Menu

Manfaat Daun Jahe Merah untuk Kesehatan

February 6, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Manfaat daun jahe merah  memang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Selama ini jahe merah dimanfaatkan untuk membuat minuman. Namun pemakaian jahe merah ini terbatas pada rimpang atau akar. Jahe merah memiliki karakteristik yang lebih kecil dibandingkan dengan jenis jahe gajah atau jahe emprit. Jahe merah tidak hanya digunakan untuk membuat campuran minuman saja, tapi juga sebagai bumbu. Dikutip dari situs http://floraforhealth.weebly.com, bahwa jahe merah bisa digunakan untuk mengobati masalah gangguan impotensi dalam pengobatan medis China, sementara itu bagian daun bisa digunakan untuk mengobati luka. Daun jahe merah memiliki karakter yang sangat kuat, dengan warna hijau dan bentuk yang runcing.

manfaat daun jahe merah

Pengobatan Penyakit Dalam dan Luar dengan Daun Jahe Merah

Banyak orang mengenal manfaat jahe merah hanya untuk membuat minuman saja. Akar atau rimpang jahe merah bisa dimanfaatkan dengan bahan minuman lain seperti teh atau jahe. Tapi sebenarnya daun jahe merah juga memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat dari pemakaian daun jahe merah.

a. Daun jahe merah bisa digunakan untuk mengobati demam tinggi. Saat Anda mencari obat untuk demam tinggi maka bisa mengambil beberapa pucuk daun jahe merah. Tumbuk semua daun hingga hancur dan gunakan tumbukan daun ini untuk mengompres. Anda bisa melakukan langkah ini beberapa kaki hingga demam turun.

b. Daun jahe merah juga bisa bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Anda bisa menumbuk daun jahe merah kemudian tempelkan hasil tumbukan daun jahe merah itu pada bagian yang terluka. Setelah beberapa lama luka akan mengering dan tidak meninggalkan bekas.

c. Daun jahe merah menjadi salah satu tambahan rempah-rempah sebagai bahan masakan. Beberapa masakan yang banyak memakai rempah-rempah dan tanaman tradisional seperti rendang dan gulai, bisa ditambahkan daun jahe merah. Daun jahe merah akan mengurangi bau amis dan kandungan kolesterol dari bahan seperti daging atau jeroan.

Baca juga: Masker Jahe untuk Payudara

Memanfaatkan Daun Jahe Merah untuk Kecantikan

Memiliki penampilan yang menarik tidak hanya terlihat dari bagian wajah saja. Cantik harus terlihat pada bagian seluruh tubuh salah satunya adalah kaki. Perawatan kaki memang masih sering ditinggalkan karena biasanya wanita hanya melakukan pedikur di salon kecantikan. Tapi ada salah satu cara yang sangat hemat. Merendam kaki dalam air daun jahe merah bisa membuat penampilan kaki menjadi lebih baik. Zat alami yang terdapat dalam daun jahe merah bisa membuat jamur atau infeksi kuman pada kaki lebih cepat sembuh. Anda juga bisa menambahkan beberapa ruas rimpang jahe merah sehingga bau air menjadi lebih harum. Cara ini sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai cara alami ini sangat penting untuk mengenal manfaat daun jahe merah.

Related For Manfaat Daun Jahe Merah untuk Kesehatan