Menu

Kandungan Dan Manfaat Daun Otok Untuk Kesehatan

January 20, 2017 | Daun Daunan

Tanaman otok juga dikenal sebagai tanaman sidaguri yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh manusia. Tanaman yang satu ini umumnya tumbuh dengan ketinggian mencapai 2 meter dan dengan akar yang dapat dimanfaatkan sebagai tali temali.

Ciri- ciri daun otok

Daun otok memiliki daun tunggal dengan letaknya yang berseling. Adapun bentuk dari daun adalah bulat telur atau seperti jantung dengan tepi yang bergerigi. Bagian bawah daun memiliki warna abu-abu dan dengan panjang mencapai 1,5 hingga 4 cm dan lebar 1 – 1,5 cm.

Kandungan daun otok

Salah satu bagian dari tanaman otok yang banyak digunakan untuk keperluan kesehatan adalah pada bagian daunnya. Hal ini tidak lepas dari beberapa kandungan sehat yang dapat ditemukan di dalam daun ini. Nah berikut di antaranya.

  • Saponim
  • Tannin
  • Kalsium
  • Alkaloid
  • Kalsium oksalat
  • Fenol
  • Asam amino
  • Minyak atsiri

Selain daun, beberapa bagian dari tanaman otok atau sidaguri seperti halnya batang serta akarnya, juga memiliki kandungan yang sama sehatnya.

Manfaat daun otok

Beberapa manfaat yang dapat ditemukan dari daun otok atau sidaguri adalah sebagai berikut:

  1. Mengobati gangguan kesehatan yang disebabkan oleh cacing kremi

Manfaat daun otok yang pertama adalah untuk mengatasi gangguan penyakit yang disebabkan oleh cacing kremi. Untuk keperluan pengobatan, adapun langkah yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengambil daun otok cukup seperempat genggam saja. Selanjutnya, bersihkan dan giling hingga halus daun tersebut.

Jika daun sudah halus, anda bisa memasukkannya ke dalam air matang dengan takaran tiga perempat cangkir yang telah dicampur dengan garam sebelumnya. Langkah selanjutnya adalah dengan memeras daun hingga airnya keluar. Konsumsi air sehat tersebut sebanyak 2 kali dalam sehari. Pengobatan ini dapat dilakukan paling sedikit dalam kurun waktu empat hari.

  1. Mengobati bagian tubuh yang membengkak akibat gigitan serangga

Manfaat daun otok yang selanjutnya adalah untuk mengobati bagian tubuh yang membengkak akibat gigitan dari serangga. Adapun langkah pengobatannya adalah dengan meremas daun otok yang masih segar lalu oleskan pada bagian tubuh yang tengah meradang akibat gigitan tersebut.

Penggunaan daun otok sebagai pengobatan ini cocok digunakan untuk mengatasi gigitan lebah.

  1. Mengobati gangguan penyakit rematik

Penyakit rematik memang cukup menganggu. Meski demikian, anda tidak perlu khawatir karena daun otok dapat digunakan untuk mengatasi jenis penyakit yang satu ini. Adapun caranya adalah dengan merebus daun beserta bagian tanaman yang lain seperti halnya batang dan akar dari tanaman. Setelah direbus, anda bisa mengonsumsi air rebusannya.

Selain mengobati beragam jenis penyakit diatas, daun dari tumbuhan otok, dapat pula digunakan untuk mengatasi beragam jenis penyakit seperti yang berikut ini:

  • Demam
  • Radang usus
  • Difteri
  • Sakit kuning
  • Radang amandel

Bagi anda yang tertarik menggunakan daun otok sebagai obat herbal penghalau penyakit, ada baiknya anda mengolahnya dengan cara direbus menggunakan air bersih lalu konsumsi setelahnya.

Sementara jika dimanfaatkan sebagai pengobatan luar, anda bisa menggunakan daun ini dengan cara ditumbuk hingga halus terlebih dahulu. Untuk selanjutnya, tempelkan daun yang telah lumat pada bagian tubuh yang tengah sakit seperti pada bagian bisul, koreng dan lain-lain.

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Daun Nilam Yang Begitu Menakjubkan

Bagi anda yang kerepotan mengolah sendiri tanaman obat yang satu ini, ada baiknya anda memanfaatkan kapsul sidaguri yang kini juga bisa dipesan secara online dan tentunya dengan harga yang cukup terjangkau.

Related For Kandungan Dan Manfaat Daun Otok Untuk Kesehatan