Menu

Manfaat Dan Kandungan Daun Katuk Untuk Kesehatan

January 2, 2017 | Daun Daunan

Daun katuk atau dalam bahasa latin Sauropus androgynous merupakan tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Tumbuhan ini termasuk suku menir-meniran (phyllantheae) dan masih berkerabat dengan tumbuhan menteng, buni, dan cermai. Daun katuk sangat dikenal karena memiliki khasiat untuk memperlancar aliran air susu ibu (ASI).

manfaat-daun-katuk

Ciri-Ciri Daun Katuk

Katuk tumbuh tinggi mencapai 2-3 meter. Tumbuhan ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga pada 1.300 di atas permukaan air laut. Daun katuk berukuran kecil dan berwarna hijau gelap dengan panjang 5-6 cm. Bunga katuk berwarna merah gelap atau kuning dengan bercak merah gelap.

Kandungan Daun Katuk

Daun katuk memang sering dimanfaatkan untuk dikonsumsi sebagai sayur-sayuran. Namun, ternyata banyak kandungan pada daun katuk yang dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan. Berikut beberapa kandungan dalam daun katuk:

  1. Daun katuk mengandung zat besi, kalium dan kalsium sebesar 2,8 %
  1. Terdapat senyawa minya essensial seperti saponin, flavonoid, tanin, triterpenoid. Terdapat pula asam amino,vitamin A,B,C dan tujuh senyawa aktif lainnya
  1. Mengandung efedrin yang sangat baik untuk penderita influenza.
  1. Terdapat tujuh senyawa aktif yang dapat merangsang produksi hormon-hormon steroid dan senyawa eiksonoid.
  1. Terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi
  1. Daun katuk mengandung hampir 7-19% protein dan serat kasar. Selain itu daun ini juga kaya akan vitamin K, pro vitamin A, B, dan C
  1. Daun katuk juga mengandung kalori, protein dan karbohidrat.

Manfaat Daun Katuk

  1. Membantu mencegah osteoporosis

Daun katuk mengandung kalsium yang cukup tinggi sekitar 2,8 %. Kandungan kalsium di dalamnya cukup baik dan cocok dikonsumsi untuk anda yang ingin mencegah osteoporosis.

  1. Efektif melancarkan ASI

Daun katuk sudah tidak asing lagi untuk direkomendasikan kepada ibu hamil dan menyusui. Daun katuk dipercaya dapat melancarkan ASI. Hal ini dikarenakan bahwa kandungan kimia yang dikandung katuk , yaitu sterol mempunyai sifat estrogenik yang bermanfaat memberikan efek hormonal sehingga dapat memicu produksi ASI menjadi lebih banyak.

  1. Mengobati influenza

Kandungan efedrin yang cukup tinggi dapat digunakan untuk mengobati influenza.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan betakaroten atau vitamin A pada daun katuk cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan untuk mencegah terjadinya gangguan pada mata.

  1. Mengatasi tekanan darah tinggi

Kadar kalsium yang rendah dalam tubuh dapat mengakibatkan peningkatan tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi daun katuk yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi dapat membantu mengatasi tekanan darah tinggi yang anda miliki.

  1. Baik untuk kesehatan pria

Pada daun katuk terdapat zat aktif yang mampu merangsang sintesis hormone steroid seperti progesterone dan testoteron sehingga dapat membantu membangkitkan vitaslitas seksual dan memacu kualitas dan kuantitas sperma.

Selain hal diatas, daun katuk juga sangat bermanfaat untuk menyembuhkan bisul,demam dan darah kotor pada organ reproduksi wanita, mengobati frambusia atau infeksi kulit, menyembuhkan sembelit atau gangguan pencernaan, meningkatkan sistem imun tubuh, membantu daya penglihatan dan masih banyak lainnya.

Baca Juga: Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

Untuk mengolah daun katuk menjadi obat herbal, perludiperhatikan dengan benar agar nutrisi di dalam daun tidak hilang dan dapat memberikan manfaat yang optimal untuk tubuh. Anda tidak boleh memasak nya terlalu lama karema hal tersebut dapat merusak gizi yang terkandung di dalamnya. Selain itu, sebaiknya anda hanya mengkonsumsi daun katu tidak lebih dari 50 gr dalam sehari dan secara terus menerus.

Related For Manfaat Dan Kandungan Daun Katuk Untuk Kesehatan