cantik dengan kulit yang bersih, maka penggunaan temulawak tentu menjadi sebuah pilihan yang tepat. Temulawak bisa digunakan sebagai masker untuk di pakai saat sore atau bisa pula malam hari.

  1. Mengurangi flek di wajah

Satu lagi manfaat temulawak bagi kecantikan yaitu mengatasi flek di wajah. Temulawak mengandung minyak atsiri yang berguna dalam mencerahkan kulit sekaligus membuat noda hitam memudar.

Efek samping temulawak bagi kesehatan

Meski memiliki banyak khasiat bagi kesehatan namun temulawak juga memiliki efek  samping yang harus dihindari. Berikut ini merupakan efek samping temulawak terutama jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Membuat perut terasa mual

Penggunaan temulawak dalam jangka yang lama atau lebih dari 18 minggu bisa menyebabkan perut terasa mual. Temulawak bisa membuat lambung terganggu kesehatannya. Jika terlanjur merasakan sakit, ada baiknya anda segera menghubungi dokter.

  1. Produksi empedu berlebihan

Seperti yang telah dijelaskan di atas, konsumsi temulawak mampu meningkatkan produksi empedu dalam tubuh. Hal ini akan berpengaruh buruk bagi mereka yang menderita penyakit liver, sebab produsi empedu yang berlebih akan membuat tubuh keracunan.

  1. Resiko terkena jenis penyakit baru

Resiko terkena jenis penyakit yang baru, bisa terjadi saat anda mengonsumsi temulawak bersamaan dengan jenis obat pengencer darah. Temulawak merupakan tanaman herbal yang memiliki peran dalam menghilangkan lemak darah. Namun, jika anda mengonsumsinya dengan bahan kimia pengencer darah, hal ini akan memicu terjadinya penyakit baru.

Temulawak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan secara umum. Namun sayangnya, dosis yang berlebihan atau salah konsumsi, bisa menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan.

Related For Manfaat Dan Efek Samping Temulawak untuk Kesehatan