Menu

Wow, Inilah Kandungan & Manfaat Daun Teh Yang Belum Banyak Di ketahui

January 30, 2017 | Daun Daunan

Teh bukan merupakan tanaman yang asing lagi bagi masyarakat kita. Teh sering digunakan sebagai seduhan kala menemani bersantai atau bisa di bilang minuman wajib untuk tamu, selain kopi. Tanaman yang bernama lain Camellia Sinensis cocok tumbuh di dataran tinggi yang sejuk. Sejak dahulu, teh dianggap sangat bermanfaat dan membawa berbagai kebaikan pada tubuh manusia dikarenakan banyaknya kandungan yang membantu kesehatan anda.

Manfaat daun teh

Kandungan dalam Daun Teh

  • Flouride

Flouride adalah zat yang sangat berperan aktif dalam perawatan tulang dan gigi.

  • Asam Amino
  • Anti Oksidan (Polifenol)

Polifenol adalah anti-oksidan yang lebih baik 100x dibandingkan dengan vitamin C, dan masih lebih baik 25x dibandingkan vitamin E. Polifenol mampu mengusir radikal bebas di dalam tubuh dengan baik.

  • Quercetin
  • Kaempfrol
  • Myricetin
  • Cafein

Meski terdapat kafein, jumlahnya tidak sebanyak yang terdapat pada kopi, menurut salah satu sumber, kafein bermanfaat untuk melancarkan pertukaran darah ke otak.

  • Flavonoid
  • Vitamin K
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Glutamic Acid

Glutamic Acid adalah zat yang terkandung dalam daun teh dan akan menenangkan setelah mengonsumsinya

  • Mineral
  • Essential Oil

Unsur ini bermanfaat sebagai protein yang berperan dalam membentuk aroma, dan dapat digunakan untuk menurunkan kadar lemak.

Manfaat Daun Teh

Untuk dapat menikmati manfaat dan kegunaan dari daun teh, anda dapat memperolehnya dengan cara membuat seduhan tehnya, tanpa harus mengonsumsi langsung daun tehnya.

1. Menurunkan Berat Badan

Dikatakan oleh temuan penelitian oleh Journal Obesity, ekstrak daun teh yang terdapat pada olahan teh hijau mampu mencegah pembentukan lemak yang dapat mengakibatkan bertambahnya berat badan pada tubuh.

2. Mencegah Kanker

Antioksidan polifenol yang dapat ditemui dalam kandungan sebuah daun teh alami memiliki efek untuk melawan hadirnya penyakit kanker. Namun, hingga saat ini manfaat tersebut masih dalam studi lebih lanjut untuk memberikan hasil terbaik bagi tubuh.

3. Melawan Radikal Bebas

Daun teh selain memiliki kandungan polifeonol yang sangat ampuh dalam menangkal berbagai penyakit, juga mempunyai kandungan ORAC (Oxygen Radical Absorbance Capacity) yang sangat tinggi. Atas dasar inilah radikal bebas dapat ditangkal, karena radikal bebas dapat berbahaya untuk kebaikan DNA. Kerusakan yang diakibatkan radikal bebas ini erat kaitannya dengan penyakit jantung, kanker, bahkan deregenerasi syaraf.

4. Menjaga Kesehatan Gigi

Daun teh dapat juga digunakan untuk menjaga kesehatan gigi. Polifenol yang terkandung di dalamnya secara efektif membasmi plak yang menempel pada gigi. Plak yang dibiarkan akan merusak gigi, oleh karena itu mengonsumsi daun teh akan mengurangi kehadiran plak. Selain itu, kandungan Flouride juga akan membantu memperkuat gigi.

5. Meningkatkan Kinerja Metabolisme Tubuh

Daun teh hijau mengandung Polifenol katekin yang sangat berguna untuk pengeluaran energi dalam tubuh karena zat tersebut bersifat menghangatkan atau thermogenesis. Lemak yang dioksidasi dengan cepat dan sensitivitas insulin yang meningkat akan mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

6. Melindungi Kekokohan Tulang

Daun teh juga bermanfaat dalam melindungi kekukuhan sebuah tulang. Dibuktikan dalam sebuah penelitian yang membandingkan peminum teh, dengan non-peminum teh. Dari penelitian tersebut, didapatkna bahwa orang yang meminum teh akan mendapati tulangnya lebih kuat 10 tahun atau lebih dibandingkan dengan non-peminum teh. Hasil tersebut sudah mempertimbangkan faktor-faktor lainnya.

Faktor lain yang dimaksud adalah pola makan, pola olahraga, usia, berat badan, dan lainnya. Peneliti mempercayai bahwa kandungan phytochemical lah yang membantu melindungi kekukuhan tulang ini.

Baca juga: Inilah 9 Manfaat Daun Tin Yang Menakjubkan

Demikianlah manfaat dari daun teh yang sangat kaya akan faedahnya bagi kesehatan. Daun teh perlu dilestarikan agar semua orang dapat menikmati keuntungan yang dapat dipetik dari daun kecil ini.

Related For Wow, Inilah Kandungan & Manfaat Daun Teh Yang Belum Banyak Di ketahui