Menu

Inilah 7 Manfaat Daun Pisang Yang Perlu Anda Ketahui

January 22, 2017 | Daun Daunan

Tanaman Pisang sangat dikenal luas di Indonesia, tidak hanya buahnya, semua bagian tanaman pisang sangat bermanfaat bagi kehidupan, seperti batangnya, bunganya, akarnya, tunasnya dan bahkan daunnya yang masih segar dan yang sudah kering pun masih dapat didapatkan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Manfaat daun pisang

Oleh karena itulah, tidak ada satupun bagian dari tanaman pisang ini yang merugikan manusia. Nah, mungkin beberapa dari anda belum mengetahui manfaat daun pisang selain sebagai pembungkus makanan. Pada kesempatan ini, akan dibahas mengenai berbagai manfaat daun pisang yang ada kaitannya dengan kesehatan tubuh.

Manfaat Daun Pisang untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat daun pisang yang digunakan dalam hal kesehatan

1. Menetralisir Racun Serangga

Daun pisang juga dapat digunakan sebagai penetralisir racun serangga ringan yang terdapat pada tubuh anda, semisal anda tersengat lebah, semut, atau laba-laba, anda dapat menggunakan daun pisang sebagai penawar racunnya.

2. Perawat Kesehatan Rambut

Merupakan salah satu  kehebatan sebuah daun pisang yang lainnya yaitu digunakan untuk menjaga kesehatan rambut agar tetap hitam dan bersih alami. Ramuan jus sari daun pisang ini dapat digunakan pula sebagai pengusir ketombe dan keringat yang menyebabkan gatal pada kulit kepala jika digunakan secara rutin.

3. Mengobati Luka

Luka luka kecil pada kulit dapat ditangani dengan pertolongan pertama dari sebuah daun pisang. Luka yang dimaksud adalah luka gores, dan lecet. Cara memanfaatkan daun pisang sebagai obat luka ringan adalah dengan menumbuk halus daun pisang kemudian menempelkannya pada bagian yang terluka.

4. Mengobati Demam

Daun pisang juga mampu digunakan sebagai penangkal demam. Hal ini sudah dikenal sejak lama. Langkah yang dapat dilakukan untuk mengobati demam menggunakan daun pisang adalah pertama anda harus memilih daun pisang yang masih muda kemudian membersihkannya lalu berikan minyak kelapa secukupnya. Setelah itu, tempelkan pada dahi atau badan.

5. Sebagai Penguat Daya Tahan Tubuh

Daun pisang memiliki kandungan anti-oksidan yang disebut polifenol yang akan melindungi tubuh dari serangan radikal bebas, sehingga badan akan lebih fit dan terhindar dari berbagai penyakit.  Untuk mendapatkan efek penguat daya tahan tubuh ini, anda tidak harus memakan langsung daun pisang.

Untuk mendapatkan dampak sistem imun atau daya tahan tubuh yang lebih kuat, menggunakan daun pisang sebagai pembungkus makanan dapat dijadikan alternatif jika anda ingin mendapatkan polifenol pada daun pisang. Hal ini disebabkan makanan menyerap polifenol yang terdapat pada daun pisang yang dijadikan pembungkus makanan tersebut.

6. Mempercantik Kulit

Daun pisang benar-benar daun yang kaya akan manfaat, selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, daun pisang juga berfungsi untuk mempercantik dan meremajakan kulit. Allantolin yang biasa dipakai dalam produk kecantikan terdapat juga pada daun pisang. Kandungan tersebut bertugas memberantas kuman tak kasat mata dan menghindarkan kulit dari iritasi.

7. Obat Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan menyebabkan penderita merasa tidak nyaman ketika berbicara, dan menelan makanan. Daun pisang dapat dijadikan sebuah ramuan yang sangat alami untuk menangani penyakit radang tenggorokan ini. Prosedur untuk membuat obat radang tenggorokan menggunakan daun pisang adalah sebagai berikut.

Ambil daun pisang yang tidak kering secukupnya, lalu cuci hingga bersih. Kemudian jemur di bawah terik matahari, angkat bila dirasa sudah kering. Setelahnya, anda harus menyiapkan air panas, kemudian seduh daun pisang kering tadi dengan air panas atau bisa juga direbus. Tunggulah seduhan atau rebusan tersebut dingin. Minum air ramuan alami tersebut hingga radang tenggorokan benar-benar hilang.

Baca juga: Kandungan Dan Manfaat Daun Otok Untuk Kesehatan

Nah, demikianlah manfaat daun pisang bagi kesehatan, terungkap bahwa daun pisang memiliki berbagai manfaat yang sangat menakjubkan sehingga pelestarian terhadap tanaman ini perlu dilakukan agar manfaatnya dapat dirasakan terus menerus.

Related For Inilah 7 Manfaat Daun Pisang Yang Perlu Anda Ketahui