Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan

January 14, 2017 | Daun Daunan

Mengkudu berasal dari Asia Tenggara dan termasuk ke dalam family Rubiaceae. Di Indonesia sendiri mengkudu dikenal dengan berbagai nama berbeda di setiap daerahnya. Sudah sejak dahulu, buah mengkudu di gunakan sebagai obat tradisional yang di percaya bisa mengatasi beragam jenis penyakit. Akan tetapi, ternyata bukan buahnya saja yang bermanfaat, karena daunnya pun di yakini juga berkhasiat dalam mengatasi berbagai keluhan penyakit.

Manfaat daun mengkudu

Ciri-Ciri Daun Mengkudu

Daun mengkudu mempunyai bentuk yang tebal dan mengkilap. Daun mengkudu saling berhadap-hadapan satu sama lainnya. Ukuran daun besar mencapai 15 cm. Pada tepian daun berbentuk rata dengan ujung runcing pendek. Pangkal daun nya pendek dengan ukuran 0,5-2,5 cm.

Kandungan Daun Mengkudu

Kandungan alami yang dimiliki oleh daun mengkudu adalah colopetin, zat anti bakteri, terpenoid, dan lainnya. Selain itu, buah mengkudu mengandung fitonutrien yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti inflamasi, dan anti virus.

Manfaat Daun Mengkudu

  1. Anti kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya bahkan dalam tingkatan tertentu dapat menyebabkan kematian. Daun mengkudu dapat dimanfaatkan sebagai anti kanker, hal ini karena senyawa antioksidan yang terkandung di dalamnya. Senyawa ini dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

  1. Memperlancar sirkulasi darah

Kandungan fitonutrien seperti scopoletin yang terdapat pada daun mengkudu dapat bermanfaat untuk mengatasi penyempitan pada pembuluh darah. Selain itu, daun mengkudu baik dalam mengembalikan sirkulasi darah sehingga dapat memperlancar peredaran darah.

  1. Anti Inflamasi

Daun mengkudu memiliki senyawa anti inflamasi yang berperan penting untuk mencegah terjadinya peradangan dan resiko serangan jantung. Selain itu, daun mengkudu juga bermanfaat dalam meminimalisir tekanan darah tinggi (hipertensi) dan kencing manis.

  1. Membantu saluran pencernaan

Dengan mengkonsumsi air rebusan daun mengkudu secara teratur dapat membantu memperlancar saluran pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan senyawa pada daun mengkudu akan menstimulasi serotonin dari dalam otak. Fungsi serotonin sendiri merupakan pengatur laju makanan didalam usus dan mengatur sistem pencernaan.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Karena kandungan antioksidan nya yang tinggi seperti selenium, daun mengkudu dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Kandungan selenium ini dapat meningkatkan elasitas kulit.  Menurut sebuah penelitian, menunjukkan bahwa selenium menggabungkan protein di dalam tubuh untuk membuat selenoproteins. Zat ini dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel termasuk pada sel kulit wajah.

  1. Bersifat anti bakteri

Karena kandungan beberapa senyawa di dalam nya, daun mengkudu ampuh untuk membunuh kuman dan bakteri pada kulit sehingga juga dapat mengatasi masalah wajah dan kulit yang berjerawat.

  1. Mengatasi mual dan perut kembung

Daun mengkudu dapat digunakan untuk mengatasi rasa mual dan perut kembung. Hal ini dikarenakan daun mengkudu memiliki sifat yang menghangatkan.

Selain itu, daun mengkudu juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah osteoporosis, melancarkan haid pada wanita, mengatasi gatal dan ruam pada kulit akibat alergi, menjaga sistem imun tubuh, mengatasi diare, mengeluarkan racun dalam tubuh dan masih banyak lainnya.

Baca juga: Manfaat Dan Kandungan Daun Legundi Untuk Kesehatan

Anda dapat mengkonsumsi daun mengkudu dengan dua cara, yaitu sebagai teh dan jamu herbal:

  1. Sebagai Teh, anda dapat menyeduh daun mengkudu muda yang sudah dikeringkan. Kemudian tambahkan sedikit garam dan anda dapat langsung meminumnya dalam keadaan hangat.
  1. Untuk jamu herbal, biasanya untuk membuat jamu daun mengkudu perlu menambahkan dengan beberapa bahan pendamping. Kemudian tumbuk semua bahan yang anda siapkan sampai halus dan rebus dengan air. Anda dapat menyaring nya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Demikian ulasan mengenai berjuta khasiat dari daun mengkudu. Semoga bermanfaat

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Mengkudu Untuk Kesehatan