Menu

Manfaat Dan Kandungan Daun Jeruk Bagi Kesehatan

December 25, 2016 | Daun Daunan

Jeruk merupakan semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus. Banyak sekali jenis-jenis jeruk yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Mulai dari jeruk nipis, jeruk manis, lemon, Persian lime, rangpur dan masih banyak jenis lainnya. Anggota dari tumbuhan suku jeruk-jerukan ini berupa pohon yang memiliki buah berdaging dengan rasa yang masam dan segar, meskipun beberapa diantaranya ada yang berasa manis. Rasa masam tersebut berasal dari kandungan asam sitrat yang memang terdapat di semua anggotanya.

manfaat-daun-jeruk

Jeruk dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-400 mdpl. Jeruk dapat hidup pada kisaran suhu 25-30 derajat celcius, curah hujan yang tidak lebih dari 100mm/bulan, dan kelembaman udara 50-85 % dengan minimal tiga bulan kering. Jeruk harus berada pada tempat terbuka dan mendapat cukup sinar matahari.

Ciri – Ciri Daun Jeruk

Pohon jeruk berbentuk kecil,perdu atau semak besar dengan ketinggian mencapai 2-15 m. Batang daun jeruk berduri panjang namun tidak rapat. Pada batang, daun-daun tumbuh di hampir seluruh batang sehingga membuat batang nya tidak terlihat.

Daun jeruk berwarna hijau tua dengan tepian daun rata dan tunggal. Ujung daunnya sedikit runcing dengan pangkal daun yang sedikit melingkar dan tumpul. Permukaan daun bagian atas biasanya licin dan agak berminyak. Daun jeruk berbentuk bulat dan lonjong seperti telur. Panjang daun jeruk dapat mencapai 5-15 cm.

Kandungan Daun Jeruk

Daun jeruk memiliki kandungan seperti kaempferol, rosmanic, flavonoid, apigenin, dan berbagai kandungan lainnya. Bahkan untuk jenis jeruk nipis, daunnya mengandung linalool, poncirin, hesperidine, rhoiolin, dan naringin. Daun jeruk juga mengandung aroma minyak esensial sejenis citrus dan sitronela. Karena mengandung citronella, daun jeruk mampu mengusir nyamuk.

Manfaat Daun Jeruk

  1. Dapat menghilangkan bau mulut dan merawat gigi

Daun jeruk dapat menghilangkan masalah-masalah pada gigi dan mulut. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C nya yang sangat tinggi sehingga sangat efektif bila digunakan untuk menghilangkan bau mulat. Anda cukup mengunyah daun jeruk dan kemudian berkumur. Setelah itu, masalah bau mulut yang anda miliki akan hilang. Daun jeruk juga sangat efektif digunakan untuk merawat kesehatan gigi. Daun jeruk dapat membuat gigi terhindar dari ancaman karies

  1. Sebagai obat mual

Karena kandungan minyal essensial yang dimilikinya, daun jeruk sangat efektif dijadikan obat apabila anda mengalami mual. Anda dapat mengkonsumsi nya dengan  merebus daun jeruk yang ditambahkan air beserta madu. Rebusan daun jeruk ini juga anda dapat gunakan untuk mengatasi perut kembung. Hal ini dikarena kandungan apigenin di dalamnya.  Selain itu, daun jeruk juga berkhasiat untuk proses detoksifikasi pada tubuh.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dan flavonoid, membuat daun jeruk dapat dimanfaatkan untuk sebagai penambah kekebalan (sistem imun) tubuh sehingga tubuh anda tidak akan mudah terserang berbagai penyakit

Baca juga: Kandungan & Manfaat Daun Jarak Bagi Kesehatan

  1. Sebagai obat diare dan rematik

Daun jeruk juga anda dapat manfaatkan sebagai obat diare. Anda dapat mengkonsumsinya langsung dengan mengunyah tumbukan daun jeruk tersebut. Jika terasa sangat pahit, anda dapat menambahkan gula pada tumbukan daun jeruk tersebut.

Daun jeruk juga dapat dijadikan sebagai obat rematik. Anda dapat menggosokkan daun jeruk pada bagian yang terasa sakit dan nyeri. Hal ini dikarenakan kandungan anti oksidan yang tinggi sehingga daun jeruk efektif sebagai pembersih racun.

Untuk menyimpan daun jeruk sangatlah mudah. Anda hanya perlu menyimpan nya di dalam kulkas. Cuci bersih daun jeruk dan kemudian keringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah itu, letakkan daun jeruk pada wadah yang tertutup dan masukkan dalam kulkas.

Related For Manfaat Dan Kandungan Daun Jeruk Bagi Kesehatan