Menu

Manfaat dan Kandungan Daun Alpukat Berikut Cara Pengolahannya

November 16, 2016 | Daun Daunan

Tanaman Alpukat berasal dari negara Meksiko dan sudah banyak di budidayakan di beberapa tempat yang beriklim tropis, termasuk di Indonesia. Tanaman ini memiliki nama Latin Persea Americana Miller. Masyarakat Indonesia sudah lama mengenal tanaman ini dan memanfaatkan buah dari tanaman ini sebagai campuran es atau pun diolah dengan cara di jus. Bagian lain dari tanaman ini yang tak kalah banyak khasiatnya adalah bagian daunnya.

manfaat-daun-alpukat

Ciri-Ciri Daun Alpukat

Daun alpukat adalah daun tunggal yang letaknya berdesakan dengan di ujung ranting. Daun tanaman ini memiliki tangkai dengan panjang 1-1,5 cm. Bentuk daunnya bulat telur atau oval. Pangkal daun dan ujung daunnya meruncing dengan bagian tepi merata dan terkadang menggulung ke atas. Panjang daun tanaman ini sekitar 10-20 cm dengan lebar 3-10 cm. Daun yang masih muda cenderung berwarna kemerahan dan ketika sudah tua berubah menjadi warna hijau.

Kandungan Daun Alpukat

Daun alpukat baik bagi kesehatan. Daun ini mengandung sejumlah zat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Beberapa zat yang terkandung dalam daun alpukat ini adalah sebagai berikut.

1. Polifenol
2. Quercetin
3. Gula alkohol
4. Alkolid
5. Flavonid
6. Saponin

Meski kandungan zat-zat di atas baik untuk kesehatan anda, namun anda harus tetap ingat untuk menggunakannya dalam porsi yang wajar karena semua manfaat itu akan hilang jika digunakan secara berlebihan.

Baca juga: Manfaat dan efek samping daun selasih

Manfaat Daun Alpukat

1. Membasmi Batu Ginjal

Kandungan zat alkolid, flavonid dan Saponin yang terdapat dalam daun alpukat sangat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal.

Cara penggunaannya yaitu:

a. Siapkan 5-8 lembar daun alpukat yang sudah tua

b. Bersihkan daun-daun tersebut dari kuman dan debu dengan cara mencucinya sampai bersih

c. Rebuslah daun-dan tersebut dengan menambahkan 1 gelas air hingga tersisa hanya setengahnya

d. Saringlah air dari rebusannya

e. Minumlah setiap hari selama 10 hari pada pagi dan sore hari

Ramuan tersebut dikatakan berhasil jika batu ginjal anda telah hancur dan keluar melalui air kencing dengan bentuk seperti kerikil atau buih. Anda pun bisa menghentikan mengkonsumsi ramuan ini jika sudah melihat tanda tersebut.

2. Menghaluskan Kulit

Kandungan zat anti oksidan yakni quercetin dan flavonid yang terdapat pada daun alpukat ini sangat efektif untuk menghaluskan kulit anda. Zat tersebut akan membersihkan kulit dan pori-pori kulit sehingga kulit anda akan terasa bersih dan halus.

Cara penggunaannya yaitu:

1. Siapkan daun alpukat muda secukupnya

2. Tumbuklah daun alpukat muda tersebut hingga halus

3. Oleskanlah pada kulit anda secara merata

4. Tunggulah sekitar 5-10 menit

5. Bilaslah dengan air bersih

3. Meredakan Bengkak

Kandungan zat Quercetin dalam daun alpukat ini dipercaya ampuh untuk meredakan bengkak yang terjadi pada bagian tubuh anda.

Cara penggunaannya yaitu:

a. Siapkan daun alpukat muda secukupnya

b. Tumbuklah daun alpukat muda tersebut hingga halus

c. Oleskanlah pada bagian tubuh anda yang bengkak secara merata

d. Tutupilah bagian tubuh yang sudah diolesi dengan perban agar tidak terinfeksi dengan bakteri

e. Tunggu hingga 2-4 jam

f. Bukalah perbannya

g. Bilas dengan menggunakan air bersih

4. Membantu Menurunkan Hipertensi

Selain bermanfaat untuk menghaluskan kulit dan meredakan bengkak, kandungan zat Quercetin juga bermanfaat untuk membantu menurunkan hipertensi. Cara penggunaannya sama dengan ketika membuat ramuan untuk membasmi batu ginjal. Jika anda sudah merasakan tekanan darah anda sudah stabil, anda dapat menghentikan mengkonsumsi ramuannya.

5. Menyembuhkan Sariawan

Daun alpukat yang masih muda dipercaya ampuh untuk menyembuahkan sariawan. Anda dapat memanfaat daun ini dengan cara menggigitnya dan menempelkannya pada tempat yang terkena sariawan selama 5-10 menit selama 3 kali sehari.

6. Menghitamkan Rambut

Menggosok-gosokkan daun alpukat yang masih muda pada rambut anda secara merata selama kurang lebih 5-10 menit ternyata dapat dijadikan alternatif sebagai cara alami untuk menghitamkan rambut anda. Jadi anda bisa mempraktekkannya sendiri di rumah anda tanpa harus mengeluarkan biaya untuk ke salon yang mahal.

7. Mengatasi Sakit Pinggang

Daun alpukat dapat menjadi alternatif yang efektif untuk mengatasi sakit pinggang anda. Cara penggunaanya adalah dengan cara merebusnya sama seperti cara membasmi batu ginjal. Anda pun dapat menghentikannya jika sudah merasakan khasiatnya.

Nah itu tadi adalah beberapa manfaat yang dapat anda dapatkan dari daun alpukat ini. Jika ketika mengkonsumsi daun ini, anda tidak mengalami perubahan atau justru terjadi hal yang tidak diinginkan, maka disarankan untuk mengkonsultasikan hal tersebut ke dokter. Semoga informasi ini dapat memberi manfaat bagi anda semua.

Related For Manfaat dan Kandungan Daun Alpukat Berikut Cara Pengolahannya