Menu

Manfaat Jahe dan Kencur untuk Obat Batuk

April 30, 2016 | Campuran Jahe

Dalam beberapa kasus, batuk memang bukan sakit yang berat, tetapi walaupun begitu, tentunya cukup menjengkelkan. Pada umumnya, batuk terjadi karena adanya infeksi di saluran pernapasan di bagian atas dan merupakan gejala flu. Tetapi, batuk juga bisa terjadi karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian bawah dan merupakan indikasi dari alergi, TBC atau asma.

batuk

Batuk bukanlah suatu penyakit. Batuk merupakan salah satu cara tubuh dalam mengobati masalah pernapasan seperti tersedak atau iritasi. Batuk itu sendiri terdiri dari tiga jenis, yaitu batuk khusus, batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk khusus adalah batuk biasanya disebabkan oleh beberapa hal seperti asma, TBC atau karena adanya polusi udara yang besar. Batuk kering merupakan batuk yang tidak diikuti dengan adanya lendir atau dahak dan biasanya terasa sangat menyakitkan dan tenggorokan gatal.

Sedangkan batuk berdahak merupakan batuk yang diikuti dengan adanya ledir yang berwarna kehijauan atau kuning karena adanya infeksi pada saluran pernapasan bagian dalam. Batuk jenis ini dapat membantu karena sebenarnya membantu dahak agar keluar dari paru-paru.

Batuk dapat disembuhkan dengan meminum beberapa obat-obatan yang banyak dijual di toko-toko. Terdapat beberapa kelompok obat batuk berdasarkan mekanisme kerjanya, antara lain sebagai berikut:

  1. Zat pelunak batuk yang dapat memberi ‘pelumas’ pada tenggorokan supaya tenggorokan tidak kering.
  2. Ekspektoransia berperan dalam memperbanyak dahak yang encer sehingga mengurangi kekentalan dahak dan mudah mengeluarkannya melalui batuk
  3. Mukolitika mampu melarutkan dahak sehingga mudah untuk mengeluarkannya
  4. Antihistaminika memiliki efek sedatif yaitu meredakan dan menenangkan
  5. Anestetika lokal yang menghambat diteruskannya rangsangan batuk menuju ke pusat batuk

Efek samping penggunaan obat batuk berbahan kimia

Menggunakan obat-obatan dapat mempercepat sembuhnya batuk. Namun juga dapat memberikan efek negatif terhadap penderita batuk, diantaranya adalah timbulnya rasa kantuk sehingga beresiko tidak bisa melanjutkan pekerjaan yang tengah dilakukannya.

Disamping itu, jika obat batuk digunakan secara berlebihan dalam artian melebihi dosis, dapat mengurangi konsentrasi, menyebabkan mual bahkan muntah dan pusing.

Cara alami menyembuhkan batuk dengan jahe dan kencur

Sebenarnya bukan hanya obat-obatan kimia saja yang dapat dijadikan obat batuk, tetapi kita juga bisa menggunakan toga (tanaman obat keluarga) untuk mengatasi batuk ini. Bahan-bahan yang dapat digunakan adalah jahe dan kencur yang efektif dalam mengobati batuk berdahak.

Jahe dan kencur dapat memberikan rasa hangat. Rasa hangat ini mampu ‘menyapu’ dan melegakan tenggorokan sehingga juga mampu untuk meredakan batuk. Pada batuk berdahak, jahe dan kencur memiliki kandungan alami yang mampu mengencerkan dahak sehingga penderita batuk berdahak tidak perlu meminum obat pengencer batuk.

Jahe dan kencur juga memiliki kandungan anti bakteri dan memiliki kemampuan untuk menyingkirkan bakteri penyebab batuk. Cara membuat ramuan jahe dan kencur ini juga mudah, yaitu:

  1. Siapkan jahe dan kencur secukupnya dan bersihkan
  2. Parut jahe dan kencur. Pilihan lain jika tidak diparut adalah dengan mengirisnya
  3. Rebus hasil parutan atau irisan jahe dan kencur tersebut
  4. Saring air hasil rebusan jahe dan kencur, beri gula sesuai selera lalu minum ketika ramuan masih hangat

Demikian manfaat jahe dan kencur untuk obat batuk. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

 

 

Related For Manfaat Jahe dan Kencur untuk Obat Batuk