Menu

Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

January 9, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan – Jahe merupakan jenis dari tanaman apotik hidup yang mempunyai banyak khasiat, utamanya bagi kesehatan. Ada banyak jenis dari jahe, salah satunya yakni jahe merah. Tanaman rimpang yang didominasi oleh warna merah ini mempunyai manfaat banyak sekali. Meskipun bentuknya kecil tapi khasiatnya tidak sama seperti ukuran yang dimilikinya. Jahe berasal dari Asia Pasifik yang dulunya sering digunakan untuk minuman, bahan masakan, hingga obat-obatan tradisional.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

Rimpang jahe merah mengandung banyak senyawa yang berkhasiat bagi kesehatan dan memberikan rasa pedas saat dikonsumsi. Senyawa yang terkandung dalam jahe merah yakni zingeron, shogaol dan gingerol. Jahe merah juga mengandung minyak atsiri dan oleoresin sebesar 1-4 %. Dalam minyak atsiri sendiri terkdandung banyak senyawa seperti zingerberin, lemonin, kamfena, zingiberal, asam aksolat dan masih banyak lainnya sehingga banyak orang menggunakaan jahe merah untuk keperluan kesehatan. selain itu Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan Jahe merah juga baik untuk membangkitkan nafsu makan dan dapat merangsang kelenjar pencernaan. Jahe merah yang biasanyanya digunakan sebagai bumbu masak mempunyai khasiat selain untuk menumbuhkan nafsu makan juga berkhasiat untuk memperkuat lambung karena selaput lendir pada perut besar dan usus dirangsang oleh minyak atsiri yang dikeluarkan oleh rimpang jahe merah. Jahe merah juga berkhasiat untuk mengobati masuk angin, mabuk kendaraan, dan masih banyak lainnya. Beberapa manfaat jahe merah untuk kesehatan lainnya yaitu:

Mengobati Batuk

Dikutip dari sitkes.com, Jahe merah mengandung flavonoid yang mempunyai sifat anti-infllamasi sehingga bisa megobati batuk dan radang tenggorokan. Kandungan gingerol nya juga dapat memberikan perasaan lega pada tenggorokan dan bisa mengencerkan dahak atau bisa juga berfungsi untuk ekspektorian. Caranya yaitu dengan memotong jahe merah menjadi beberapa bagian lalu rebus dengan 4 gelas air putih dan campurkan satu sendok madu. Minum 3 kali sehari.

Mengobati Nyeri Sendi

Kandungan flavonoid dalam jahe merah sebagai anti  inflamasi (peradangan) juga berkhasiat untuk mengobati nyeri sendi. Bahan yang perlu anda siapkan yakni jahe merah yang masih segar 3 cm, temulawak  3cm, kumis kucing 30 gr, cabe jawa 20 gr. Cuci bersih semua bahan tersebut, potong-potong menjadi kecil kemudian rebus dalam air mendidih hingga menyisakan menjadi 2 gelas saja, setelah menjadi dua gelas, saring ampasnya. Minumlah segelas ramuan tersebut tiap pagi dan sore hari.

Mengobati Asma

Jahe merah juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asma, caranya yaitu dengan menyiapkan jahe merah segar 20 gr, daun sambiloto 30 gr, daun randu 30 gr, daun lampes 20 gr, air minum 4 gelas. Kemudian cuci bersih semua bahan tersebut dan potong kecil-kecil. Kemudian rebus hingga menyisakan dua gelas, lalu saring. Minum segelas ramuan tersebut sehari dua kali pada pagi dan sore hari. Untuk rasa yang lebih segar anda bisa menambahkan jahe atau perasan jeruk nipis.

Baca Juga: Manfaat jahe merah untuk kecantikan

Related For Khasiat Dan Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan