Menu

Inilah Beragam Manfaat Daun Talas Yang Akan Mengejutkan Anda

February 4, 2017 | Daun Daunan

Colocasia esculenta schott atau yang biasa dikenal dengan nama Talas atau Lompong di Jawa, adalah penghasil umbi yang baik. Talas diklaim berasal dari Asia Tenggara atau Asia tengah bagian selatan. Tanaman ini mampu tumbuh setinggi 50 cm sampai 2 meter. Tanaman ini memiliki ciri khas daun yang lebar dan berbatang lembut sehingga rapuh dan mudah patah. Sebenarnya tanaman talas ini memiliki berbagai nutrisi dan gizi yang diperlukan tubuh.

Manfaat daun talas

Daun talas mengandung zat bernama polifenol. Manfaat polifenol dalam tubuh sangatlah banyak, di antaranya sebagai oposisi radikal bebas yang merusak fungsi sel dalam tubuh.  Ditambah lagi, radikal bebas merupakan salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

Selain fungsi tersebut, polifenol juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh, melancarkan peredaran darah, anti-tumor, memberikan pencegahan pada tulang keropos, meningkatkan kesehatan jantung, dan bisa membantu menurunkan berat badan.

Kandungan Daun Talas

  • Polifenol
  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin C
  • Zat Besi

Manfaat Daun Talas untuk Kesehatan

1. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh (Imunitas)

Kandungan nutrisi vitamin dan Zat anti-oksidan polifenol dalam daun talas dianggap bisa memperkuat kekebalan tubuh sehingga anda akan merasakan kesehatan anda stabil dan jarang sakit.

2. Mengurangi kolesterol

Kandungan yang terdapat dalam tangkai daun talas dapat bermanfaat sebagai peluruh kadar kolesterol di dalam tubuh. semakin sedikit kadar kolesterol dalam tubuh, maka akan semakin baik kesehatan tubuh.

3. Anti-Septik

Tangkai daun talas juga sering dipakai untuk menutup luka. Tangkai daun talas bersifat anti-septik sehingga kuman bada luka dapat mati, yang akan menyebabkan luka menjadi lekas sembuh.

4. Obat Diare

Untuk khasiat ini, anda perlu mengkombinasikan daun talas dengan batang talas. Batang talas sebanyak 30 gram, ditambah 30 gram patikan kebo. Kemudian, dicuci hingga bersih dan dipilah bagian yang diperlukan saja. Setelah itu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas air. Lalu, saringlah rebusan tersebut dan minum selagi sudah hangat.

5. Mengobati Biduran

Biduran merupakan penyakit yang menyerupai keringat buntat, bintik merah dan terasa gatal adalah ciri khas dari penyakit ini. Untuk menanggulanginya, anda dapat memanfaatkan 50 gram akar talas dan 150 gram tulang iga sapi. Lalu cuci sampai bersih dan kemudian ditim kira-kira 2 jam. Setelah itu, anda dapat meminum air tersebut selagi masih hangat.

6. Mengobati Nyeri Sendi dan Otot

Nyeri sendi dan nyeri otot dapat diatasi dengan menggunakan tanaman talas. Khususnya pada bagian batang talas. Pertama kupaslah batang talas dengan jumlah secukupnya saja. Kemudian bersihkan dengan air. Selanjutnya di blender dengan ditambahkan 2 sendok cuka beras putih, dan beberapa sendok makan minyak wijen. Setelah tercampur rata, bisa dioleskan pada bagian yang terasa nyeri sendi maupun nyeri otot.

7. Cadangan Energi dalam Tubuh

Kandungan karbohidrat yang akan berubah menjadi kalori yang tersimpan di dalam daun talas ini berguna sekali dalam menyuplai asupan kalori yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

8. Menstabilkan Tekanan Darah

Kandungan Kalium yang ada di dalam daun lompong ini mampu juga menjadikan tekanan darah lebih stabil.

9. Mengurangi Rasa Kelelahan

Indeks glimetik yang ada pada tanaman Talas terutama daunnya akan memberikan manfaat mengurangi efek kelelahan setelah menjalani aktifitas sehari-hari.

Di samping manfaat di atas, daun talas dan batang talas juga memiliki manfaat lain sebagai berikut:

  • Menjaga tulang dari Osteoporosis
  • Melancarkan Metabolisme dalam tubuh
  • Menambah tenaga yang sudah mulai loyo
  • Menjaga Kesehatan Mata
  • Melancarkan proses pencernaan
  • Baik sebagai suplemen pertumbuhan tulang dalam tubuh
  • Suplemen pertumbuhan pada otot dalam tubuh.

Baca juga:  Kandungan & Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

Itulah manfaat dan khasiat dari daun talas, kesehatan perlu dijaga apalagi dengan bahan-bahan yang alami berasal dari alam untuk meminimalisir efek samping pada tubuh.

Related For Inilah Beragam Manfaat Daun Talas Yang Akan Mengejutkan Anda