Menu

Kandungan & Manfaat Daun Markisa Yang Luar Biasa

February 17, 2017 | Daun Daunan

Passiflora Edulils merupakan nama latin dari buah Passion Fruit. Di Indonesia, buah ini terkenal dengan nama markisa. Markisa adalah tanaman dengan berbagai manfaat. Markisa sebenarnya dibagi menjadi dua jenis, yaitu markisa ungu (Passiflorea Edulis L) yang umumnya subur tumbuh di iklim dingin, dan markisa kuning (Passiflora Edulis f.) dengan ukuran yang lebih besar dan cenderung subur pada iklim hangat.

Manfaat daun markisa

Ciri-Ciri Daun Markisa

Daun markisa memiliki ciri-ciri atau karakteristik bentuk daun yang bulat, dengan ujung daun yang meruncing namun pangkalnya merata. Uniknya daun markisa mempunyai tepian daun yang bertoreh atau bergerigi, sedangkan permukaannya bersifat halus dan mengkilat.

Kandungan Daun Markisa

Selain buahnya, Daun Markisa juga mengandung berbagai nutrisi dan senyawa yang sangat penting bagi tubuh. kandungan senyawa penting seperti alkaloid yang berguna untuk menurunkan tekanan darah. Di samping alkaloid, daun markisa juga berisikan kandungan polifenol yang berfungsi sebagai anti-oksidan pada tubuh yang tentunya akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh.

Bahkan suatu universitas terkemuka di Amerika mengungkapkan bahwa daun markisa dapat membunuh sel-sel penyebab kanker melalui cara ex vivo dikarenakan kandungan karotenoid dan polifenol dalam daun markisa.

Manfaat Daun Markisa

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari markisa, daun markisa sangat rimbun dapat menjadikan halaman rindang dan terasas sejuk. Di samping itu, daun markisa mempunyai kandungan alkaloid yang dapat digunakan sebagai obat tradisional dalam menangani perasaan cemas dan perasaan gugup. Berikut adalah manfaat lain dari daun markisa yang bisa kita peroleh secara mudah.

Manfaat tersebut telah dieksplorasi oleh orang jaman dahulu, orang terdahulu menggunakan daun markisa sebagai obat sulit tidur, obat mencret, obat disentri, asma, dan gangguan menopause pada wanita, serta sebagai peluruh air seni yang pada penderita kencing batu.

Selain itu daun markisa memiliki senyawa Harman yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah pada tubuh tanpa menggunakan obat kimia. Di samping itu, daun markisa juga digunakan sebagai obat penenang dan anti-pasmodik.

Daun markisa juga dimanfaatkan sebagai teh seduh daun markisa yang bisa dimodifikasi dengan madu atau gula untuk menambah rasa yang anda suka.

  1. Penyembuhan

Jika sebagai ramuan yang diminum, anda dapat merebus daun markisa kira-kira 15 gram saja, daun tersebut harus yang baru saja anda petik, kemudian dicuci bersih. Kemudian rebus bersama air dan minum air rebusannya ketika sudah dingin.

Jika untuk penggunaan di luar tubuh, anda perlu membersihkan daun markisa terlebih dahulu, kemudian direbus hingga airnya mendidih. Setelah air rebusan tersebut dingin, basuhkan pada penyakit pada kulit yang anda derita. Alternatif lain yaitu anda dapat tumbuk daun markisa hingga halus, kemudian diletakkan pada bagian yang sakit.

  1. Memberikan Relaksasi pada Tubuh

Daun markisa juga dapat digunakan sebagai relaksasi pada tubuh. Beberapa orang memanfaatkan daun markisa sebagai aroma terapi yang dipercaya membuat mereka menjadi lebih rileks. Aroma terapi yang dimaksud adalah aroma seduhan dari daun markisa dalam bentuk teh.

  1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Berbagai kandungan yang terkombinasi dalam daun markisa ini juga dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh karena bakteri-bakteri jahat yang terdapat pada sistem pencernaan akan dibawa keluar.

  1. Mengurangi Resiko Munculnya Tumor dan Kanker

Hal ini disebabkan karena daun markisa menganding anti-oksidan yang dapat menekan munculnya tumor dan kanker pada tubuh. Tumor dan kanker yang sangat merusak tubuh ini akan dapat dicegah oleh anti-oksidan di dalam daun markisa.

  1. Memperkuat sistem Imunitas Tubuh

Senyawa Anti-oksidan dipercaya sebagai penguat sistem ketahanan tubuh. sehingga radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh dapat dikeluarkan dan dapat menangkal masuknya radikal bebas tersebut untuk masuk ke dalam tubuh lagi.

  1. Melindungi Kerusakan Jaringan pada Kulit

Senyawa anti-oksidan juga dapat bermanfaat meremajakan kulit dan melindungi kulit anda dari berbagai kerusakan jaringan pada kulit tubuh anda.

Baca juga: Manfaat Dan Efek Samping Daun Mahkota Dewa

Nah, itulah manfaat daun markisa untuk kesehatan tubuh, konsumsi secara rutin akan menutrisi tubuh dan menyuplai tubuh dengan berbagai vitamin yang dibutuhkan tubuh. Maka dari itu konsumsi dengan dosis yang dianjurkan akan membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

 

Related For Kandungan & Manfaat Daun Markisa Yang Luar Biasa