Menu

Inilah Manfaat Daun Walang Yang Perlu Anda Ketahui

March 21, 2017 | Daun Daunan

Kebanyakan orang menggunakan daun walang untuk tambahan dalam pembuatan ramuan umpan penangkap ikan. Mungkin banyak dari pembaca yang belum familiar dengan daun walang. Untuk itu, di bawah ini kami akan mengulas lebih detail mengenai daun walang ini. Silahkan disimak.

Ciri-ciri daun walang

Daun walang merupakan daun dari tumbuhan terna dengan tinggi rata-rata dapat mencapai 1,5 cm. Bau daun ini mirip dengan binatang  Walang Sangit jika diremas baunya sangat menusuk di hidung.

Manfaat daun walang

Manfaat daun walang

  1. Daun walang sebagai obat bau badan

Ternyata batang daun walang mengandung 96% Aldehida minyak Astiri yang dapat digunakan sebagai obat. Yakni sebagai obat tradisional daun walang dapat digunakan sebagai obat dalam menghilangkan aroma bau badan, cara membuat ramuan dari daun walang untuk menghilangkan bau badan yaitu dengan cara pertama bahan daun Walang direbus dengan air sebangyak 6 gelas , kemudian direbus hingga disisakan menjadi 3 gelas, lalu anda dapat meminum airnya selama  3 kali sehari. Sehingga dengan 3 kali minum ramuan ini saja bau badan anda akan hilang.

Bau badan terkadang tidak pernah anda sadari sebab anda tidak merasakan bau badan anda sendiri, padahal orang lain telah terngganggu oleh badan anda. Maka dari itu ramuan ini sangat rekomended bagi anda yang sedang mengalami masalah dalam bau badan. Sehingga anda akan lebih percaya diri dan juga lebih maksimal dlam menjalankan aktifitas sehari-hari.

  1. Dau walang sebagai bahan dalam resep makanan

Tahukah anda jika daun walang merupakan salah satu bahan rempah-rempah yang digunakan dalam pembuatan makanan khas, salah satunya yakni masakan khas yang berasal dari Banten yang di sebut ” Angeun Lada “. Makanan khas ini  merupakan makanan yang mempunyai campuran daun walang sebagai tambahan dalam bumbu yang beraroma khas dan juga kuat. Sehingga masakan yang menggunakan daun walang akan memiliki aroma dan citarasa tersendiri.

Tanaman walang ternyata juga bisa dibudidayakan, terutama dengan menanamnya di media pot. Hal ini dapat anda lakukan di pekarangan rumah anda tanpa memakan banyak tempat. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan melakukan budidaya tanaman walang karena tanaman ini memiliki beberapa manfaat ataupun berkhasiat bagi kesehatan.

Daun walang juga dapat dimanfaatkan sebgai pembuatan ramuan umpan jitu untuk memamcing. Ada beberapa cara yang dapat anda coba dalam pengaplikasian tanaman walang pada umpan ikan, bandul, dan paralak/ bandul tabur sebar sebagai makanan ikan. Hal ini dapat mempengaruhi hasil tangkapan yang akan anda peroleh sehingga akan memiliki perbedaan yang sangat cukup signifikan.

Cara jitu membuat umpan ikan dari daun walang

Kebanyakan tanaman Walang hanya digunakan pada umpan lumut/lukut sebagai makanan ikan. Cara meramunya pun juga sangat cukup sederhana dengan meremas daun walang atau daun walang diblender lalu diperas. Anda dapat mengambil air perasannya dan kemudian satukan bersama umpan lumut/lukut yang telah dipersiapkan. Air perasan daun walang tersebut dapat juga anda gabung bersama bandul dan juga paralak sebagai umpan makanan ikan. Khususnya untuk paralak, sebaiknya paralak anda rendam selama kurang lebih 2 jam dahulu dengan air perasan, lalu anda jemur hingga kering di bawah sinar matahari.

Baca juga: Inilah 6 Manfaat Daun Waru Untuk Kesehatan

Demikian beberapa manfaat dan juga khasiat dari tanaman walang, mulai dari daun walang sebagai essen alami memancing ikan nila, penghilang bau badan, dan juga sebagai bahan rempah pembuatan masakan khas. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat dan silahkan mencobannya untuk mendapatkan manfaat dari daun walang.

Related For Inilah Manfaat Daun Walang Yang Perlu Anda Ketahui