Menu

Manfaat dan kandungan akar ceremai

October 24, 2016 | Akar Akaran

Rasa buahnya yang sangat masam membuat orang-orang tidak menyukai buah ceremai. Beberapa tahun belakangan, buah dengan nama latin phyllanthus acidus ini mulai sulit ditemukan. Padahal zaman dahulu, tanaman ini sangat mudah dijumpai di halaman rumah warga atau penduduk desa.

akar-ceremai

Meskipun memiliki sensasi rasa asam yang sangat tinggi, tanaman ceremai memiliki banyak manfaat. Tidak hanya buahnya, akar, biji, batang, dan daun dari tanaman ini juga memiliki berbagai khasiat. Akar tanaman ceremai memiliki berbagai kandungan yang dapat menjadikannya ramuan kesehatan bagi manusia.

Kandungan akar ceremai

  1. Asam halus
  2. Saponin
  3. Zat samak
  4. Toksik

Beberapa orang menyebutkan bahwa akar ceremai memiliki cairan yang beracun, padahal ternyata akar ceremai memiliki khasiat menyembuhkan berbagai penyakit. Akar tanaman ceremai dapat diolah menjadi ramuan obat yang alami dan tanpa efek samping.

Manfaat akar ceremai untuk mengobati penyakit

Kandungan-kandungan yang ada dalam akar ceremai memiliki khasiat menyembuhkan beberapa penyakit. Berikut ini ulasan sekaligus cara pengolahan akar ceremai sebagai obat

  1. Akar ceremai untuk obat penyakit asma

Akar ceremai adalah salah satu obat alami yang disediakan oleh alam bagi penyakit asma atau gangguan pernapasan. Jika anda memiliki gangguan pernapasan berupa asma, tidak ada salahnya mencoba ramuan dari akar ceremai.

Ramuan ini cukup mudah dibuat, yakni dengan mengambil sedikit lapisan akar tanaman ceremai lalu direbus dengan air hingga mendidih. Setelah itu, saring air rebusan dan ramuan siap diminum. Ramuan ini dipercaya mampu melegakan saluran pernapasan manusia.

  1. Akar ceremai untuk obat penyakit kulit

Selain untuk obat penyakit asma, rebusan air akar ceremai juga dipercaya meampu mengatasi berbagai penyakit kulit. Gatal-gatal dan alergi pada kulit akan hilang jika sesorang mengkonsumsi ramuan akan ceremai. Cara membuat ramuan ini juga sama dengan ramuan penghilang asma. Rebus akar ceremai dengan air lalu minum air hasil rebusan.

Salah satu hal yang penting dalam pengolahan akar tanaman ceremai adalah membersihkan akar ceremai dari cairan pada akar sebelum akar direbus. Hal ini dikarenakan cairan itu memiliki racun.

Selain sebagai obat berbagai penyakit, akar tanaman ceremai juga memiliki kegunaan sebagai bahan penyamak. Berikut ini ulasan dari kegunaan tersebut.

Baca juga: Manfaat akar cabe

Manfaat akar ceremai sebagai bahan penyamak

Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui apa itu bahan penyamak. Bahan penyamak adalah bahan yang dapat menyamak kulit sehingga kulit dapat tahan jika terkena bakteri, jamur, atau organisme-organisme berukuran mikro lainnya. Selain itu, dengan bahan penyamak ini, kulit juga tidak akan rusak jika terkena bahan kimia maupun panas matahari.

Akar ceremai adalah bahan penyamak yang tergolong dalam bahan penyamak nabati. Selain akar tanaman ceremai, ada pula kulit manggis dan akasia yang juga memiliki kegunaan sebagai bahan penyamak.

Cara pengolahan akar tanaman ceremai sebagai bahan penyamak tidak lah sulit. Akar tanaman ini direndam dalam bak selama 2 hari lalu diambil air sarinya yang pertama. Lalu dilakukan perendaman lagi hingga terdapat sari lagi. Hal ini dilakukan terus menerus hingga terkumpul hasil ekstraksi yang pekat sehingga bisa dipanaskan dalam oven. Setelah dipanaskan, cairan ini menjadi serbuk dan siap digunakan.

Itu tadi beberapa manfaat dari akar tanaman ceremai bagi manusia baik sebagai obat maupun sebagai bahan penyemak bagi industri. Kini tidak ada salahnya anda mencoba menanam pohon ceremai di halam rumah sehingga bisa menikmati khasiatnya dengan lebih mudah sekaligus membuat halaman terasa rindang.

Related For Manfaat dan kandungan akar ceremai