Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk Batuk

February 12, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Inilah Penjelasan Tentang Manfaat Jahe Merah Untuk Batuk Kering Maupun Batuk Berdahak

Manfaat jahe merah untuk batuk  merupakan salah satu manfaat yang bisa didapat dari tanaman yang juga memiliki banyak khasiat lain ini. Jahe merah merupakan salah satu varietas dari tanaman jahe atau Zingiber officinale; varietas jahe merah disebut dengan nama varietas rubrum rhizoma. Seperti tanaman jahe jenis lain; jahe merah merupakan jenis tanaman rimpang atau temu – temuan dari suku Zingiberaceae; nama latin Zingiber officinale diberikan oleh Willian Roxburgh. Jahe lazim digunakan sebagai bahan jamu atau obat – obatan herbal serta digunakan sebagai bumbu masakan  dan bahan minuman. Rasa jahe yang khas berupa rasa pedas dan menimbulkan rasa hangat ketika dikonsumsi membuat tanaman ini populer sebagai bahan pembuat minuman hangat.

Manfaat jahe merah untuk batuk

Khasiat Jahe Merah Untuk Mengobati Batuk

Bagian dari tanaman jahe merah yang dimanfaatkan untuk keperluan dikonsumsi adalah bagian rimpang atau akarnya. Karena batang tanaman jahe pada dasarnya adlah batang semu yang sama fungsinya dengan daun. Akar rimpang yang berbentuk seperti jari dengan ruas tengah yang membesar merupakan bagian utama dari tanaman jahe; akar ini dugunakan untuk menyimpan berbagai macam zat makanan cadangan yang dimiliki. Manfaat jahe merah untuk batuk adalah dengan menggunakan akar rimpang jahe merah untuk digunakan sebagai bahan membuat jamu atau obat herbal tradisional untuk mengobati batu. Rasa hangat di badan dan pedas yang dirasakan merupakan salah satu efek mengkonsumsi jahe merah yang dapat meringankan gejala batuk. Di sisi lain; rimpang tanaman jahe merah tersebut memiliki berbagai macam kandungan zat dan senyawa yang menjai bahan berbagai macam obat – obatan modern sehingga mengkonsumsi jahe merah dapat dikatakan sama dengan mengkonsumsi obat – obatan hanya saja dalam versi herbal atau alami. Salah satu keuntungan mengkonsumsi obat herbal adalah minim atau bahkan tanpa efek samping yang merugikan kesehatan secara keseluruhan.

Kandungan Akar Rimpang Jahe Merah

Pengetahuan atau informasi mengenai kandungan zat dan senyawa di dalam akar rimpang jahe merah akan memberikan gambaran singkat mengenai manfaat jahe merah untuk batuk dan juga berbagai macam penyakit lain. Rasa pedas dan hangat yang akan langsung dirasakan ketika mengkonsumsi jahe merah disebabkan oleh kandungan senyawa keton yang disebut dengan zingeron. Selain itu; ada berbagai macam kandungan senyawa alami seperti minyak terbang atau gingerol. Ada beberapa jenis gingerol yang terkandung dalam jahe merah seperti limonene, arginine dan chlorogenic acid. Minyak menguap atau volatile oil dan minyak tidak menguap atau non volatile oil merupakan kandungan lain yang terdapat dalam rimpang jahe merah. Sedangkan minyak atsiri merupakan salah satu kandungan utama yang memberikan aroma dan rasa khas pada rimpang jahe merah. Kandungan berbagai macam zat dan senyawa alami tadi merupakan alasan didapatnya manfaat jahe merah untuk batuk.

Mengatasi Batuk Dengan Jahe Merah

Jahe merah dapat dimanfaatkan untuk meringankan dan mengobati berbagai macam jenis batuk. Kandungan berbagai macam zat aktif dan senyawa di dalam jahe merah menjadi alasan mengapa rimpang jahe merah dapat digunakan untuk mengobati berbagai jenis batuk. Manfaat jahe merah untuk batuk bisa didapat karena ada manfaat – manfaat umum dari jahe merah bagi kesehatan seperti meningkatkan daya tahan tubuh, menambah stamina serta menghangatkan tubuh. Regenerasi sel – sel tubuh yang rusak karena penyakit juga akan terbantu dengan mengkonsumsi jahe merah. Untuk batuk yang menyertai flu; rasa pusing dan pegal – pegal yang menyertai juga dapat dihilangkan dengan mengkonsumsi jahe merah.

Beberapa Resep Obat Batuk Berdahak Dan Batuk Kering Berbahan Jahe Merah

Salah satu cara mendapatkan Manfaat jahe merah untuk batuk dapat diperoleh dengan membuat jamu atau obat herbal dengan bahan jahe merah sebagai salah satu bahan utamanya. Berikut ini beberapa ramuan obat herbal berbahan jahe merah untuk mengatasi batuk dengan jenis tertentu. Batuk berdahak dapat diobati dengan membuat jamu atau obat herbal dengan bahan jahe merah, kencur serta daun sirih. Siapkan satu ruas jahe merah dan satu ruas kencur; kemudian parut kedua bahan tersebut hingga halus untuk kemudian direbus dengan segelas air hingga mendidih bersama – sama dengan 5 lembar daun sirih. Minum ramuan dengan keadaan hangat 2 kali sehari; menambahkan jeruk nipis juga dianjurkan untuk mendapatkan efek membantu mengeluarkan dahak yang ada di tenggorokan.

Untuk mengatasi batuk kering; jahe merah dapat dikombinasikan dengan kunyit dan merica. Cara membuat obat herbal batuk dengan bahan – bahan tadi adalah dengan memarut satu ruas jahe merah dan satu ruas kunyit untuk kemudian direbus dalam satu gelas air hingga mendidih.  Tambahkan bubuk merica sebanyak setengah sendok teh ke dalam rebusan dan diaduk hingga tercampur merata. Minum ramuan dengan kondisi hangat 2 kali sehari pagi dan sore.

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk Batuk