Menu

Manfaat Jahe Merah Untuk Nyeri Sendi

February 13, 2015 | Manfaat Jahe Merah

Tips dan Informasi Tentang Manfaat Jahe Merah Untuk Nyeri Sendi

Manfaat jahe merah untuk nyeri sendi  merupakan salah satu manfaat penting yang dapat membantu siapapun dengan masalah nyeri sendi. Ada beberapa penyebab nyeri sendi seperti asam urat yang tinggi, kolesterol ataupun penyakit sendi seperti artritis. Rasa nyeri di persendian tulang yang timbul dapat menimbulkan rasa yang amat mengganggu sehingga seseorang yang mengalami masalah nyeri sendi dapat kehilangan kenyamanan dalam menjalani kegiatan sehari – hari. Jahe merah merupakan salah satu tanaman yang telah diakui memiliki banyak khasiat bagi kesehatan baik itu untuk keperluan suplemen kesehatan ataupun untuk mengobati masalah kesehatan tertentu; salah satunya adalah nyeri sendi.

Manfaat jahe merah untuk nyeri sendi

Kandungan Jahe Merah Untuk Mengatasi Nyeri Sendi

Mendapatkan manfaat jahe merah untuk nyeri sendi dapat diperoleh dengan mengkonsumsi jahe merah segar ataupun mengkonsumsi jahe merah olahan; keduanya memiliki kandungan zat aktif dan senyawa yang sama untuk meringankan atau mengobati nyeri sendi yang dialami seseorang. Jahe merah memiliki kandungan alami akan beberapa zat dan senyawa; salah satunya adalah minyak atsiri. Minyak atsiri merupakan sumber dari aroma khas jahe merah dan juga rasa pedas atau hangat yang diperoleh ketika mengkonsumsi jahe merah. Kandungan minyak atsiri dalam jahe kering berkisar antara 2,58 hingga 2,72 persen. Minyak atsiri jahe merah memiliki beberapa kandungan senyawa seperti methyl heptenone, zingiberene, n-nonylaldehyde dan d-champene. Kandungan zat dan senyawa dalam minyak atsiri tersebut merupakan zat dan senyawa yang lazim digunakan untuk bahan obat – obatan dalam industri farmasi. Rasa hangat yang dihasilkan oleh jahe merah setelah dikonsumsi dapat melancarkan aliran darah serta membuat tubuh menjadi lebih segar dan melemaskan otot yang tegang atau kaku. Jahe merah juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga memberi manfaat besar bagi kesehatan secara keseluruhan.

Ramuan Obat Herbal Nyeri Sendi Dengan Bahan Jahe Merah

Ramuan obat herbal untuk meringankan gejala dan mengatasi nyeri sendi dapat dibuat dengan bahan bahan berupa 20 gram jahe merah segar, 30 gram kumis mucing, 20 gram temulawak, 20 gram cabai jawa dan 4 gelas air. Ramuan ini dibuat dengan mencuci bersin dan memotong kecil – kecil bahan yang telah disiapkan dan masukkan ke dalam 4 gelas air dan kemudian direbus. Campuran berbagai bahan dan air tersebut direbus hingga menyisakan setengah dari volume awal dan kemudian disaring untuk memisahkan ampas dari larutan yang akan dikonsumsi. Larutan ramuan tersebut dapat dikonsumsi 2 kali sehari pada pagi dan sore. Untuk mendapatkan rasa yang lebih mudah diterima oleh lidah; maka penambahan 2 sendok makan madu murni dapat dilakukan. Dengan membuat dan mengkonsumsi ramuan herbal tersebut maka seseorang dapat memperoleh manfaat jahe merah untuk nyeri sendi.

Related For Manfaat Jahe Merah Untuk Nyeri Sendi