Menu

Manfaat Jahe dan Temulawak

May 3, 2016 | Campuran Jahe

Temulawak dan jahe bukanlah benda asing bagi masyarakat Indonesia. Sebagai rempah-rempah, kedua tanaman ini memiliki banyak manfaat. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai manfaat temulawak dan jahe.

  1. Temulawak

Nama latin dari temulawak adalah Curcuma xanthorrhiza. Tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah hingga ketinggian 1500 meter dpl. Tanaman yang kaya akan manfaat ini juga tumbuh subur di atas tanah yang gembur dan memiliki tinggi hingga 2 meter dengan bunga berwarna kuning.

Jahe dan temulawak

Manfaat Dari Temulawak

Temulawak mengandung senyawa kimia herbal antara lain mineral, kurkumin, minyak atsiri dan karbohidrat. Salah satu manfaat dari temulawak adalah merangsang nafsu makan.

Temulawak dapat merangsang nafsu makan karena temulawak mengandung minyak atsiri yang bisa memberikan efek karminativum yang mampu membangkitkan nafsu makan.

Selain dapat membangkitkan nafsu makan, temulawak juga dapat mengatasi radang sendi karena temulawak bersifat anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini ada karena temulawak mengandung kurkumin dimana jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon, yaitu zat yang biasanya digunakan untuk mengobati radang sendi.

Manfaat lain yang dimiliki oleh temulawak adalah menurunkan lemak dalam darah yang dilakukan oleh kurkuminoid. Kurkuminoid ini dapat juga menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Kurkumin yang berada dalam temulawak juga dapat menjadi antioksidan sehingga dapat memelihara kesehatan tubuh. Manfaat lain dari temulawak untuk kecantikan adalah mengatasi jerawat.

Baca juga:  Cara Mengolah Jahe dan Mengkudu untuk TBC

  1. Jahe

Jahe memiliki aroma yang khas sehingga sangat mudah untuk dikenali. Tanaman yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini memiliki rasa yang pedas karena adanya senyawa keton yang bernama zingeron.

Jahe adalah tanaman rimpang yang berbentuk jemari dan menggembung di ruas-ruas tengah. Jahe terdiri dari tiga jenis, yaitu jahe kuning yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan, jahe merah yang memiliki kulit warna merah dan jahe gajah atau jahe badak yang memiliki bentuk besar namun rasanya tidak terlalu pedas.

Manfaat Dari Jahe

Bagi sebagian orang yang sering mabuk dalam perjalanan, jahe bisa menjadi solusi untuk mengatasi mabuk. Selain itu, jahe juga bisa mengobati sakit gigi yakni dengan menggosokkan jahe mentah pada gigi yang sakit atau bisa juga dibuat menjadi wedang jahe.

Manfaat lain dari jahe adalah menghilangkan sakit kepala, karena jahe mengandung anthistamin dan anti inflamasi. Jahe juga bisa mengatasi batuk dan sakit tenggorokan karena jahe juga terkenal sebagai obat ayuverdic.

Selain itu, jahe juga dapat menurunkan kolesterol dan membuang racun dalam tubuh. Bahkan jahe juga dapat memerangi sel kanker karena nutrisi yang ada pada jahe dapat membantu meredam perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh.

Dan tak lupa juga, bagi kebanyakan wanita yang rata-rata selalu memperhatikan penampilan, jahe dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Nah, demikian ulasan mengenai beberapa manfaat temulawak dan jahe. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Related For Manfaat Jahe dan Temulawak