Menu

Kandungan & Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan

February 2, 2017 | Daun Daunan

Tanaman tempuyung umumnya ditanam sebagai tanaman hias di pekarangan karena daun dan bunganya memiliki bentuk yang menarik. Akan tetapi selain itu, tempuyung juga memiliki kegunaan lainnya. Tanaman tempuyung (Sonchus arvenshis L) memiliki daun berwarna hijau keungian, tepian daunnya bergerigi dan bergelombang tidak beraturan. Sochus arvenshis L dapat digunakan sebagai obat, terutama pada bagian daun. Bagian daun yang bergelombang inilah yang diecaya memiliki khasiat paling baik.

Faktanya, daun tempuyung telah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional, terlebih pada penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan karena sifat daun tempuyung sebagai peluruh (diuretik). Kandungan lain seperti mineral dan beberapa senyawa aktif dalam daun tempuyung juga dapat membantu menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

Manfaat daun tempuyung

Kandungan Daun Tempuyung

  • Saponin,
  • Flavonoid,
  • Polifenol,
  • Alfa-lactucerol,
  • Beta-lactucerol,
  • Inositol
  • Manitol
  • Kalium
  • Taraksasterol
  • Silika
  • Magnesium,
  • Natrium,
  • Kumarin (Skepoletin),
  • Asam Fenolat

Manfaat Daun Tempuyung

  1. Peluruh Batu Ginjal

Sifat diuretik pada daun tempuyung sangat efektif untuk membantu menjadikan pembuangan air kecil lebih lancar. Disamping itu, kandungan kalium yang tergolong tinggi pada daun tempuyung mampu mengurangi berat dan massa batu ginjal yang berupa kalsium karbonat larut di dalam urin. Penelitian yang sangat berpengaruh mengenai khasiat ini adalah milik Prof. Sarjito dari UGM tahun 1963.

Cara mengolah daun tempuyung menjadi obat peluruh batu ginjal adalah dengan mengambil daun tempuyung yang sudah kering sebanyak 150 mg. cucilah daun tempuyung tersebut hingga benar-benar bersih. Setelah itu, rebus daun tempuyung dengan air sebanyak 250 cc hingga mendidih. Setelah dirasa agak dingin, minum ramuan tersebut tiga kali dalam sehari hinggag penyakit sembuh.

  1. Obat Penyakit Saluran Kencing

Sifat Peluruh dari daun tempuyung menjadikan saluran buang air kecil anda menjadi lancar. Cara pengolahannya sangat sederhana sekali. Cukup ambillah daun tempuyung yang masih segar atau fresh kemudian cuci hingga bersi, setelah itu daun tempuyung dipanggang di bara api sejenak hingga sedikit layu. Terakhir, jadikan daun tempuyung yang sudah dipanggang tersebut sebagai lalapan.

  1. Kegemukan atau Obesitas

Kandungan dalam daun tempuyung mampu mengurangi dampak obesitas terhadap tubuh anda. Yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan daun tempuyung berjumlah 4 lembar, dan air bersih 100 ml. kemudian rebus daun tempuyung bersama 100 ml air hingga mendidih dan airnya cukup untuk satu gelas. Setelah dirasa dingin, diminum langsung dihabiskan. Lakukan terus hingga 21 hari untuk melihat hasil optimal.

  1. Obat Darah Tinggi

Darah tinggi atau hipertensi juga mampu dikontrol oleh khasiat daun tempuyung ini. Cara mengolahnya sangat sederhana. Pertama, siapkan 5-10 daun tempuyung, parutan kelapa secukupnya, dan belimbing wuluh sebagai campuran. Kemudian cuci bersih semua bahan, daun tempuyung diasapkan untuk kemudian dicampur dengan parutan kelapa, belimbing wuluhnya dipotong kotak untuk campuran lalapan. Kemudian makan dengan nasi putih hangat sebagai lalapan, disarankan untuk dimakan 3 kali dalam sehari.

  1. Mengobati Bisul

Kandungan senyawa aktif dalam daun tempuyung dipercaya dapat mengobati bisul. Anda dapat melakukannya dengan mengambil batang dan daun tempuyung, cuci hingga bersih. Setelah itu, tumbuklah sampai batang dan daun tempuyung tersebut halus. Kemudian, peras dan ambil airnya. Terakhir oleskan air perasan kedua bahan tersebut pada bagian yang terdapat bisulnya.

Baca juga: Wow, Inilah Kandungan & Manfaat Daun Teh Yang Belum Banyak Di ketahui

Nah, itulah manfaat dari daun tempuyung yang sudah sangat populer di kalangan masyarakat. Konsumsi sesuai aturan sangat dianjurkan karena kandungannya yang baik untuk tubuh, serta alami.

Related For Kandungan & Manfaat Daun Tempuyung Untuk Kesehatan