Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Lobak Untuk Kesehatan

January 9, 2017 | Daun Daunan

Lobak merupakan tanaman umbi-umbian yang sekilas mirip dengan kentang dan wortel. Dengan nama latin Brassica rapa, tanaman ini sudah dibudidayakn sejak 4000 tahun sebelunya. Meski berasal dari Cina, tanaman ini merupakan sayuran tradisional penduduk Amerika Selatan. Tanaman ini mudah tumbuh didataran rendah maupun tinggi (pegunungan). Di Indonesia sendiri, perkebunan lobak mencapai 15.700 ha. Lobak sangat baik tumbuh di tanah gembur mengandung humus.

manfat-daun-lobak

Lobak biasanya dikonsumsi sebagai campuran di berbagai makan. Selain itu, lobak sendiri dapat digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit seperti demam dan gangguan pada ginjal.

Kandungan Daun Lobak

Di dalam daun lobak terdapat berbagai macam kandungan berbagai macam nutrisi seperti 5,8 gram karbohidrat, 0,4 gram lemak, 2,3 gram protein, 140 miligram kalsium, 33 miligram fosfor, dan zat besi sebesar 4 miligram. Selain itu, terdapat kandungan minyak atsiri, vitamin A, vitamin B1, dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Zat-zat tersebut merupakan antibiotik untuk beberapa jenis bakteri dan aktioksidan.

Manfaat Daun Lobak

Tidak hanya lobak saja yang dapat dimanfaatkan dalam bidang kesehatan,namun bagian daun lobak juga mempunyai khasiat yang tidak kalah baiknya. Banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya, daun lobak dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku pengobatan herbal. Berikut beberapa manfaat yang didapatkan dari daun lobak:

1. Mengurangi efek pramenstruasi

Karena kandungan asam folat di dalamnya, daun lobak dapat dimanfaatkan untuk meredakan pramenstruasi. Sindrom PMS ini terjadi ketika sebelum dan pada masa haid. Hal ini dapat mengganggu hampir semua wanita.

2. Melancarkan pencernaan

Kandungan serat yang berada pada daun lobak mempunyai kemampuan untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh sehingga organ-organ pencernaan menjadi lebih sehat dan mencegah terjadinya sembelit.

3. Mencegah penuaan dini

Kandungan vitamin C yang cukup tinggi sangat baik untuk kesehatan kulit sehingga dapat membuat kulit tampak lebih halus, kencang dan awet muda.

4. Mencegah anemia

Kandungan zat besi di dalam daun lobak dapat bermanfaat memproduksi sel-sel darah merah sehingga dapat mencegah dan mengatasi gejala-gejala anemia.

5. Mencegah kejang otot

Kalium pada daun lobak dapat menjaga kesehatan dan kekuatan otot-otot tubuh sehingga dapat mencegah terjadinya kejang otot dan cedera otot.

6. Mengeluarkan racun

Kandungan zat anti oksidan di dalamnya dapat digunakan untuk menangkal efek radikal bebas sehingga dapat membantu tuibuh mengerluarkan racun yang dianggap membahayakan bagi tubuh.

7. Melancarkan sirkulasi darah

Selain dapat dimanfaatkan untuk mengelurakan racun di dalam tubuh, kandungan kalium di dalam daun lobak dapatmelancarkan sirkulasi darah.

8. Mengurangi nyeri sendi

Kandungan vitamin K dalam daun lobak dapat membantu menjaga kesehatan tulang sehingga mengurangi dan meredakan nyeri pada persendian secara efektif.

9. Disentri

Disentri merupakan infeksi pada usus yang menyebabkan diare yang disertai darah dan lendir. Daun lobak dapat digunakan untuk mengobati penyakit ini. Siapkan 100 gram daun lobak kering dan rebus dengan air sampai mendidih dan kental. Anda dapat meminumnya seperti teh. Lakukan hal tersebut selama 3-5 hari.

Apabila anda mengalami disentri pada jangka waktu yang sangat lama, sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daun lobak dengan ditambah daging ayam secukupnya. Olah semua bahan menjadi sebuah sup dan masak hingga matang.

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Daun Lembayung Yang Luar Biasa

Yang perlu anda perhatikan adalah untuk mendapat hasil yang maksimal anda harus mengkomsi daun lobak secara teratur dan dalam kadar yang wajar, tidak boleh berlebihan. Nah, semoga berbagai manfaat daun lobak yang kami ulas di atas berguna buat pembaca semua. Terimakasih.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Lobak Untuk Kesehatan