Menu

Inilah 7 Manfaat Daun Nangka Yang Menakjubkan

February 19, 2017 | Daun Daunan

Nangka merupakan tanaman yang mudah dijumpai di Indonesia. Tanaman Nangka merupakan tanaman yang sangat bermanfaat karena baik biji, buah, bahkan daunnya dapat digunakan untuk mengobati penyakit dengan alami, dan beberapa perawatan kecantikan. Bahan yang diperoleh secara alami tentunya aman untuk tubuh, demikian pula senyawa yang terdapat pada daun nangka yang kaya akan manfaat seperti dapat digunakan untuk obat diabetes, kanker, dan penyakit lainnya.

Manfaat daun nangka

Daun tanaman yang memiliki nama latin Artocarpus Heterophyllus terbukti telah manjur digunakan sejak lama. Contohnya dalam pengobatan Ayuverda dari India, daun tanaman Nangka dipakai untuk obat bagi penderita diabetes karena daunnya memiliki efek Hipoglikemi. Berikut adalah manfaat lainnya yang dapat diperoleh dari daun nangka.

Ciri Ciri Daun Nangka

Daun nangka tergolong dalam kelompok daun tunggal. Daun nangka tumbuh dengan pola berselang pada ranting. Permukaan atas daun nangka teksturnya lebih licin dibandingkan permukaan bawahnya. Pangkal daunnya mempunyai penumpu dengan bentuk segitiga berwarna kecoklatan.

Kandungan Daun Nangka

Dalam kaitannya dengan manfaat, daun nangka memiliki beberapa kandungan yang mendukung khasiat dan manfaat tersebut. Antioksidan terkandung dalam daun nangka, anti-oksidan umum sekali dikenal sebagai pencegah penuaan dini. Kandungan selanjutnya adalah kalsium yang akan bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang. Selain kandungan tersebut, terdapat juga senyawa aktif yang berguna untuk menurunkan kadar sel kanker dalam tubuh.

Manfaat Daun Nangka bagi Tubuh

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Daun nangka merupakan daun yang kaya akan kalsium. Kalsium merupakan unsur yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Jadi dengan daun nangka, anda dapat menjaga kesehatan tulang dan gigi anda dengan suplai kalsium yang didapatkan dari daun nangka.

  1. Anti-Oksidan dan Mencegah Penuaan Dini

Senyawa Anti-oksidan yang terkandung dalam daun nangka diklaim mampu membantu tubuh melawan penuaan dini. Seperti yang telah banyak diketahui, Anti-oksidan menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga penuaan dini dapat dicegah.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Daun nangka juga mampu membantu menjaga kesehatan tubuh anda, berbagai gabungan kandungan yang ada di dalamnya mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga terhindar dari penyakit.

Caranya dengan merebus daun nangka yang sudah tua sepuluh lembar dengan air sebanyak 1,5 liter. Tunggu beberapa menit hingga daun nangka setengah matang, lalu saring dan pisahkan daun nangka dengan air, kemudian tutup wadahnya agar uapnya tidak keluar. Setelah dingin, minumlah air rebusan tersebut dengan dosis 3 kali sehari 30 menit sebelum anda makan.

  1. Pencegah Kanker

Manfaat super yang lainnya dari daun nangka ini adalah sebagai pencegah penyakit kanker. Menurut beberapa sumber yang telah ditelusuri, perpaduan antara daun nangka dan daun sirsak terbukti mampu menekan tumbuhnya kanker secara signifikan.

  1. Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Selain untuk kesehatan dari penyakit, daun nangka juga mampu menjaga merawat kecantikan kulit. Dengan kombinasi dengan daun pepaya dan diolah menjadi masker. Caranya cukup sederhana, ambil beberapa daun nangka yang tidak terlalu muda dan tua. Bersihkan dan tumbuk hingga halus, kemudian oleskan ke kulit wajah anda. Penggunaan rutin seminggu sekali sangat direkomendasikan agar mendapatkan hasil yang optimal.

  1. Obat Diabetes

Seperti yang telah diungkapkan di atas, daun nangka juga dapat digunakan sebagai obat bagi penderita diabetes. Dengan memanfaatkan 10 lembar daun nangka yang tidak terlalu muda dan tua, dan 1.5 liter air anda dapat mengkonsumsi ramuan ini sebagai obat diabetes.

Rebus daun nangka dengan air dan didihkan sampai sekitar 70 derajat Celsius. Tidak perlu terlalu lama, tidak perlu sampai daunnya benar-benar masak. Lalu masukkan air dalam wadah dan tutup, tunggu hingga dingin kemudian diminum tiga kali sehari setiap tiga puluh menit sebelum makan.

  1. Mengobati Bisul

Manfaat terkahir daun nangka yang kaya khasiat adalah mampu mengobati bisul. Caranya adalah dengan membakar daun nangka yang telah kering, kemudian arangnya campurkan dengan kapur sirih, dan minyak kayu putih. Lalu oleskan pada kulit yang memiliki bisul.

Baca juga: Kandungan & Manfaat Daun Markisa Yang Luar Biasa

Daun nangka sangat bermanfaat bukan, jika anda ingin menggunakan daun nangka sebagai obat alternatif, pastikan anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan konsumsi dengan gosis yang tepat, sehingga hasil yang didapat juga maksimal.

Related For Inilah 7 Manfaat Daun Nangka Yang Menakjubkan