Menu

Inilah 6 Manfaat Tersembunyi Daun Vanili Untuk Kesehatan

February 28, 2017 | Daun Daunan

Vanili merupakan sejenis tanaman yang  masih masuk dalam kategori  famili anggrek, tapi hidupnya merambat seperti ubi jalar. Vanili memiliki daun yang memiliki banyak keistimewaan untuk kesehatan sekaligus kecantikan.

Ciri-ciri daun vanili

Daun vanili berbentuk pipih, berbentuk bulat panjang dan juga runcing. Daun vanili berwarna hijau tua agak tebal. Panjang daunnya sekitar 9-22 cm dan lebarnya 3,5 –7 cm.

Manfaat daun vanili

Manfaat Daun Vanili

  1. Daun vanili sebagai penambah aroma pada kue dan juga bahan makanan 

Daun vanili dapat dibuat menjadi ekstrak vanili dan juga bisa dicampurkan ke dalam bahan kue serta bahan masakan. Manfaat dari penambahan daun vanili ini bagi masakan dan juga kue kue yakni sebagai penambah aroma dan juga penambah cita rasa. Biasanya daun vanili juga dicampurkan dalam minuman, misalnya coklat, teh dan jugaminuman lainnya, fungsinya yakni untuk memperkuat dan juga memperkaya cita rasa dari minuman tersebut.

  1. Daun vanili sebagai pewangi ruangan, dan juga pewangi pada bahan makanan

Daun vanili merupakan salah satu dari jenis dedaunan yang mempunyai wangi yang khas. Daun vanili biasanya diolah dan juga diekstraksi secara khusus untuk dijadikan sebagai bahan utama pewangi ruangan ataupun parfum mobil. Beberapa pabriik parfum terkenal pun juga menambahkan aroma dari daun vanili tersebut untuk produk parfumnya, yang dapat menciptakan wewangian yang khas dan juga sangat menarik siapapun yang menciumnya.

  1. Daun Vanili sebagai aromaterapi

Selain dapat dimanfaatkan sebagai parfum, wangi dari daun vanili pun juga sering dimanfaatkan sebagaiaromaterapi. Sudah banya jenis aromaterapi, dalam bentuk spray ataupun semprot dan juga lilin aromatherapy yang juga memanfaatkan daun vanili untuk diekstrak wanginya menjadi salah satu aromaterapi.

  1. Daun vanili sebagai anti inflamasi

Bagi kesehatan, apabila daun vanili diolah dan juga dikonsumsi sendiri, daun vanili mempunyai manfaat bagi kesehatan. Manfaat kesehatan yang pertama dari daun vanili yakni sebagai salah satu ramuan yang dapat mencegah peradangan, ataupun sering dikenal dengan istilah anti inflamasi. Dengan mengkonsumsi ramuan ataupun campuran dari daun vanili tersebut, maka tubuh anda dapat terhindar dari jenis-jenis peradangan, misalnya radang tenggorokkan, radang usus, radang lambung, dan jenis peradangan lainnya.

  1. Daun vanili sebagai antioksidan alami

Daun vanili juga mempunyai peran yang amat sangat penting sebagai salah satu antioksidan yang alami. Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu anda menangkal radikal bebas, dan juga memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh anda. Dengan adanya antioksidan alami ini, maka tubuh andaakan terhindar dari berbagai macam penyakit. Salah satunya yakni kanker, serta dapat juga mencegah munculnya tanda-tanda penuaan, seperti elastisitas kult yang menurun, kulit kasar dan juga kusam serta manfaat bagi kesehatan lainnya.

Baca juga: Wow Inilah 11 Manfaat Daun Tebu Yang Mengejutkan

  1. Daun vanili dapat mengurangi rasa mual, terutama bagi ibu hamil

Daun vanili juga yang sangat baik untuk ibu hamil. Jika diolah bersamaan dengan biji vanillanya, maka daun vanili bisa membantu untuk mengurangi rasa mual, terutama rasa mual yang sedang dirasakan oleh ibu hamil. Umumnya rasa mual yang sering dialami oleh para ibu hamil tersebut merupakan salah satu gejala yang anda kenal dengan istilah morning sickness, dimana akan muncul rasa mual dan juga rasa ingin muntah pada ibu hamil. Dengan memanfaatkan ramuan daun vanili dan juga biji vanillanya, maka gejala mual ini dapat mereda dengan signifikan.

Demikian di atas adalah ulasan mengenai manfaat dari daun vanili. Semoga bermanfaat.

Related For Inilah 6 Manfaat Tersembunyi Daun Vanili Untuk Kesehatan