Menu

Wow Inilah 11 Manfaat Daun Tebu Yang Mengejutkan

February 25, 2017 | Daun Daunan

Tebu merupakan tanaman yang sangat mudah dijumpai di negara beriklim tropis, salah satunnya di Indonesia. Tumbuhan yang menjadi bahan dasar gula ini, begitu populer di kalangan masyarakat kita. Dan ternyata selain batangnya bagian lain, yaitu daunnya juga bermanfaat buat manusia, khususnya di bidang kesehatan.

Manfaat Daun Tebu

Ciri-ciri Daun Tebu

Umumnya daun tebu sendiri  terdiri  dari  helai daun dan juga pelepah  daun.Sedangkan  tangkai daunnya  tidak  ada. Diantara  pelepah daun dan juga helai daun bagian sisi luarnya terdapat sendi segitiga daun, sedangkan pada bagian sisi dalamnya terdapat  lidah  daun.

Kandungan Daun Tebu

B.K.

(%)

PrK.

(%)

S.K.

(%)

Lemak

(%)

Abu

(%)

BETN

(%)

Ca

(%)

27,92 5,65 35,82 1,44 67,77 49,32

Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa daun tebu merupakan salah satu pakan hijauan sumber serat kasar sehingga dapat menggantikan rumput-rumputan seperti rumput gajah maupun rumput raja pada saat rumput susah didapatkan karena kekeringan/kemarau.Kandungan protein kasar (PK) dari daun tebu memang relatif kecil hanya sekitar 5.65 % sedangkan kandungan daun tebu sebesar BETN 49,32%.

Manfaat daun tebu bagi kesehatan

  1. Dapat menguatkan Gusi dan Gigi

Air tebu ternyata dapat menjaga kesehatan gusi dan juga gigi serta dapat membuatnya menjadi kuat, caranya yaitu dengan meminum air tebu murni yang sudah dicampur air jeruk nipis dan juga garam.

  1. Dapat mengobati Mimisan

Caranya : Ambillah bagian tebu yang paling ujung kemudian rebus dengan air secukupnya, kemudian campurkan garam dan juga gula jawa. Jika sudah mulai mendingin saring airnya dan minumlah

  1. Manfaat Daun Tebu dapat Mengobati Masuk Angin 

Rebuslah tiga helai daun tebu sampai mendidih dan minumlah air rebusan tersebut jika rebusan tersebut sudah mendingin, lakukanlah secara rutin yaitu tiga kali sehari.

  1. Dapat melawan Kanker Payudara

Kandungan yang berada pada tumbuhan buah tebu merupakan sifat alkali yang mampu membantu untuk mengatasi kanker payudara dan juga prostat yakni dengan cara mengonsumsi secara periodik air tebu murni.

  1. Baik juga untuk Penderita Diabetes 

Meskipun rasanya manis tebu aman dikonsumsi bagi penderita diabetes sebab mengandung gula alami dan juga dapat menjaga kadar glukosa dara seimbang. sehhingga, jika Anda dalam program diet penurunan berat badan ataupun diabetes, minumlah jus tebu.

  1. Menyembuhkan Pilek dan juga Sakit Tenggorokan 

Konsumsilah air tebu secara teratursehingga dapat mencegah sakit tenggorokan, pilek, ataupun flu. Kalau Anda sedang mengalami masalah tersebut, air tebu merupakan obat terbaik untuk mengatasinya.

  1. Manfaat Akar Tebu dalam Meredakan jantung Berdebar 

Untuk meredakan jantung yang berdebar, rebuslah 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah itu dingin saring dan dapatdiminum 2 kali sehari.

  1. Dapat meredakan dalam Panas Tubuh 

Minumlah air perasan tebu yang hitam secukupnya, air tebu hitam tersebut dapat membantu menurunkan suhu badan.

  1. Dapat mengobati penyakit kuning

Jus tebu merupakan obat alami yang dapat menyembuhkan penyakit kuning. Jaundice ialah pigmentasi kuning pada kulit dan juga membran yang disebabkan oleh adanya billirubin didalam darah. Bilirubin yang berlebihan yang berada dalam darah dapat merubah kulit menjadi kuning . Hati yang kurang berfungsi serta saluran empedu yang terblokir merupakan penyebab penyakit kuning. Untuk dapat mempercepat pemulihan, minumlah dua gelas jus tebu segar dengan campuran jeruk nipis dan juga garam.

  1. Sebagai obat Infeksi Beberapa infeksi

Mengkonsumsi jus tebu secara teratur mampu mengobati penyakit seperti dysuira, infeksi saluran kemih, penyakit menular seksual dan juga peradangan pada perut (saluran pencernaan).

Baca juga: Wow Inilah 5 Manfaat Daun Nanas Yang Begitu Mencengangkan

  1. Sebagai obat Batu ginjal

Mengobati penyakit batu ginjal merupakan salah satu khasiat yang paling efektif dari jus tebu. Jus tebu sendiri dapat memecah batu ginjal dan juga melarutkannya. Batu ginjal yang biasanya terbentuk karena adanya dehidrasi.

Demikian informasi mengenai ciri-ciri, kandungan serta manfaat dari daun tebu. Semoga bermanfaat bagi anda.

Related For Wow Inilah 11 Manfaat Daun Tebu Yang Mengejutkan