Menu

Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Hamil

January 9, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Manfaat jahe merah untuk ibu hamil  sangat menarik untuk dicari tahu kebenarannya. Umumnya jahe merah hanya digunakan untuk mengobati beberapa penyakit ringan seperti batuk, sakit kepala, atau rematik. Namun, saat ini beredar informasi yang mengatakan bahwa jahe merah juga memiliki khasiat khususnya untuk ibu hamil. Bagi anda yang hanya mengetahui bahwa jahe merah berguna untuk menghangatkan badan atau mengatasi meriang pada badan, kali ini saatnya anda menambah informasi mengenai beberapa kegunaan jahe merah untuk ibu hamil. Beberapa dari anda mungkin berfikir bahwa jahe merah akan memberikan efek samping pada ibu hamil, namun kutipan dari Hamilmu.blogspot.com mengatakan bahwa jahe sebenarnya memiliki banyak khasiat yang dapat menyehatkan tubuh.

Manfaat jahe merah untuk ibu hamil

Manfaat Jahe Merah untuk Pencernaan Ibu Hamil

Saat hamil, seorang ibu pasti mengalami keadaan atau kondisi pencernaan yang kurang nyaman, seperti mual dan sebagainya. Seorang ibu hamil pasti mengalami mual yang berlebihan saat hamil karena adanya kontraksi pada perut. Hal ini tentunya sangat mengganggu karena akan menyebabkan seorang ibu hamil tidak memiliki nafsu makan yang baik. Apabila anda sedang hamil dan mengalami kondisi yang tidak menyenangkan seperti ini, anda bisa menggunakan jahe merah untuk mengatasinya. Jahe memiliki kandungan senyawa dan unsur yang dapat menahan serotonin bekerja. Serotonin mampu menimbulkan rasa mual pada ibu hamil, maka dari itu, mengkonsumsi air rebusan jahe merah selama hamil dapat memberikan hasil yang positif. Terkadang, seorang ibu hamil juga mengalami kram perut yang menyakitkan, dengan manfaat jahe merah untuk ibu hamil, rasa nyeri tersebut akan hilang sedikit demi sedikit.

Manfaat Jahe Merah Lainnya untuk Ibu Hamil

Selain digunakan untuk mengatasi mual dan nyeri perut pada ibu hamil, ada Manfaat jahe merah untuk ibu hamil lainnya.beberapa manfaat lainnya dari rimpang jahe merah yang berguna bagi kesehatan ibu hamil. Jahe merah berfungsi sebagai anti-oksidan. Saat hamil, pasti anda mengingkan kondisi yang sehat begitu juga pada calon bayi anda. Yang sulit dihindarkan adalah radikal bebas di sekitar kita yang merupakan sumber penyakit berbahaya. Maka dari itu, saat hamil, usahakan mengkonsumsi jahe merah yang dapat menetralkan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Mudah lelah adalah kondisi yang umum dialami oleh ibu hamil. Untuk meningkatkan stamina selama masa kehamilan, mengkonsumsi wedang jahe merah setidaknya 3 kali sehari sangat bagus untuk membantu anda terhindar dari rasa nyeri, pegal-pegal, dan bahkan migrain. Jahe merah juga memiliki fungsi lain dalam memperkuat pencernaan seorang ibu hamil. Gas-gas di dalam perut yang terkadang membuat sulit makan akan diusir oleh senyawa yang terdapat dalam jahe merah. Cara mengkonsumsinya sangat mudah, anda hanya cukup merebus rimpang jahe merah dalam air mendidih kurang lebih 30 menit. Demikianlah ulasan tentang manfaat jahe merah untuk ibu hamil.

Peringatan:
Meskipun jahe merah banyak manfaatnya untuk ibu hamil dan meskipun belum ada bukti kuat yang menyebutkan bahwa jahe merah bisa membahayakan kehamilan, sangat di anjurkan untuk konsultasi kepada bidan atau dokter kandungan anda.

Di saat hamil, sebaiknya konsumsi jahe secukupnya atau dalam takaran yang wajar, seperti di kutip dari webmd.com,  jangan konsumsi jahe merah lebih dari 5 gram perhari dan jangan mengkonsumsi jahe jika anda memiliki gangguan pendarahan.

Jahe merah akan bermanfaat bagi ibu hamil jika menggunakan atau mengkonsumsinya secara tepat. Dan mungkin akan berbahaya jika  mengkonsumsinya secara tidak tepat. Sekali lagi sebelum mengambil keputusan untuk mengkonsumsi jahe merah dan produk produk berbahan dasar jahe merah disaat kehamilan, Konsultasikan dulu kepada bidan atau dokter kandungan anda.

Related For Manfaat Jahe Merah untuk Ibu Hamil