Menu

Inilah 7 Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan

January 24, 2017 | Daun Daunan

Rambutan merupakan buah yang cukup populer di Indonesia, rasa yang manis dan bentuk buah yang unik menjadi penarik perhatian banyak orang untuk menyantap buah yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini. Buah rambutan memiliki berbagai kandungan dan vitamin sehingga dapat menjadi nutrisi untuk tubuh anda. Selain buahnya, daun dari rambutan sebenarnya juga memiliki manfaat yang tak kalah menguntungkannya bagi kesehatan.

Manfaat daun rambutan

Manfaat Daun Rambutan untuk Kesehatan Manusia

  1. Sebagai Penghitam Rambut atau Mengatasi Rambut Beruban

Ini adalah manfaat yang mungkin telah diketahui sebagian orang. Manfaat ini sudah dikenal sejak jaman dahulu. Uban pada rambut akan tumbuh seiring bertamnya usia manusia. Perubahan warna tersebut dikarenakan perubahan melanin atau pigmen (unsur pemberi warna)  pada rambut, atau kurangnya asupan oksigen yang dihisap oleh rambut.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat menggunakan daun rambutan yang secara penelitian sudah terbukti khasiatnya untuk menjaga warna asli rambut. Daun rambutan mampu menghidupkan lagi pigmen rambut yang sudah mati, dan juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Kesehatan kulit kepala yang terjaga akan menyebabkan suburnya pertumbuhan rambut. Berikut adalah cara memanfaatkan daun rambutan sebagai penghitam rambut dan obat rambut beruban.

Cara menghitamkan rambut dengan daun rambutan:

  • Ambil daun rambutan secukupnya untuk kemudian dicuci hingga benar-benar bersih.
  • Tumbuk daun rambutan yang sudah dicuci hingga halus..
  • Tambahkan air, kemudian peras sehingga didapat air perasan daun rambutan.
  • Usapkan air perasan daun rambutan tersebut ke seluruh rambut.
  • Lakukan secara teratur, sehingga akan diperoleh hasil yang diinginkan.
  1. Meredakan Sakit Kepala

Daun rambutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pereda sakit kepala. Kandungan yang terdapat pada daun rambutan dan nutrisi yang dihasilkan oleh daun rambutan mampu menenangkan syaraf yang berhubungan langsung dengan sakit kepala, sehingga sakit kepala akan berangsur-angsur pulih.

  1. Meningkatkan Hasrat Seks

Pasangan kurang bergairah dan semangat untuk melakukakn hubungan? Ramuan daun rambutan dapat membantu anda dalam menangani hal ini. Kandungan Afrodisiak akan membangkitkan hormon yang bermanfaat untuk gairah, dan nafsu dalam berhubungan bersama pasangan.

  1. Menangani Masalah Pencernaan

Daun rambutan juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah yang terdapat pada pencernaan anda. Hal ini sudah diterapkan di kedokteran obat tradisional di Filipina. Beberapa gabungan kandungan dalam daun rambutan dapat memperlancar sistem pencernaan anda yang sedang bermasalah.

  1. Obat Demam yang dikarenakan Influenza

Demam yang muncul karena indikasi penyakit influenza dapat dinetralisir oleh daun rambutan. Kandungan alexiteric dan tonik diklaim dapat menurunkan demam yang disebabkan karena influenza. Metode penyembuhan demam menggunakan daun rambutan ini telah dipakai di negeri Jiran, Malaysia khususnya suku Lubuk Ulu Legong tepatnya di daerah Keddah.

  1. Pemberi Efek Anelgesik

Daun rambutan juga dapat menghasilkan efek anelgesik yang mampu membantu otak mengartikan dan merubah rasa sakit itu sendiri. Hal ini disebabkan karena zat anelgesik bekerja pada syaraf perifer dan pusat. Pereda rasa sakit yang dibuat menggunakan daun rambutan tidak memberikan efek kecanduan karena dibuat dari bahan alami.

  1. Mengurangi Efek Toksin pada Tubuh

Dampak dan efek toksin yang terdapat pada tubuh dapat dikurangi dengan menggunakan daun rambutan. Kandungan alexiteric mampu menurunkan kadar toksin yang terdapat di dalam tubuh.

Baca juga: 7 Manfaat Daun Pisang Yang Perlu Anda Ketahui

Nah, banyak sekali bukan manfaat dari daun rambutan untuk kesehatan. Maka dari itu, perbanyaklah konsumsi dari tanaman yang sangat kaya akan manfaat ini. Tentunya pemakaian yang sesuai kebutuhan dan ketentuan sangat direkomendasikan agar hasil yang diinginkan dapat dicapai.

Related For Inilah 7 Manfaat Daun Rambutan Untuk Kesehatan