Menu

Inilah 9 Manfaat Daun Tin Yang Menakjubkan

January 28, 2017 | Daun Daunan

Daun Tin merujuk pada penyebutan daun tanaman yang bernama tin atau yang sering dikenal dengan daun buah ara. Daun buah ara atau daun tin ini dipercaya membawa berbagai manfaat yang besar bagi kesehatan manusia. Mengapa demikian, sebab daun tin memiliki berbagai kandungan yang sangat ampuh dalam kegunaannya bagi kesehatan manusia.

Kandungan Daun Tin

  • Polifenol sebagai Anti-oksidan
  • Benzaldehyde sebagai anti-tumor dan kanker
  • Coumarins sebagai anti-kanker dan tumor
  • Calcium
  • flavonoid

Manfaat Daun Tin

  1. Pemerkuat Tulang

Pertama, daun tin sangat bermanfaat untuk membuat tulang-tulang pada tubuh anda semakin kuat. Karena daun tin kaya akan kandungan kalsium sehingga tulang akan menjadi semakin kuat. Manfaat ini hampir sama dengan manfaat yang dihasilkan oleh susu yang juga akan memperkuat tulang anda.

  1. Sebagai Anti-Kanker

Daun Tin atau daun Ara ini juga sangat bermanfaat untuk menjadi anti-kanker. Unsur flavonoid dan Coumarins akan menghambat pertumbuhan zat yang menyebabkan kanker. Hingga kini manfaatnya masih diteliti karena kaitannya dengan kandungan polifenol sebagai anti-oksidan yang dipercaya menyembuhkan para penderita kanker.

  1. Menstabilkan Kembali Nafsu Makan

Daun tin bahkan sangat bermanfaat bagi anak-anak. Anak-anak yang cenderung susah makan dan pilih-pilih, akan stabil kembali nafsu makannya, karena daun tin mampu mengendalikan hormon-hormon yang  berkaitan dengan sistem pencernaan.

  1. Meredakan Sesak Nafas

Kegunaan daun tin lainnya yang berkaitan dengan kesehatan ialah meredakan sesak nafas atau asma. Bagi penderita asma yang sudah lama belum sembuh, mungkin bisa dicoba cara berikut.

Pilih dan siapkan daun tin seperlunya, kemudian rebus daun tin menggunakan air hingga mendidih. Setelah dirasa dingin, minum air rebusan ini hingga asma berangsur-angsur membaik.

  1. Menstabilkan Detak Jantung

Bagi anda yang didiagnosa detak jantungnya kurang stabil, anda tidak perlu khawatir, karena daun tin dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penderita dengan detak jantung kurang stabil akan merasa berdebar-debar dan membuat kurang nyaman. Dengan menggunakan daun tin, khasiatnya akan kembali menormalkan detak jantung anda.

  1. Membasmi Bakteri Jahat pada Tubuh

Daun tin akan bekerja layaknya prebiotik untuk menambah kadar bakteri baik di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Bakteri jahat yang ada pada tubuh akan dibunuh oleh kandungan nutrisi pada daun tin. Manfaat seperti ini mirip dengan manfaat yang diperoleh dari Yoghurt.

  1. Menambah Hemoglobin

Selain bayam, daun tin juga berguna untuk menambah produktivitas zat besi pada tubuh anda. Zat besi sangat penting untuk menjaga kadar hemoglobin, sehingga bagi yang memiliki kadar hemoglobin rendah, sangat disarankan mengonsumsi berbagai produk olahan daun tin.

  1. Obat Maag Alami

Daun tin dapat menjadi obat maag alternatif selain Antasidadoen yang merupakan obat generik. Daun tin dapat digunakan untuk mengobati maag secara alami dengan cara memotong tangkai daun tin terlebih dahulu, kemudian bersihkan dari getah yang tersisa. Setelah itu, kunyah dan telan daun tin yang telah dibersihkan tersebut

  1. Mencegah dan Menangani Diabetes

Diabetes dapat ditangani dan dicegah menggunakan ramuan olahan daun tin. Ramuan daun tin ini akan mengurangi jumlah asupan insulin. Oleh karena itu, sedikit demi sedikit kandungan gula dalam darah akan menjadi berkurang. Rekomendasi tersebut berasal dari The American Diabetes Association.

Baca juga: Manfaat dan Kandungan Daun Randu Untuk Kesehatan

Itulah manfaat dan kandungan dari daun tin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan mampu menjadi obat alternatif bagi sebagian penyakit. Imbangi dengan olahraga teratur, pola makan yang sehat, dan penggunaan daun tin yang sesuai dengan kebutuhan akan membuat anda menjadi semakin sehat bugar.

Related For Inilah 9 Manfaat Daun Tin Yang Menakjubkan