Menu

Manfaat Dan Kandungan Daun Legundi Untuk Kesehatan

January 12, 2017 | Daun Daunan

Legundi atau Vitex trifolia L merupakan tanaman yang tumbuh di daerah tropis. Biasanya tumbuh dengan ukuran antara 1-4 meter. Legundi mempunyai banyak nama lokal yang berbeda beda di setiap daerahnya. Tanaman ini berbentuk semak dengan daun hijau dan bunga berwarna putih hingga ungu. Legundi sendiri sudah banyak dimanfaatkan sebagai tanaman pagar yang berkhasiat dalam dunia pengobatan herbal.

Manfaat daun legundi

Ciri-Ciri Daun Legundi

Legundi mempunyai daun majemuk.  Daun nya tersusun beraturan sepanjang batang. Panjang tangkai daun sekitar 5 mm. daun legundi berbentuk bundar telur, elips bundar telur berbalik, ataupun berbentuk lonjong. Pada bagian bawah daun terdapat bulu-bulu rapat yang berwarna putih kelabu.

Kandungan  Daun Legundi

Pada daun legundi terdapat berbagai macam kandungan senyawa kimia di dalamnya. Terdapat viteksin, casticin, artemin, luteolin, friedelin, sitosterol, glukosida, trimetil quercetagetin, isoorientin, dan glukuronid.

Terdapat pula kandungan antioksidan yang sangat tinggi terutama pada bagian daun dan buahnya, hal ini karena terdapat senyawa flavonoid, tripenoid, dan sterol. Bukan hanya pada daun, semua bagian pada tanaman legundi mengandung minyak atsiri yang didalamnya tersusun atas kamfer, pinen, dan sineol terpinylasetat.

Manfaat Daun Legundi

Karena beragam kandungan yang terdapat di dalamnya, daun legundi dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan herbal untuk mengatasi berbagai penyakit. Berikut beberapa manfaat daun legundi dalam masalah kesehatan:

  1. Sebagai obat cacingan

Anda dapat menggunakan daun legundi sebagai obat cacing. Cara yang perlu anda lakukan sangat mudah. Siapkan daun legundi sebanyak 15 gram. Rebus daun legundi tersebut sampai mendidih selama 15 menit. Setelah dingin, saring air rebusan dan anda dapat meminumnya. Dengan meminumnya secara rutin, air rebusan daun legundi dapat mengeluarkan cacing dalam tubuh secara alami, sehingga baik digunakan untuk mengobati cacingan pada anak.

  1. Mengobati TBC dan paru-paru

Anda dapat menyiapkan daun legundi sekitar setengah genggam saja. Selain itu siapkan daun waaru lengis yang masih mudah sebanyak 5 lembar, satu sendok makan parutan bidara upas, daun pegangan sebanyak ¼ genggam, kencur yang sudah diparut sebanyak satu sendok makan.

Rebus semua bahan dengan enam gelas air hingga mendidih dan tersisa hanya tiga gelas saja. Dinginkan sebentar, lalu anda dapat mengkonsumsi air rebusan tersebut. Anda dapat mengkonsumsi nya empat kali dalam sehari. Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 3 bulan.

  1. Mengobati sakit batuk

Anda perlu menyiapkan daun legundi sebanyak 5 gram, kencur 6 gram, dan kunyit 5 gram. Rebus semua bahan dengan air sebanyak 115 ml hingga mendidih. Diamkan ai rebusan hingga tidak terlalu panas dan kemudian saring. Minum secara rutin sebanyak 1 kali sehari dan lakukan rutin selama 14 hari.

  1. Mengatasi pembesaran Rahim

Siapkan satu genggam daun legundi dan 6 gram temulawak hitam. Rebus dengan satu liter air hingga mendidih. Setelah itu, diamkan beberapa menit hingga dingin. Anda dapat meminum ramuan ini sebanyak 1 kali setiap harinya selama 7 hari. Selain itu, air rebusan ini juga dapat membersihkan Rahim yang habis melahirkan.

  1. Mengobati penyakit limpa

Bagi anda yang mempunyai gangguan pada limpa, anda dapat menggunakan daun legundi untuk membantu mengatasi sakit pada limpa. Anda perlu menyiapkan satu genggam daun legundi yang masih segar dan cuka. Tumbuk semua bahan sampai halus. Kemudian, tempelkan pada perut bagian kiri tepat dimana organ limpa berada.

  1. Mengobati radang dan sakit tenggorokan

Siapkan sekitar 7 lembar daun legundi segar. Rebus daun dengan air sebanyak 1 liter. Gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur. Lakukanlah hal tersebut secara rutin selama satu minggu.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Lobak Untuk Kesehatan

  1. Mengobati sesak nafas dan muntah darah

Siapkan daun legundi sebanyak tiga tangkai, 3 lembar daun sembung, dan daun serawung. Rebus semua bahan dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa satu gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan tersebut sebanyak dua kali setiap harinya hingga sesak nafas dan muntah darah anda sembuh.

Nah itu dia ulasan mengenai ciri-ciri, kandungannya maupun manfaat dari daun legundi. Selamat mencoba

Related For Manfaat Dan Kandungan Daun Legundi Untuk Kesehatan