Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

January 5, 2017 | Daun Daunan

Kumis kucing merupakan tumbuhan liar yang sudah populer di masyarakat kita. Tumbuhan ini di yakini mempunyai manfaat buat kesehatan, sehingga tak heran jika banyak orang menggunakannya sebagai salah satu bahan obat herbal. Kumis kucing merupakan tumbuhan yang berasal dari family Lamiaceae/Labiatae. Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari daerah tropis seperti Afrika hingga menyebar pesat ke wilayah Asia dan Australia.

manfaat-daun-kumis-kucing

Di Indonesia, kumis kucing dikenal dengan beberapa nama lokal seperti remujung (Jawa Timur dan Jawa Tengah), songot koneng (Madura), dan giri-giri marah (Sumatera). Kumis kucing menjadi salah satu tanaman obat yang mudah dijumpai di Indonesia dan khasiatnya yang sudah tidak diragukan lagi.

Ciri-Ciri Daun Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing berbatang basah dan tegak. Daun pada kumis kucing berbentuk bundar atau lonjong dengan panjang sekitar 1-10 cm. Daunnya berwarna hijau, tangkai nya berbentuk bulat berwarna hijau keunguan atau hijau tergantung dari jenis varietas  kumis kucing nya. Posisi daun pada batang saling berhadapan dan berseling-seling. Tulang daun pada kumis kucing bercabang-cabang.

Kandungan Daun Kumis Kucing

Bagian tanaman kumis kucing  yang paling banyak digunakan sebagai obat herbal adalah daun nya, hal ini dikarenakan terdapat beberapa kandungan senyawa penting di dalamnya. Kandungan pada daun kumis kucing terbilang sangat kompleks. Terdapat beberapa senyawa penting yang sangat berkhasiat bagi tubuh seperti orthosiphonin glikosida, minyak atsiri, saponin, garam kalium, zat samak, minyak lemak, sapofonin, mioinositol, dan sinensetin.

Manfaat Daun Kumis Kucing

  1. Memperlancar buang air kecil

Manfaat daun kumis kucing yang paling terkenal adalah untuk memperlancar proses buang air kecil. Jika anda merasa sulit buang air kecil, hal itu diakibatkan terjadinya infeksi. Infeksi saluran ini dapat terjadi karena adanya bakteri Escherishia coli yang biasanya hidup pada kotoran dan usus manusia.

Untuk membuat obat ini, anda perlu menyiapkan 25 gr daun kumis kucing segar. Rebus daun menggunakan dua gelas air putih selama 15 menit. Anda dapat meminum ramuan tersebut pada pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.

  1. Mengobati rematik

Penyebab rematik dapat dikarenakan beberapa faktor, termasuk faktor genetik, infeksi akibat virus, atau dikarenakan perubahan hormon. Daun kumis kucing dapat digunakan untuk mengobati rematik. Anda hanya perlu menyiapkan 5 helai daun kumis kucing, daun meniran, dan 3 gelas air kemudian rebus semua bahan. Setelah dingin, minum ramuan obat tersebut tiga kali sehari masing masing ½ gelas.

  1. Mengobati batuk

Batuk merupakan penyakit umum yang sering diderita manusia. Penyebab batuk biasanya dikarenakan debu, alergi, kuma, ataupun sesuatu yang merangsang selaput lendir.

Banyak sekali obat yang ditawarkan untuk mengobati penyakit batuk ini, salah satu nya adalah daun kumis kucing.  Siapkan 15-20 gr daun kumis kucing yang masih segar dengan 1 gelas air. Setelah daun dicuci bersih, rebus daun kumis kucing dengan air.  Anda dapat meminumnya selama tiga kali sehari masing masing sebanyak 1 gelas.

  1. Mengatasi masuk angin 

Masuk angin biasanya disebabkan oleh penurunan kondisi tubuh akibat kelelahan, kurang tidur, terlambat makan, bahkan karena cuaca panas yang ekstrim.

Daun kumis kucing dapat mengatasi masalah masuk angin pada anda. Anda hanya perlu meminum air rebusan daun kumis kucing. Siapkan daun kumis kucing dan segelas air. Rebus daun dan air hingga tersisa kira-kira ½ gelas saja dan minum air rebusan setelah dingin.

  1. Mengobati asam urat

Asam urat biasanya menyerang bagian persendian, penyakit ini terjadi dikarenakan adanya konsumsi zat purin yang berlebihan dalam tubuh. Namun anda dapat mengatasinya dengan menggunakan daun kumis kucing. Rebus 4-5 lembar daun kumis kucing dan daun meniran yang masih segar dengan segelas air putih sisakan hingga tinggal ½ gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan tersebut 3 kali sehari.

Baca juga: Manfaat Dan Kandungan Daun Katuk Untuk Kesehatan

Selain penyakit diatas, daun kumis kucing juga dapat mengatasi masalah keputihan pada wanita, kencing batu, sembelit, diabetes, sakit pinggang, hipertensi, sipilis, albuminuria, radang ginjal, menghilangkan gatal akibat alergi, dan masih banyak penyakit lainnya.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan