Menu

Kandungan Dan Beragam Manfaat Daun Meniran Yang Luar Biasa

February 13, 2017 | Daun Daunan

Sebagian orang yang berkutat dengan dunia kesehatan pasti familiar dengan tanaman ini. Bagi sebagian yang belum, Meniran adalah tanaman dengan jenis tanaman semak. Tanaman ini mudah ditemukan di Indonesia. Tanaman dengan nama latin Phyllanthus urinaria Linn ini mudah tumbuh pada iklim tropis.

Manfaat daun meniran

Ciri-ciri Daun Meniran

Daun meniran merupakan jenis daun majemuk yang memiliki tata letak berselang-seling. Daun meniran mempunyai bentuk bulat oval. Sedangkan ujung daun meniran tumpul, dengan pangkal daun membulat dan merata pada setiap tepian daunnya. Daun meniran memiliki sekitar 15-24 anak daun yang berwarna hijau. Panjang tiap-tiap anak daunnya 1,5 cm dan lebarnya 7 mm. Daun ini tergolong pada klasifikasi daun tak lengkap terutama pada bagian daun bertangkai disebabkan hanya mempunyai tangkai dan beberapa daun saja.

Senyawa Aktif Pada Daun Meniran

Manfaat dan khasiat dari daun meniran dapat diperoleh dikarenakan daun Meniran memiliki beberapa kandungan senyawa aktif yang membantu dalam kinerjanya menghadapi berbagai penyakit. Daun meniran memiliki kandungan Phyllanthin, Hypophyllanthin, Nirathin, Nirterali, dan Nirurin. Senyawa tersebut memiliki fungsi untuk menurunkan kadar gula pada darah. Selain senyawa yang telah disebutkan, ada lagi senyawa Norsecuirinine, Nirurinetin, Phullanthenol, dan Flovanoid yang bermanfaat bagi kesehatan anda.

Manfaat Daun Meniran

1. Menangani Penyakit Batu Ginjal dan Asam Urat

Zat Flovanoid menjalankan perannya untuk menangani asam urat dan menyembuhkan penyakit batu ginjal. Daun meniran mengandung Ion K yang mengikat Kristal dari asam urat sehingga mampu dilarutkan dalam air seni, dan merangsang lancarnya pengeluaran air seni.

2. Mengatasi Penyakit Diabetes

Daun Meniran juga memiliki kemampuan untuk mengatasi anda yang menderita penyakit diabetes. Zat Hypophyllanthiri dan Phyllanthin sangat berjasa dalam menurunkan jumlah kadar gula dalam darah anda. Berbagai percobaan dilakukan guna mendukung anggapan ini dan terbukti dengan hasil positif bermanfaatnya.

3. Mengobati Rabun Senja

Rabun senja adalah penyakit yang ditandai dengan kurang jelasnya penglihatan ketika sore hari. Bila anda mengalami masalah rabun senja ini, daun Meniran mampu membantu anda untuk melihat lebih jelas lagi dengan berbagai kandungan di dalamnya. Caranya adalah dengan merebus 25 gram daun meniran bersamaan dengan hati ayam. Kemudian, dimakan bersamaan pula agar khasiat daun Meniran dan hati ayam bekerja menutrisi mata anda agar tidak rabun lagi.

4. Sebagai obat Hepatitis

Daun Meniran juga mampu digunakan sebagai obat penyakit hepatitis. Anda dapat merebus daunnya dengan air. Air rebusan daun Meniran ini mampu mengangkat toksin atau racun yang bersarang pada hati anda. Dengan takaran 50 gram, anda disarankan untuk meminum air rebusan daun meniran ini setiap hari selama seminggu agar hasilnya nampak.

5. Sebagai Obat Reumatik

Jika anda mempunyai penyakit reumatik, untuk obat alternatif yang sangat murah, anda dapat menggunakan daun Meniran. Dengan mengkombinasikan dengan tanaman kumis kucing, anda dapat mengurangi rasa sakit reumatik anda.

Caranya adalah dengan mencuci bersih 1 sdm daun Meniran yang masih segar, dan 7 lembar daun kumis kucing, kemudian rebus semuanya menggunakan segelas air dan sisakan hingga kira-kira setengah gelas saja airnya. Dinginkan dan saring, kemudian air hasil rebusan tadi diminum sekaligus dengan dosis sehari sekali.

6. Mengobati Radang Sendi

Biasanya para manula yang sering mengalami penyakit persendian seperti radang sendi ini. Sebagian besar manula terserang penyakit radang sendi dan biasanya nyeri pada punggungnya. Dengan daun meniran, semua itu akan siran perlahan, sebab senyawa Dibencybutirolactone pada daun Meniran bertindak sebagai salah satu zat inflamasi yang akan mengurangi berbagai macam peradangan dalam tubuh manusia.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Daun Mint Yang Begitu Menakjubkan

Demikianlah beberapa manfaat daun Meniran untuk kesehatan tubuh anda. Mengkonsumsinya sesuai dengan ketentuan yang dianjurkan sangat direkomendasikan agar efek yang ditimbulkan sesuai dengan apa yang diharapkan dan bekerja optimal.

Related For Kandungan Dan Beragam Manfaat Daun Meniran Yang Luar Biasa