Menu

Inilah 10 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

February 6, 2017 | Daun Daunan

Ubi jalar atau yang biasa disebut ubi rambat merupakan tanaman yang mudah sekali tumbuh, ubi tanaman ini umumnya yang dimanfaatkan oleh kebanyakan orang. Namun tahukah anda bahwa daun dari ubi jalar ini memiliki segudang khasiat yang tidak banyak orang mengetahuinya. Banyak sekali kandungan berkhasiat dari daun ubi jalar yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan manusia.

Manfaat daun ubi jalar

Manfaat daun ubi jalar untuk kesehatan

  1. Daun ubi jalar sebagai obat bisul

Cara membuat obat bisul dari daun ubi jalar yaitu pertama ambillah 10 gram daun ubi jalar yang masih segar, kemudian anda harus mencuci daun tersebut hingga bersih, kemudian ditumbuk sampai lumat lalu ditempel kan pada bisul.

  1. Daun ubi jalar sebagai obat demam berdarah

Gunakanlah satu ikat daun ubi jalar, kemudian daun tersebut direbus dengan satu liter air, setelah rebusan tersebut dingin, saring dan langsung minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap harinya.

  1. Daun ubi jalar sebagai obat rabun 

Gunakanlah 1/2 genggam daun ubi jalar yang berwarna merah, kemudian daun tersebut dicuci bersih dan diparut, lalu campur dengan 3 sendok makan air masak dan juga 2 sendok makan madu. Selanjutnya diperas dan juga disaring terlebih dahulu. Minumlah air ramuan yang sudah anda saring tersebut kurang lebih 3 x sehari sampai sembuh.

  1. Daun Ubi jalar sebagai obat mabuk perjalanan

Gunakanlah ubi jalar secukupnya, kemudian cuci bersih, dan dimakan sedikit demi sedikit selama anda dalam perjalanan.

  1. Daun Ubi jalar sebagai Obat Diabetes melitus 

Gunakanlah 100 gram ubi jalar, kemudian cuci bersih, dan juga tambahkan 15 gram kulit labu bligo “benincasa hispida”, dan 50 gram biji alpukat, lalu direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, terakhir saring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.

  1. Daun Ubi jalar sebagai Obat Sakit tenggorokan

Ambillah daun ubi jalar secukupnya yang akan di perlukan sebagai bahan pengobatan. Kemudian di jemur hingga benar-benar kering, lalu di tumbuk hingga halus dan terakhir di seduh dengan air panas, lalu di minum pada pagi hari.

  1. Daun Ubi jalar sebagai obat cacingan dan susah buang air besar

Gunakanlah daun ubijalar secukupnya dan kemudian daun ubi jalar tersebut dibuat jus lalu diminum, serta bisa juga dengan cara merebus daun ubi jalar secukupnya kemudian anda dapat meminum air rebusan tersebut.

  1. Daun Ubi jalar sebagai Obat Bronchitis

Kandungan yang terdapat pada daun ubi jalar yakni vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya dapat membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar pun dipercaya dapat menghangatkan tubuh (bisa jadi karena rasa manis serta nutrisi lainnya).

  1. Daun Ubi jalar sebagai Obat Arthritis

Kandungan seperti betakaroten, magnesium, seng, dan juga vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang bagus untuk dapat mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar dapat dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

  1. Daun Ubi jalar sebagai obat kanker

Kandungan daun ubi jalar yang berfungsi sebagai pencegah dan juga dapat mengobati kanker yakni betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan juga vitamin C, sangat penting sebagai obat yang menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan juga kanker pada organ dalam manusia lainnya.

Baca juga: Inilah Beragam Manfaat Daun Talas Yang Akan Mengejutkan Anda

Demikian beberapa khasiat tersembunyi dari daun ubi jalar. Anda dapat mempraktikannya atau membuatnya sendiri dirumah. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda.

Related For Inilah 10 Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan