Menu

Manfaat dan Kandungan Daun Pakis Untuk Kesehatan

November 22, 2016 | Daun Daunan

Pakis adalah tanaman pendek dengan akar merayap. Sebagian besar daun pakis hidup dalam kondisi campuran antara gambut, tanah, pasir, dan kerikil. Dalam bahasa latin pakis bernama Diplazium Esculentum dan termasuk ke dalam tumbuhan paku.

Sayur pakis banyak dikenal di beberapa Negara sebagai sayuran seperti India, Nepal, hingga di Amerika dan Kanada. Di Indonesia sendiri daun pakis muda sudah lama dimanfaatkan sebagai sayuran yang sangat digemari.

daun-pakis

Kandungan Daun Pakis

  1. Pakis rendah kalori dan mengandung omega 3

Pakis muda keriting memiliki kandungan 34 kalori per 100 gr. Meskipun rendah ,pakis memiliki gizi yang berkualitas seperti omega-3 dan omega-6

  1. Sumber berbagai macam vitamin

Daun pakis memiliki kandungan vitamin A yang sangat direkomendasikan. 100 gr pakis mengandung 3617 IU atau 120 % kebutuhan harian vitamin A tubuh. Vitamin A merupakan anti oksidan alami yang diperlukan tubuh untuk menjadi integritas kulit.

Rasa manis dan unik pada daun pakis berasal dari kandungan vitamin C yang dimiliki. 100 gr daun pakis mengandung 26,6 mg atau 44% dari yang dibutuhkan tubuh dalam sehari. Vitamin C sendiri berperan sebagai anti oksidan. Selain itu, pakis juga kaya akan vitamin esensial yang sangat dibutuhkan tubuh, yaitu beberapa vitamin B kompleks seperti niacin, riboflavin, dan thiamin.

  1. Senyawa flavonoid

Pakis adalah sumber dari senyawa flavonoid poli-fenolik alami, seperti alfa karoten dan beta karoten. Karoten di dalam tubuh mengkonversi ke vitamin A.

  1. Mengandung kalium yang tinggi

Mineral dan elektrolit terutama kalium, zat besi, mangan, dan tembaga menjadi kandungan yang cukup tinggi di dalam pakis haji. 100 gr pakis haji mengandung 370 mg atau 7% dari level kalium yang dibutuhkan tubuh per hari. Kalium merupakan elektrolit yang sangat baik untuk jantung.

Oh iya jangan lupa baca juga ya: Kandungan, Ciri Ciri Dan Manfaat Daun Ginseng

Manfaat Daun Pakis

Manfaat daun pakis untuk kesehatan sangat banyak. Saat ini daun pakis menjadi salah satu sumber olahan untuk dijadikan obat. Pakis memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat daun pakis dalam bidang kesehatan:

  1. Pakis dapat menyembuhkan berbagai gigitan

Suku India telah menggunakan pakis sebagai penyembuh gigitan-gitan hewan dan luka sejak berabad abad sebelumnya. Mereka membuat pasta atau bubuk daun pakis yang digunakan untuk menyembuhkan gigitan lipan, gigtan ular, sengatan lebah, dan luka, penyakit kulit

  1. Menyembuhkan sakit perut , dan antihiperglikemia

Daun pakis memiliki manfaat sebagai pencahar untuk mengobati gangguan pencernaan dan sembelit. Sebuah studi menunjukkan bahwa pakis bertindak sebagai alat kontrasepsi dan memiliki efek antihiperglikemia, sehingga dapat membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes.

Selain hal hal tersebut, masih banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun pakis untuk masalah kesehatan, seperti

  1. Melindungi kesehatan mata
  2. Untuk kesehatan gigi
  3. Menjaga kesehatan kulit dan rambut
  4. Mempunyai kandungan antioksidan
  5. Membuat percernaan menjadi lancar
  6. Menghindari esteroklerosis
  7. Melindungi otot serta menghindari osteoporosis
  8. Dapat menangkal radikal bebas
  9. Mengobati batuk dan hidung yang tersumbat.

Meskipun memiliki banyak manfaat, tetap dianjurkan agar lebih baik mengikuti saran dokter sebelum mengkonsumsi daun pakis dalam jumlah yang besar. Banyak pakis yang mengandung zat beracun sehingga penting bagi kita agar mencari tahu terlebih dahulu dari sumber yang jelas apakah pakis yang akan kita makan aman untuk dikonsumsi.

Pakis tidak cocok untuk wanita hamil karena sebagai alat kontrasepsi alami. Pakis berjenis Pteridium Aquilinium memiliki potensi dapat menyebabkan kanker. Jenis pakis yang aman merupakan dari jenis Ostrich yang telah bebas dari zat beracun.

Related For Manfaat dan Kandungan Daun Pakis Untuk Kesehatan