Menu

10 Manfaat Daun Kersen Berikut Kandungan Didalamnya

December 28, 2016 | Daun Daunan

Kersen atau talok adalah sejenis pohon dengan buah yang kecil dan manis berwarna merah cerah. Kersen memiliki nama latin Mutingia calabura L. Di beberapa daerah, kersen memiliki nama lokal yang berbeda beda untuk setiap daerahnya.

Pohon kersen dapat tumbuh liar dimana saja bahkan dapat sengaja ditanam sebagai tanaman peneduh. Pada umumnya buah kersen sangat digemari oleh anak kecil dan beberapa binatang. Bahkan di Negara Meksiko, buah kersen diperjual belikan sama seperti buah lainnya.

manfaat-daun-kersen

Ciri-Ciri Daun Kersen

Pohon kersen dapat tumbuh tinggi mencapai 12 meter. Cabang-cabang pada pohon mendatar dan menggantung di ujungnya. Ranting-ranting pohon berambut halus bercampur dengan rambut kelenjar begitupun dengan daunnya.

Daun kersen terletak mendatar, helai daunnya tidak simetris, saling berselang seling, dengan tepi bergerigi serta ujung daun yang berbentuk runcing. Daun kersen berwarna hijau muda. Pada sisi bagian bawah permukaan daun terdapat rambut kelabu yang rapat.sehingga terasa lengket.

Kandungan Daun Kersen

Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tannin serta saponin yang sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit termasuk mencegah pertumbuhan tumor

Manfaat Daun Kersen

  1. Mencegah asam urat

Menurut para ahli kesehatan, daun kersen dapat menghindari resiko asam urat. Dengan meminum rebusan daun kersen setiap hari ,dapat mengurangi kurang lebih 15 % asam urat di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kandungan oksida nitrat yang rendah dan tingkat protein-C reaktif di dalam daun kersen

  1. Obat tidur alami

Untuk anda yang mengalami susah tidur (insomnia) anda dapat menggunakan daun kersen untuk mengatasinya. Sebenarnya insomnia bukanlah penyakit akan tetapi diakibatkan kebiasaan dan faktor pikiran. Daun kersen memiliki kandungan melatonin yang merupakan antioksidan tinggi yang dapat menangkal radikal bebas sehingga anda dapat tidur dengan lelap dan berkualitas.

  1. Mengobati dan mencegah stroke

Air rebusan daun kersen dapat mengatasi penyakit stroke. Hal ini dikarenakan kandungan daun kersen yang dapat merangsang peroksisom proliferator (PPAR) yang ada dalam tubuh. Hal tersebut berfungsi untuk mengatur gen dalam proses metabolism glukosa dan juga lemak.

  1. Perlindungan antioksidan yang tinggi

Daun kersen memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi seperti anthocyanin dan cyanidin. Kandungan utama daun kersen yaitu quercetin yang dapat menangkal radikal bebas.

  1. Mengecilkan perut

Jika anda ingin mengecilkan perut, anda dapat menggunakan air rebusan daun kersen. Dan sudah terbukti bila air rebusan daun kersen dapat mengurangi lemak pada tubuh terutama pada bagian perut.

  1. Mencegah kanker

Di dalam daun kersen terdapat kandungan antisianin terutama cyanidindan vitamin C yang telah dibuktikan mampu mengatasi penyakit kanker.

  1. Mencegah pertumbuhan tumor

Daun kersen memiliki kandungan flavonoid, tannin, dan saponin yang terbukti dapat mecegah pertumbuhan tumor. Selain itu, air rebusan daun kersen juga dapat menjadi antiseptic dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

  1. Mengatasi diabetes

Karena kandungan saponin dan flavonoid nya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme gula

  1. Mencegah darah tinggi

Bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi, anda dapat menggunakan daun kersen untuk membantu mengatasinya. Minum air rebusan daun kersen secara teratur dua kali sehari. Dengan dilakukan secara rutin, hal ini dapat menormalkan kembali tensi darah anda.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Jati Belanda Untuk Kesehatan

  1. Mencegah darah tinggi

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa daun kersen bekerja sangat aktif melindungi fungsi otot jantung. Anda cukup rutin meminum air rebusan daun kersen makan fungsi jantung akan terlindungi sehingga tidak akan mudah mengalami kerusakan yang disebabkan racun yang masuk dan tercerna tubuh.

Nah itu dia ulasan mengenai ciri-ciri, kandungan maupan berbagai dari daun kersen untuk kesehatan manusia.

Related For 10 Manfaat Daun Kersen Berikut Kandungan Didalamnya