Menu

Manfaat dan Kandungan Daun Randu Untuk Kesehatan

January 26, 2017 | Daun Daunan

Tanaman Randu atau nama latinnya Ceiba pentandra dicirikan dengan bentuk pohon yang tegak, dan bulat dengan hijau kecoklatan dengan tinggi mencapai 30 meter. Tanaman randu memiliki daun majemuk berbentuk bulat, anak daunnya lanset, pangkalnya tumpul namun ujungnya runcing dan rata pada bagian tepinya. Panjang daunnya mencapai 5-16 cm dengan lebar 2-3 cm . pertulangannya menyirip tangkainya panjang dan umumnya berwarna hijau.

Manfaat daun randu

Tanaman randu tergolong pada tanaman tropis yang menurut ahli berasal dari daerah bagian utara seperti Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan wilayah Karibia. Namun tanaman ini dibudidayakan di Indonesia, terutama di pulau Jawa.  Selain digunakan sebagai bahan pengisi bantal, dan kasur. Daun dari Ceiba pentandra ini, juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia.

Kandungan Kimia daun randu

Daun randu memiliki kandungan kimia antara lain zat saponin, zat flavonoid, dan zat tanin. Selain itu zat hidrat arang, damar, dan zat penyamak  juga dimiliki daun randu yang menyebabkan daun randu berasa pahit.

Manfaat dan Khasiat Daun Randu

  1. Obat Panas Dalam

Daun Randu dapat digunakan sebagai obat panas dalam. Dengan memanfaatkan 5 helai daun randu, 600 cc air dingin yang sudah masak, dan gula aren secukupnya. Prosesnya adalah dengan memasukkan daun randu tersebut ke dalam air 600 cc kemudian remas-remas, setelah itu tambahkan gula aren secukupnya saja. Setelah semua bahan tercampur, kemudian diaduk agar semua terlarut rata. Diminum tiga kali sehari hingga sembuh.

  1. Pereda Batuk

Batuk juga dapat diredakan dengan menggunakan ramuan daun randu, caranya adalah dengan mengambil 8 gram daun randu segar, kemudian dicuci bersih. Setelah itu, ditumbuk hingga halus. Setelah itu, seduh dengan air masak yang panas sebanyak setengah gelas saja. Kemudian setelah dingin, air seduhan tadi disaring kemudian diminum dua kali sehari setiap pagi dan malam.

  1. Obat Kumur

Daun Ceiba pentandra juga bermanfaat sebagai obat kumur atau yang bisa disebut desinfektan mulut. Dengan menggunakan 2 sampai 10 gram randu yang masih segar. Kemudian dicuci hingga bersih. Lalu siapkan air masak yang telah dituang ke sebuah baskom. Pindahkan daun randu ke dalam wadah tersebut kemudian remas dan lumatkan hingga air berubah menjadi agak berlendir. Saring air tersebut terlebih dahulu sebelum dijadikan obat kumur.

  1. Penghilang Bekas Luka

Daun randu memiliki khasiat untuk menghilangkan bekas luka. Anda dapat mengolahnya denga cara berikut.

Ambil daun randu secukupnya kemudian cucilah hingga bersih. Kemudian, bersihkan bekas luka anda dengan air hangat terlebih dahulu. Setelah bekas luka bersih, gosokkan daun randu yang sudah dicuci tadi di bekas luka anda berulang kali. Kemudian bilas dengan air bersih dan sabun hingga bersih. Cara ini harus dilakukan setiap hari setiap setelah mandi hingga bekas luka benar-benar pudar.

  1. Obat Sakit Mata

Jika anda ingin memanfaatkan daun randu sebagai obat sakit mata, caranya mirip seperti menggunakan daun randu sebagai desinfektan mulut. Namun penggunaannya setelah air berlendir, dibasuhkan ke mata dengan cara mencelupkan mata dan berkedip-kedip di dalam air tersebut, hal ini akan membantu keluarnya kotoran pada mata yang menyebabkan sakit mata.

  1. Sebagai Tonikum (Penyubur Rambut)

Dengan menggunakan 15 helai daun randu direbus dengan air mendidih. Setelah air rebusan tersebut sudah dingin, gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci rambut anda sebelum menggunakan shampoo. Untuk hasil optimal, gunakan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

Itulah manfaat daun randu untuk kesehatan, alam telah memberikan semua hal yang bermanfaat untuk kebaikan manusia, sudah sepantasnya jika kita selalu bersukur kepada Sang Pencipta atas semua kemurahanNya

Related For Manfaat dan Kandungan Daun Randu Untuk Kesehatan