Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk Influenza

January 10, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Manfaat Herbal alami jahe merah untuk mengatasi influenza

Manfaat jahe merah untuk influenza  juga besar. Jahe merah memiliki khasiat menaikkan imunitas penderita influenza . Dengan naiknya imunitas tersebut, penderita influenza dapat mengalahkan virus yang menyerang. Kandungan minyak tidak menguap dalam jahe merah yang disebut oleoresin, yaitu komponen yang memberikan rasa pahit dan pedas, mampu memberi efek hangat dan melegakan pernafasan bagi penderita influenza.

Manfaat jahe merah untuk influenza

Gejala Dan Penyebab Penyakit Influenza

Influenza merupakan penyakit infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh virus influenza yang mudah menular. Penularan virus dapat terjadi melalui udara pada saat orang berbicara, batuk dan bersin. Bagi banyak orang, penyakit ini sering dianggap penyakit yang ringan. Padahal penyakit ini dapat menjadi penyakit epidemik. Penyebab influenza adalah virus influenza yang berasal dari famili Orthomyxoviridae. Sejauh ini ada lima jenis virus influenza, yaitu tipe A,B,C, virus influenza isavirus dan virus influenza thogotovirus. Dari kelima virus influenza yang berbahaya bagi manusia adalah virus influenza A, B dan C.

Gejala utama dari penyakit influenza adalah : demam dengan suhu antara 38-40 derajat celcius, tubuh mengigil dan kedinginan, sakit kepala, sakit otot dan rasa ngilu pada sendi, sesak nafas dan nyeri dada ; lemah, lelah dan nafsu makan hilang; sakit tenggorokan dan hidung berair; susah tidur dan batuk kering.

Pengobatan Tradisional Untuk Influenza

Dengan beragam kandungan zat yang bermanfaat dalam jahe merah, rimpang merah muda ini dapat dimanfaatkan khasiatnya sebagai obat influenza. Manfaat jahe merah untuk influenza dengan dengan membuat ramuan dari jahe merah yang direbus ke dalam air, tambahkan juga gula merah sebagai pelengkap rasa. Rasa hangat dan pedas serta kandungan minyak atsiri dalam jahe merah yang dikonsumsi sebagai ramuan untuk influenza dapat meringankan sakit otot dan ngilu pada persendian, melonggarkan pernafasan karena khasiat jahe merah yang dapat melebarkan pembuluh dan sirkulasi darah, menghangatkan tubuh, meredakan sakit kepala, menaikkan imunitas tubuh sehingga berpengaruh untuk kesegaran tubuh, meredakan sakit tenggorokan dan melonggarkan hidung yang tersumbat, juga meredakan batuk. Dengan kondisi tubuh yang sudah lebih baik karena efek dari khasiat jahe merah, tidur juga akan nyenyak. Istirahat yang tenang akan membantu penyembuhan penyakit influenza.

Berdasarkan beberapa penelitian, dalam minyak atsiri jahe merah terdapat unsur-unsur : cineol, n-nonylaldehyde, methyl heptenone, d-β phellandrene, d-camphene , geraniol,, d-borneol, acetates dan citral, caprylate, dan zingiberene, linalool, chavicol. Bahan-bahan tersebut merupakan sumber bahan baku terpenting dalam industri farmasi dan obat-obatan.

Banyaknya kandungan minyak atsiri dalam jahe merah dipengaruhi oleh umur tanaman. Artinya, semakin tua umur jahe merah tersebut, maka semakin tinggi kandungan minyak atsirinya. Selain umur tanaman, kandungan minyak atsiri jahe juga dipengaruhi oleh umur panen. Dengan beragam kandungan yang berkhasiat dalam jahe merah, maka pantas jika ada manfaat jahe merah untuk influenza.

Baca Juga: Manfaat jahe merah untuk wanita

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk Influenza