Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Lidah Buaya Untuk Kesehatan

January 7, 2017 | Daun Daunan

Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak 3500 tahun sebelumnya. Lidah buaya atau yang  lebih dikenal dengan nama Aloe vera L ini merupakan satu dari 10 jenis tanaman yang paling laris di dunia yang mempunyai potensi untuk dikembangkan sebagai tanaman obat dan bahan baku industri. Lidah buaya telah banyak dimanfaatkan di beberapa negara  seperti Amerika, Australia, dan sebagian besar negara-negara Eropa sebagai bahan baku industri makanan dan minuman kesehatan.

manfaat-daun-lidah-buaya

Ciri-Ciri Daun Lidah Buaya

Daun lidah buaya termasuk jenis daun tunggal. Daun nya berbentuk seperti tombak dengan helaian memanjang berupa pelepah yang berukuran mencapai 40-60 cm, lebar pelepah bagian bawah 8-13 cm dan tebal antara 2-3 cm. Lidah buaya berdaging tebal dan tidak mempunyai tulang daun. Daun lidah buaya memiliki warna hijau keabu-abuan dan bersifat sukulen, yaitu kandungan air,getah, dan lendir yang mendominasi daun.

Pada bagian atas permukaan daun terdapat lapisan lilin dan permukaannya yang rata, sedangkan bagian bawah daun berbentuk cembung (membulat). Pada daun lidah buaya terdapat bercak berwarna hijau hingga putih yang akan menghilang ketika daun lidah buaya tumbuh dewasa.

Kandungan Daun Lidah Buaya

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, yaitu merupakan senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin dan meningkatkan laju sintesis glikogen. Selain itu, Aloe vera mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D.

Manfaat Daun Lidah Buaya

  1. Alkalisasi tubuh

Alkalisasi adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia. Jus lidah buaya merupakan salah satu makanan yang bersifat alkali. Anda dapat mengkonsumsi jus lidah buaya untuk menyeimbangkan keasaman makanan yang kita konsumsi.

  1. Sistem imun tubuh

Jus lidah buaya mengandung banyak antioksidan yang dapat melawan radikal bebas pada tubuh manusia. Radikal bebas merupakan senyawa yang tidak stabil yang merupakan efek samping dari metabolisme dan berkontribusi menyebabkan penyakit berbahaya. Apabila anda meminum jus lidah buaya secara teratur maka tubuh anda akan memiliki antioksidan yang cukup untuk melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  1. Detoksifikasi

Jus lidah buaya merupakan pilihan yang alami untuk proses detoksifikasi atau mengeluarkan racun di dalam tubuh. Jus lidah buaya mengandung banyak unsur vitamin dan mineral yang dapat membantu tubuh mengatasi stress dan ketegangan serta meminimalisir racun di dalam tubuh

  1. Membantu mengurangi berat badan

Dengan mengkonsumsi jus lidah buaya secara teratur, hal tersebut akan membantu tubuh untuk membersihkan sistem pencernaan secara alami.

  1. Kardiovaskular

Kardiovaskular berkaitan dengan masalah jantung dan peredaran darah dalam tubuh. Beberapa penelitian menunjukkaan bahwa dengan menyuntikkan ekstrak daun lidah buaya ke dalam darah, maka secara drastis akan meningkatkan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen. Lidah buaya memiliki nutris yang dapat mengatur tekanan darah, meningkatkan oksidasi darah dan sirkulasi agar lebih lancar.

  1. Melawan peradangan

Jus lidah buaya memiliki 12 zat berbeda yang dapat mengurangi dan mencegah peradangan tanpa memiliki resiko dan efek samping. Lidah buaya sendiri pun dapat membantu untuk masalah bengkak, kaku, atau pun nyeri sendi.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Kumis Kucing Untuk Kesehatan

  1. Membantu mengobati diabetes

Jus lidah buaya dapat membantu mengatur gula darah di dalam tubuh. Terdapat studi yang menunjukkan bahwa terdapat perbaikan kadar glukos ketika seorang pasien diabetes diberikan konsumsi jus lidah buaya secara teratur. Hal ini dikarenakan pada lidah buaya terdapat  kandungan lektin, mannans, dan anthraquinones.

 

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Lidah Buaya Untuk Kesehatan