Menu

Wow Inilah 5 Manfaat Daun Nanas Yang Begitu Mencengangkan

February 21, 2017 | Daun Daunan

Tumbuhan Nanas bagi sebagian orang mungkin hanya manfaat buahnya saja yang diketahui selama ini. Tanaman nanas yang dimaksudkan di sini adalah tanaman nanas dengan jenis nanas kerang. Tanaman yang sering dikenal dengan nama Oyster Plant ini juga sering digunakan sebagai tanaman hias karena bentuk daunnya yang menarik. Di samping tanaman hias, bagian lain dari tumbuhan nanas, yaitu daunnya juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh anda.

Manfaat daun nanas

Ciri-Ciri Daun Nanas

Dengan ciri daun yang memiliki kemampuan untuk tumbuh hingga mencapai 60 cm, dan daun berdaging, berwarna ungu pada bagian bawahnya, daun nanas kerang ini sangat mudah untuk diidentifikasi dan dikenali. Sekali lagi, Tanaman nanas yang dimaksud di sini adalah yang berjenis nanas kerang. Daun nanas kerang memiliki berbagai faedah yang positif untuk masalah kesehatan bagi tubuh anda. Berikut ini adalah manfaat daun nanas kerang dengan gabungan dengan bahan lainnya.

Kandungan Daun Nanas

Daun nanas khususnya nanas kerang sebagian besar mengandung zat saponin dan zat tannin. Zat tersebut akan membantu memelihara paru-paru, mencairkan dahak yang menggumpal, sebagai anti-batuk, dan juga mampu membersihkan darah.

Manfaat Daun Nanas

Manfaat umum pada tumbuhan ini adalah mendatangkan rasa sejuk, dan manis. Selain itu, daunnya bersifat anti radang (anti inflamasi), memelihara paru-paru, mencairkan dahak pada tenggorokan, anti batuk, anti diare, dan juga dapat bersifat membersihkan darah.

  1. Penyembuh Penyakit Mimisan dan TBC Kelenjar

Petik daun nanas kerang sebanyak kira-kira 20-30 gram. Kemudian daun nanas kerang tersebut dicuci hingga bersih. Lalu daun yang telah dicuci direbus dalam dua sampai empat gelas air. Biarkan hingga menyusut hingga tersisa kira-kira 3 gelas, matikan api dan biarkan dingin. Setelah dingin barulah anda bisa meminumnya sebanyak 2 kali dalam sehari untuk menjadi obat penyakit mimisan dan TBC kelenjar.

  1. Penyembuh Penyakit Mimisan

Cara pengobatannya dilakukan dengan menyiapkan 30-50 gram daun nanas, lalu bersihkan  dan rebus dengan air sebanyak 4 gelas. Silahkan biarkan hingga air menyusut hingga tersisa sekitar dua gelas saja. Biarkan agak dingin terlebih dahulu, kemudian minum air rebusannya dengan dosis dua kali dalam sehari.

  1. Berak Darah atau Melena

Cara pengolahan daun nanas kerang menjadi obat Melena atau penyakit yang sering ditandai dengan buang air besar disertai darah adalah sebagai berikut.

Ambil daun segar dari nanas kerang sebanyak 10 – 15 helai atau 20 – 50 kuntum bunga keringnya. Kemudian tambahkan gula enau, kemudian rebus bersamaan. Setelah masak, dinginkan, lalu saring airnya. Dosis meminum untuk menyembuhkan Melena adalah sebanyak segelas dua kali dalam sehari.

  1. Acute-Bronchitis atau Muntah Darah

Dengan menggunakan daun nanas kerang, anda juga bisa menanggulangi penyakit Acutebronchitis atau muntah darah. Caranya adalah dengan mengetim 10 helai daun segar yang baru saja dipetik dari tanaman nanas kerang, ditambah 20 – 5- kuntum Bunga kering lalu ditambahkan gula batu.

  1. Bronchitis, Batuk Berdahak, Batu Rejan, Flu, dan Disentri

Daun nanas kerang pun dapat mengatasi berbagai masalah seperti bronchitis, batuk berdahak dan rejan, flu bahkan disentri. Namun memanfaatkan bunga dari nanas kerang. Caranya hampir sama dengan yang sebelum-sebelumnya, yaitu dengan cara dicuci bersih 20 – 30 bunga nanas kerang, kemudian rebus dengan air dengan takaran 2 – 4 gelas. Setelah masak, didiamkan sebentar agar dingin untuk kemudian air rebusannya diminum.

Baca juga: Inilah 7 Manfaat Daun Nangka Yang Menakjubkan

Nah, itulah manfaat dari daun tumbuhan nanas khususnya pada jenis nanas kerang. Penggunaan dan konsumsi yang tepat sesuai anjuran sangat direkomendasikan mengingat hal ini sangat penting guna mencapai hasil optimal dan maksimal yang didambakan.

Related For Wow Inilah 5 Manfaat Daun Nanas Yang Begitu Mencengangkan