Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk Masuk Angin

January 10, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Salah satu manfaat jahe merah: Untuk mengatasi masuk angin

Manfaat jahe merah untuk masuk angin  sudah populer di kalangan masyarakat. Umbi jahe jenis ini diketahui mengandung minyak atsiri yang terdiri dari zingiberen,kamfena, gingeral, zingeberin, lemonin, shogool, zingiberal. Zat yang lainnya lagi yaitu asam aksolat, pati, gingerin, asam organik, asam malat, minyak dammar. Jahe merah memiliki beragam manfaat untuk beragam penyakit. Salah satunya untuk penyakit masuk angin. Penyakit ini sebenarnya bukan penyakit yang berat, masuk angin adalah hal yang umum dan bisa menyerang siapa saja.

Manfaat jahe merah untuk masuk angin

Gejala Penyakit Masuk Angin

Badan deman hingga terasa menggigil kedinginan adalah gejala umum yang dialami jika sedang masuk angin. Kepala pusing, tubuh juga terasa tidak terasa bersemangat, merasa capek, loyo, lelah. Gejala masuk angin juga disertai dengan cegukan, perut kembung, sering mengantuk; deman, diare, pilek, mual dan muntah, berkeringat dingin, nafsu makan juga berkurang. Dalam kondisi semacam ini, mengeluarkan kentut maupun bersendawa tidak bisa dilakukan. Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab masuk angina adalah karena suhu udara malam yang terlalu dingin, AC ruangan terlalu dingin, atau terkena angin saat tubuh tidak fit.

Pengobatan Masuk Angin

Sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan jika mengalami gejala masuk angin adalah dengan menghangatkan diri. Kenakan baju hangat dan konsumsi jahe merah bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama. Jahe merah juga berfungsi sebagai obat. Jahe yang dikonsumsi tanpa campuran bahan lain, terasa pedas dan hangat untuk tubuh. Jenis umbi-umbian ini memiliki sifat sebagai antioksidan dalam kandungan zatnya yang disebut senyawa oleoresin, atau yang lebih dikenal sebagai gingerol. Antioksidan dalam jahe berguna sebagai komponen bioaktif yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Sebagai ramuan alami obat masuk angin, jahe dapat digunakan dengan direbus setelah dimemarkan. Untuk melengkapi rasa jahe, dapat ditambahkan gula merah atau madu secukupnya. Minumlah jahe sebagai ramuan obat masuk angin selagi terasa hangat. Manfaat jahe merah untuk masuk angin akan terasa langsung pada tubuh. Biasanya tubuh akan mudah bersendawa, buang angin atau kentut juga bisa dilakukan. Rasa mual, begah, kembung, berangsur-angsur akan hilang. Keringat biasanya akan keluar dari tubuh sebagai reaksi ramuan jahe bekerja mengatasi masuk angin.Pengobatan jahe ini harus dibantu juga dengan tidur yang cukup untuk membantu mengembalikan kesegaran tubuh.

Khasiat jahe merah selain dapat menghangatkan tubuh, juga sekaligus dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena masuk angina. Biasanya, bila tenggorokan sakit dan batuk-ringan juga pilek saat masuk angin akan hilang setelah mengonsumsi jahe merah. Khasiat jahe merah sebagai obat masuk angin akan langsung terasa bila ramuan jahe merah sebagai obat dibuat sendiri langsung dari jahe merah segar, bukan dari jahe merah produksi pabrik atau jahe instan. Tubuh akan segar kembali dengan mengambil manfaat jahe merah untuk masuk angin.

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk Masuk Angin