Menu

Manfaat dan khasiat jahe gajah

September 20, 2015 | Jahe gajah

Beragam Manfaat dan khasiat jahe gajah untuk kesehatan

Manfaat dan khasiat jahe gajah kurang lebih sama dengan jahe merah dan jahe emprit. Kandungan senyawa kompleks di dalamnya sangat berguna dan baik untuk tubuh manusia. Baik itu dalam hal kesehatan maupun kecantikan.

Cara pengolahan, penggunaan dan pengemasannya pun kini semakin beragam dan banyak modifikasi oleh masyarakat Indonesia dan mancanegara. Jadi tak heran jahe gajah semakin diminati dan laris hingga pasar global.

Manfaat dan khasiat jahe gajah

Manfaat dan khasiat jahe gajah untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Dalam dunia kesehatan,jahe gajah sering digunakan sebagai obat herbal. Sejumlah penyakit dan masalah kesehatan bisa disembuhkan dengan ramuan yang di racik dari bahan dasar jahe gajah.

Penyakit tersebut antara lain masuk angin, migran, mabuk kendaraan, terkena cacing gelang, batuk, kolesterol, keropos tulang, asma dan masih banyak lagi. Sebagai obat, umumnya jahe disajikan dan diracik sebagai minuman.

Untuk penyakit tertentu bisa ditambahkan bahan lain sesuai selera asal tak mengurangi khasiatnya. Mengkonsumsi jahe juga bisa mencegah obesitas, menguatkan jantung, pencegah kanker, sebagai antioksidan dan melancarkan aliran darah.

Sementara untuk kecantikan, jahe gajah bisa digunakan menyembuhkan kaki terkilir, bercak putih di kulit (vitiligo), rematik, infeksi jamur, masker wajah untuk kulit berminyak, melembabkan kulit dan membersihkan sel-sel kulit mati. Penggunaannya biasanya dengan ditumbuk atau diparut kemudian dibalurkan ke tubuh yang diinginkan.

Jahe Gajah untuk Resep Makanan dan Minuman

Jahe gajah merupakan tanaman multiguna yang juga baik dikonsumsi untuk bahan pelengkap makanan atau bahan dasar membuat aneka makanan dan minuman lezat. Di Indonesia, jahe sudah biasa diapakai sebagai bumbu dapur.

Sebagian besar makanan di Indonesia biasanya menyertakan jahe sebagai salah satu bahan. Diantaranya seperti opor, oseng sayur, sambal goreng dan masih banyak lagi. Selain itu, jahe juga sudah banyak diolah dalam produk-produk seperti asinan jahe, jahe kering, minyak jahe, bubuk jahe hingga biskuit jahe.

Produk olahan jahe tersebut kini semakin banyak variasinya dan mudah ditemukan di pasaran. Untuk produk tertentu biasanya menjadi unggulan di sejumlah negara. Seperti asinan jahe yang disukai masyarakat Jepang dan cookies jahe yang digemari masyarakat Eropa.

Jika diolah sebagai minuman, jahe tak hanya bisa menjadi obat herbal. Kandungan senyawa di dalam jahe juga sangat baik digunakan untuk membuat minuman seperti bir, anggur dan cocktail.

Menurut para ahli minyak dalam jahe mengandung senyawa kurkumen, linalool, pinen, felandren, bormeol, kamfen, sitral, famesen, sineol, seskuiterpen, metilheptenon, aldehid dan alcohol. Semuanya itu bisa dimanfaatkan untuk beragam jenis minuman dan makanan.

Alasan terbesar dan utama kenapa jahe gajah paling banyak digunakan dan cocok untuk bahan makanan dan minuman karena citarasanya yang tidak pedas dan juga aroma yang lembut atau tidak tajam seperti jahe lain. Apalagi untuk masyarakat mancanegara yang notabene tidak terlalu suka rasa yang menyengat dan berlebihan. Jadi, sekarang tinggal pilih ingin mengkonsumsi dengan cara apa dan untuk apa agar bisa merasakan Manfaat dan khasiat jahe gajah.

Related For Manfaat dan khasiat jahe gajah