Menu

Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan

December 31, 2016 | Daun Daunan

Kenikir atau ulam raja merupakan salah satu tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah. Akan tetapi tumbuhan ini dapat ditemukan di berbagai Negara termasuk Indonesia. Kenikir adalah anggota dari Asteraceae. Di Indonesia, daun kenikir merupakan salah satu sayuran yang paling digemari. Kenikir dapat hidup di dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1200 meter di atas permukaan air laut. Kenikir juga dapat ditanam sebagai tanaman hias.

manfaat-daun-kenikir

Ciri-Ciri Daun Kenikir

Kenikir merupakan tanaman perdu dengan tinggi mencapai 75-100 cm. Kenikir memiliki bau yang sangat khas. Batang nya tegak dan bercabang banyak berwarna hijau keunguan. Daun nya majemuk dan bersilang berhadapan. Bentuk daun kenikir menyirip dengan ujung nya yang runcing. Ukuran daun dapat mencapai sekitar 15-25 cm dan berwarna hijau.

Kandungan Daun Kenikir

Daun kenikir memiliki berbagai macam kandungan yang sangat bermanfaat. Beberapa kandungan yang dimiliki daun kenikir antara lain , polifenol, hidroksieugenol, flavonoid, saponin, terpenoid, mineral, kalsium, magnesium, kuersetin, koniferil alkohol.

Para peneliti menemukan bahwa daun kenikir memiliki jumlah antioksidan yang sangat tinggi. Daun kenikir memiliki daya antioksidan ekivalen dengan daya antioksidan 2400 mg vitamin C per 100 gram daun kenikir segar.

Memalui sebuah penelitian yan lain, menyebutkan bahwa pada kandungan antioksidan daun kenikir memiliki empat senyawa kuersetin yang memang menunjukkan aktivitas antioksidan yang kuat dibandingkan senyawa antioksidan standar, yaitu tokoferol (vitamin E)

Manfaat Daun Kenikir

Daun kenikir sering digunakan sebagai salah satu sayuran yang sering dikonsumsi sehari hari. Namun di balik semua itu, daun kenikir dapat sangat bermanfaat dalam bidang kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun kenikir yang dapat digunakan dalam membantu mengatasi masalah-masalah kesehatan:

  1. Obat maag dan lemah lambung

Daun kenikir memiliki beberapa kandungan senyawa seperti tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang dapat berfungsi menetralkan asam lambung. Zat tersebut dapat menguatkan otot sphingter lambung yang berfungsi menerima berbagai macam asupan makanan tanpa membahayakan lambung. Anda hanya perlu mengkonsumsinya dengan cara merebus nya dan ditambahkan sedikit garam.

  1. Obat untuk lemah jantung

Daun kenikir memiliki manfaat antioksidan dan flavonoid yang sangat berguna untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah. Anda dapat membuat obat ini dengan cara merebus lima lembar daun kenikir dengan 250 ml air dan meminum air rebusan ini sebanyak dua kali sehari.

  1. Obat kanker

Daun kenikir memiliki kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid, dan antioksidan yang dapat melawan sel-sel kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung, dan kanker hati. Untuk mengatasi penyakit kanker ini, anda dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin, namun anda harus tetap rajin mengkonsumsi air putih.

Selain berbagai manfaat di atas, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa ekstrak daun kenikir telah terbukti berhasil membunuh berbagai jenis kuman dan jamur yang menjadi penyebab berbagai macam penyakit. Beberapa diantaranya merupakan kuman dan bakteri penyebab penyakit pada saluran cerna.

Baca juga: 10 Manfaat Daun Kersen Berikut Kandungan Didalamnya

Senyawa antioksidan pada daun kenikir juga dapat berfungsi melindungi sel tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh oksigen reaktif termasuk radikal bebas dan menetralkan racun lain yang dapat membahayakan tubuh. Akibat dari radikal bebas yang dapat ditimbulkan yaitu dapat menyebabkan berbagai gangguan seperti penyempitan pembuluh darah arteri, Alzheimer, dan Parkinson.

 

tags:

Related For Ciri, Kandungan Dan Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan