Menu

Manfaat Dan Kandungan Daun Mangga Untuk Kesehatan

January 16, 2017 | Daun Daunan

Pohon mangga dapat hidup dengan mudah di manapun. Mangga memang terkenal dengan buahnya yang manis dan segar serta kandungan berbagai vitamin di dalamnya. Namun tidak hanya buah nya, daun mangga sendiri mempunyai manfaat yang tersembunyi. Banyak orang yang menganggap daun mangga dianggap biasa saja dan tidak mempunyai manfaat. Akan tetapi, ternyata daun mangga mempunyai banyak manfaat yang dapat digunakan sama seperti buahnya.

Manfaat daun mangga

Ciri-Ciri Daun Mangga

Pohon mangga memiliki perawakan yang besar dan tingginya dapat mencapai 40 m bahkan lebih. Batang mangga dapat tegak bercabang dengan daun daun nya yang lebat  berwarna hijau. Daun mangga merupakan daun tunggal yang tersebar letak nya. Pada pangkal tangkai daun nya membesar dan pada bagian sisi atasnya terdapat alurnya.

Helai daun mangga bervariasi, bentuk nya kebanyakan jorong sampai lanset 2-10 x 8-40 cm. Terlihat liat seperti kulit, hijau tua berkilap dengan ujung nya meruncing. Bentuk daun mangga bervariasi tergantung jenis varietas mangga nya. Ada yang berbentuk lonjong, bulat telur, segi empat dengan ujung meruncing atau ujung nya membulat.

Kandungan Daun Mangga

Daun buah mangga mengandung berbagai nutrisi di dalamnya seperti vitamin C, vitamin B, dan vitamin A. Selain itu, daun mangga juga memiliki sifat antioksidan yang sangat kuat karena mengandung flavonoid yang tinggi dan fenol.

Manfaat Daun Mangga

  1. Mengobati diabetes

Daun tender pada pohon mangga mengandung zat tanin yang sangat bermanfaat membantu mengobati gejala awal diabetes. Daun mangga yang sudah kering atau yang berbentuk bubuk dapat digunakan sebagai infus dalam pengobatan ini. Selain itu, teh daun mangga muda juga dapat digunakan. Anda hanya perlu merendam daun mangga ke dalam gelas selama semalaman. Kemudian besok pagi nya, saring dan dapat anda konsumsi.

  1. Menurunkan tekanan darah

Daun mangga dapat membantu untuk menurunkan tekanan darah, hal ini dikarenakan daun mangga memiliki sifat hipotensi atau menurunkan tekanan darah. Daun mangga juga dapat membantu memperkuat pembuluh darah dan  meringankan varises.

  1. Memecah batu empedu dan batu ginjal

Daun mangga dapat membantu pengobatan batu ginjal dan empedu. Anda hanya perlu menyiapkan bubuk daun mangga muda yang sudah dikeringkan,. kemudian giling sampai halus. Campurkan dengan satu gelas air dan biarkan selama semalaman. Ramuan ini dapat membantu memecahkan batu dan mengeluarkannya.

  1. Mengatasi masalah pernapasan

Daun mangga sangat baik untuk semua jenis masalah pernapasan seperti demam, bronchitis, dan asma. Anda cukup merebus daun mangga dengan air hingga mendidih. Anda juga dapat menambahkan madu agar dapat membantu menyembuhkan batuk secara efektif. Hal ini juga dapat membantu menyembuhkan serak atau suara yang hilang.

  1. Menyembuhkan disentri

Daun mangga dapat membantu mengobati pendarahan pada saat buang air besar akibat disentri. Siapkan daun mangga kering dan buatlah menjadi bubuk halus. Campurkan dengan segelas air, kemudian diminum dua sampai tiga kali sehari untuk menghentikan disentri.

  1. Nyeri telinga

Daun mangga menjadi obat alami untuk nyeri telinga. Anda dapat membuat sari daun mangga menjadi obat tetes. Teteskan satu sendok teh sari daun mangga pada telinga yang sedang sakit. Sebelum digunakan, sebaiknya dihangatkan terlebih dahulu sari daun mangga tersebut.

  1. Menyembuhkan luka bakar

Bakar segenggam daun mangga hingga berbentuk abu. Anda dapat menempelkan abu daun mangga tersebut pada daerah kulit yang mengalami luka bakar.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

  1. Menghentikan cegukan dan masalah tenggorokan

Daun mangga adalah solusi untuk mengatasi cegukan dan masalah tenggorokan yang anda miliki. Anda dapat membakar daun mangga dan menghirup sedikit asapnya. Hal ini dapat membantu menyembuhkan cegukan dan masalah pada tenggorokan.

Demikian di atas ulasan mengenai berbagai manfaat dari daun mangga buat kesehatan,  semoga yang kami sampaikan di atas berguna buat pembaca semua.

Related For Manfaat Dan Kandungan Daun Mangga Untuk Kesehatan